25/03/2017

Cara mengatasi Pesan error di Play Store android

Cara mengatasi Play Store gagal Update Aplikasi - Banyak permasalahan yang dihadapi oleh pengguna android dalam menjalankan aplikasi Play Store, yang mana sering gagalnya melakukan update aplikasi dengan berbagai pesan dan kode kesalahan. Melakukan pembaruan di setiap aplikasi tentunya menjadi pekerjaan 'wajib' bagi pemilik android agar setiap aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan menghindari error program ketika dijalankan. Alih-alih ingin melakukan update aplikasi, lha ingin melakukan pembaruan saja sudah gagal ditengah jalan karena space ruang penyimpanan yang kurang atau sebab lainnya.

mengatasi play store error

Google play atau sering pengguna android menyebutnya sebagai aplikasi Play Store memang menjaddi rujukan nomor satu pengguna android di Dunia, mengapa demikian ?, tentunya memang dari segi kepemilikan market aplikasi ini adalah milik raksasa internet terbesar yaitu google dan begitu pula sistem Android pengembangnya ya si Google itu sendiri. Jadi setiap pemilik android pastinya dari mulai awal pembelian ponsel sudah disediakan default aplikasi play Store.

Market aplikasi milik google inilah yang bisa dikatakan lain daripada market-market aplikasi atau game lain yang sudah banyak tersebar di Internet, dimana setiap developer aplikasi disaring ketat untuk bisa menguggah hasil karyanya dan diberi aturan yang ketat pula. Begitu pula dari sisi penginstallan sebuah aplikasi yang terunduh, pihak Play Store tidak menyediakan file mentah installer berupa file APK, tapi google hanya menyediakan aplikasi yang bisa diinstall secara on the fly dan real time saat itu juga tanpa bisa diresume (dijeda).

Cara mengatasi pesan kesalahan update/unduh di Play Store

Beberapa pemilik android sering mendapati pesan kesalahan ketika melakukan update atau download apps dari maket google yang salah satunya ada kode kesalahan 403, 500 atau langsung ada perincian notifikasi berupa ruang penyimpanan tidak mencukupi di memori internal tempat deffault aplikasi terinstall.

Mungkin anda sedang mencari jalan keluar bagaimana melakukan update aplikasi ataupun mengunduh aplikasi baru tanpa mencopot aplikasi yang ada di HP android, Bagaimana cara mengakalinya supaya tidak ada pesan kesalahan lagi ketika mengunduh aplikasi dari play Store ?, simak jawabannya di bawah ini.





1. Perlu diketahui bahwa ruang penyimpanan internal yang digunakan sebagai tempat pemasangan aplikasi dari market google play setidaknya mempunyai free space sebesar 400-an MB, walaupun secara kasat mata yang anda unduh nantinya tidak lebih dari 50 MB namun sistem tidak akan bisa meloloskan 'aturan' di programnya, yang mana ketika anda melakukan pengunduhan sampai pemasangan bisa terjadi yang namanya memori temporer yang digunakan untuk proses download, proses pemasangan sampai selesainya instalasi dimana semuanya itu akan memakan ruang memori yang besar.

2. Nah, coba lihat di pengaturan telepone dari menu penyimpanan, apakah memori internal menipis ?, kalau iya dan anda tidak ingin mencopot satupun aplikasi yang sudah ada silahkan lakukan pembersihan cache di seluruh penyimpanan yang ada.




cara membersihkan cache data : Buka pengaturan android > masuk ke menu penyimpanan > disana cari opsi cache data, nah silahkan klik opsi tersebut dan hapus cache.

Pertanyaannya, apakah aman menghapus cache di ponsel android ?, tentu saja aman dan tidak akan berpengaruh ke data anda yang tersimpan seperti foto, video, data akun dan sebagainya.
3. Setelah menghapus cache di ponsel android silahkan lihat lagi sisa ruang penyimpanan di memori internal, bila sudah diatas 400 atau 500-an MB maka coba sekali lagi untuk melakukan download atau update aplikasi dari play store, insya Allah berhasil.

Nah, mudah sekali kan cara mengatasi gagal update aplikasi dan adanya pesan kesalahan di saat download apps di play store ? semoga tips singkat dari detik Info bermanfaat untuk pembaca semua, jangan sungkan untuk bertanya di dalam kolom komentar di bawah artikel ini.

2 komentar

saya mah sangat jarang menggunakan aplikasi Play Store selain nyaah dan kasihan sama adroid saya kalau keberatan, jadi hal yang penting dan genting saja yang terpaksa kudu pake aplikasi Play Store

gelas cendolnya dicuci lalu simpen aja ya mang

Hati-hati semua aplikasi di androidnya kadaluarsa lho mang..hehe
cepetan di update terutama aplikasi mail, chrome, adsense, analitycnya bang...hehehe
cendol siap dikantong bang... :D


Emoticon Emoticon