Tujuan, Fungsi, dan Peran Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

DetikInfo Finansial kali ini akan membahas Tujuan, Fungsi, dan Peran Manajemen Keuangan dalam Perusahaan. Manajemen keuangan dalam perusahaan memiliki pengertian yaitu keseluruhan aktivitas yang dilakukan dan masih memiliki hubungan dengan usaha untuk mendapatkan dana yang diperlukan serta mampu meminimalisasikan biaya serta syarat-syarat tertentu untuk menguntungkan perusahaan. 

Tujuan dilakukannya manajemen keuangan adalah untuk mengelola dana serta memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan se-efektif dan se-efisien mungkin. 

Tujuan, Fungsi, dan Peran Manajemen Keuangan dalam Perusahaan

Tujuan dilakukannya manajemen keuangan

Manajemen keuangan yang dilakukan oleh perusahaan, memiliki 2 tujuan yang ingin dicapai yaitu sebagai berikut. 

1. Memaksimumkan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan

Salah satu tujuan melakukan manajemen keuangan pada suatu perusahaan adalan untuk memaksimumkan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan atau mereka yang memiliki saham. Hal ini dilakukan sesuai dengan prinsip ekonomi yaitu penggunaan dana untuk mendapatkan manfaat yang lebih besar dari apa yang dikeluarkan.
Baca : Beda Manajemen Usaha Retail Modern dengan Konvensional

2. Memaksimumkan nilai perusahaan

Satu lagi tujuan dilakukannya manajemen keuangan adalah dengan memaksimumkan nilai perusahaan. Aspek yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah nilai waktu uang serta resiko yang harus ditanggung oleh pemilik saham atau perusahaan. 

Nilai waktu uang memiliki pengertian jika nilai rupiah yang ada sekarang, memiliki nilai yang lebih berharga dari nanti. Dalam hal ini, investor harus mampu mempertimbangkan resiko yang harus ditanggungnya. Jika resiko yang ada semakin tinggi, maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang ada.

Fungsi manajemen keuangan dari perusahaan

Manajemen keuangan memiliki beberapa fungsi yang meliputi:

1. Fungsi perencanan serta pengendalian

Fungsi dari perencanaan serta pengendalian adalah suatu rancangan yang dilakukan untuk mengatu kondisi keuangan yang ada. Aktivitas dalam hal ini adalah menghitung besarnya pengeluaran, tabungan, investasi, asuransi, pengeluaran serta pajak. 




Dalam membuat perencanaan keuangan, anda harus memperhatikan hal yang berikut ini. 
  • - Perencanaan yang dilakukan berdasarkan dengan kemampuan serta pengalaman yang dimiliki.
  • - Dilakukan dengan perumusan yang jelas
  • - Hasil yang dapat diukur
  • - Adanya bentuk yang jelas dari kerangka waktu
2. Keputusan investasi serta pembiayaannya

Keputusan investasi serta pembiayaan dalam perusahaan meliputi:
  • - penganggaran keuangan
  • - pencairan sumber dana yang jelas
  • - penyimpanan keuangan
3. Pengelolaan perusaan yang efektif dan se-efisien mungkin


Kegiatan dalam hal ini, meliputi:
  • - pengelolaan keuangan
  • - pemeriksaan keuangan
  • - pelaporan keuangan
Peran dan tugas pokok dari manajemen keuangan

Sebagai seorang pelaku manajemen keuangan, mereka memiliki peran dan tugas pokok yang harus dijalankan. 

1. Mendapatkan dana perusahaan

Tugas dari manajemen keuangan adalah mendapatkan dana yang dibutuhkan oleh perusahaan. Beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pelaku manajemen adalah melakukan analisis serta memutuskan darimana sumber dana serta jumlahnya.

Adapun sumber dana perusahaan antara lain berasal dari dalam perusahaan yang berupa laba yang ditahan atau laba cadangan. 

Ada pula dana yang berasal dari luar perusahaan dari melalui utang yang disebut dengan modal asing yang bisa berasal darimana saja seperti kreditur-kreditur, asuransi, dan juga bank. 

2. Menggunakan dana perusahaan

Kegiataan yang dilakukan oleh pelaku manajemen dalam hal ini adalah dengan melakukan analisa serta memutuskan kegiatan apa yang akan dibiayai serta memutuskan berapa jumlah nominal yang tepat. Dalam hal ini diharapkan pembiayaan yang dilakukan, mampu menambah laba bagi perusahaan. 

Penggunaan dana perusahaan memiliki kaitan yang cukup erat dengan investasi seperti halnya membeli aktiva keuangan, membeli aktiva nyata dan lain-lain. 

Manajemen keuangan dalam suatu perusahaan memiliki peran yang nyata dalam memajukan perusahaan. Dibutuhkan orang yang ahli sehingga kemajuan perusahaan dalam bidang keuangan bisa terlihat secara nyata.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site