21/10/2021

Download File Channel IPTV untuk STB DVB dan Android

Download File Channel IPTV untuk STB DVB dan Android

Saat ini perangkat Set Top Box (STB) sudah mulai populer. Apalagi adanya peralihan dari siaran Televisi Analog ke Digital menjadikan perangkat decoder DVB banyak dicari agar TV yang belum tipe Smart-TV dapat menikmati siaran TV Digital yang lebih jernih dan Canggih.

Link Download daftar channel lengkap IPTV terbaru

Sebelum Pemerintah gencar meminta masyarakat mulai beralih ke TV Digital, STB sudah banyak digunakan oleh beberapa konsumen Telekomunikasi, seperti STB Indihome, TransVision dan lain sebagainya.

Selain bisa untuk menonton siaran TV Digital, STB juga bisa dikoneksikan ke Internet untuk menjalankan beberapa aplikasi, Seperti Youtube, IPTV, membuka file multimedia semisal Video, Musik dan foto serta fungsi lainnya.

Di kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana memasukkan ratusan channel di aplikasi IPTV yang ada di STB DVB serta link Download daftar channel IPTV yang isinya siaran dari Dalam dan Luar Negeri.


Cara Input channel di IPTV STB / DVB-T2


Seperti diketahui, IPTV merupakan saluran siaran televisi yang berjalan dan diakses melalui protokol Internet. Dimana selain harus ada koneksi internet, di perangkat STB juga harus terpasang receiver WiFi atau tersedianya Port LAN untuk menghubungkan Set Top Box dengan jaringan Internet.

Bagi pemilik STB DVB-T2 yang belum ada penala sinyal WiFi atau konektor untuk sambungan ke internet, Bisa menggunakan Dongle WiFi DVB yang harganya murah, sekitar 40 sampai 70-AN ribu Rupiah.

Bagi pengguna Smart-TV tentunya sudah tidak memerlukan lagi STB dan langsung bisa dikoneksikan ke internet dan tinggal memasang aplikasi IPTV (bila belum ada). Dan untuk cara memasukkan daftar channel IPTV di STB (DVB-T2), angsung saja simak penjelasannya sebagai berikut.

Perlengkapan yang dibutuhkan :

  • STB / DVB-T2
  • Koneksi Internet
  • Aplikasi IPTV
  • Flashdisk atau Hardisk Eksternal USB
  • Laptop atau Smartphone untuk mengunduh File channel IPTV


Step-by-step Memasukkan daftar Channel IPTV di STB


Pada contoh kali ini saya menggunakan Set Top Box DVB-T2 merek Matrix Apple. Untuk tipe lain bisa menyesuaikan urutan dan langkah-langkahnya yang hampir sama.

  1. Download file m3u Daftar lengkap Channel IPTV Nasional dan Internasional > Disini
  2.  Masukkan dan simpan File IPTV ke flashdisk
  3. Nyalakan TV dan STB DVB-T2
  4. Colokkan flashdisk yang berisi file channel IPTV ke STB
  5. Pilih menu Aplikasi IPTV di layar TV
  6. Pada tampilan awal, pilih menu My IPTV
  7. Tambah daftar siaran dengan menekan tombol warna merah di remot STB
  8. Pilih file IPTV yang ada di flashdisk
  9. Otomatis daftar siaran TV akan tampil di layar dan siap ditonton


Cara memasukkan Channel IPTV di HP Android


Untuk langkah-langkah menginput playlist channel siaran TV di aplikasi IPTV smartphone android hampir sama dengan yang ada di STB.

  1. Pastikan sudah mengunduh dan menginstall IPTV di ponsel Android
  2. Unduh file playlist channel IPTV dan simpan di internal memori ponsel
  3. Di tampilan utama ketuk tanda garis tiga mendatar di pojok kiri atas
  4. Di daftar putar ketuk tanda + untuk menambahkan playlist IPTV
  5. Cari letak file berformat m3u IPTV yang sudah diunduh
  6. Bila sudah, maka daftar ratusan channel IPTV akan tampil


Pertanyaan & Jawaban

Mengapa File download Siaran TV tidak dapat tampil di IPTV ?


Ada beberapa penyebab file daftar putar IPTV tidak muncul di layar, salah satunya adalah file tidak terunduh sempurna. Meskipun besarnya file daftar channel IPTV tidak sampai puluhan MB, namun koneksi internet yang tidak stabil bisa berpengaruh padda hasil unduhan.

Bisa saja file yang berhasil didownload rusak atau corrupt. Coba ulangi lagi proses pengunduhan dan pastikan format file-nya adalah m3u.

Bagaimana Menambah daftar channel TV IPTV di STB Indihome ?


Untuk pengguna STB Indihome cara menambah atau Input playlist siaran di IPTV hampir sama dengan yang ada di DVB atau ponsel android. Intinya pilih menu tambah siaran atau ikon +, lalu cari file channel yang sudah disimpan di flashdisk dan otomatis daftar siaran akan tampil di layar.

Bagaimana cara memasukkan siaran IPTV di DVB Polytron PDV 600T ?

Seperti halnya di STB Indihome, Cara input file IPTV di DVB TV Digital Poytron PDV 600T juga sama. Begitu juga untuk tipe STB DVB TV DIGITAL yang bersertifikat resmi Dirjen Postel dan Kominfo berikut ini:

  • Venus – Brio
  • Tanaka – T2
  • Nexmedia – MPEG4 HD NA1300/DVB-T2
  • Ichiko – 8000HD
  • Akari – ADS-2230, ADS-210, ADS-168
  • Evercoss – STB1
  • Matrix Apple – DVB-T2
  • Dan beberapa tipe lainnya.


Mengapa Siaran channel TV IPTV Tidak dapat diputar ?


Beberapa penyebab beberapa channel di aplikasi IPTV tidak dapat diputar ataupun tidak lancar meskipun koneksi internet kita lancar yaitu :

  • Kuota klien penuh, sehingga bandwidth yang dialokasikan untuk streaming siaran TV via internet harus dibagi atau bisa juga server Down karena masalah teknis.
  • Alamat IP server berubah. Bila saat memilih channel di IPTV dan selalu tidak gagal dibuka, biasanya disebabkan alamat IP channel sudah pindah atau berubah.
  • Pembatasan region, Dimana ada beberapa channel siaran televisi via internet yang tidak bisa diakses oleh Negara tertentu.
  • Koneksi internet yang tidak stabil. Karena sistem siaran IPTV adalah streaming via koneksi internet, maka pastikan kecepatan stabil dan bandwidth memadai di kisaran setidaknya memiliki speed minimal 1 Mbps. Bila tidak maka siaran akan sering Buffer dan tersendat-sendat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon