23/10/2017

3 Cara berbagi Koneksi Internet di HP Android Samsung

Cara Berbagi Koneksi Internet Via WiFi, Bluetooth dan Kabel Data Android Samsung. Koneksi internet yang ada di smartphone Android bisa dengan mudah dibagi ke perangkat lain seperti ke Laptop maupun Ponsel lainnya, dan keuntungan mempunyai perangkat HP Android salah satunya yaitu bisa digunakan untuk Modem, sebagai Router maupun Hotspot yang menjadi satu kesatuan tanpa adanya alat tambahan.

3 Cara berbagi Koneksi Internet di HP Android Samsung

Pada penggunaan komputer atau laptop biasanya jika ingin melakukan koneksi data Internet menggunakan perangkat tambahan misalnya MiFi, Modem atauppun Router WiFi yang sudah terhubung ke jaringan penyedia Internet.

Lain halnya dengan smartphone android, dimana di dalam perangkat ponsel pintar ini segala sesuatu untuk masalah koneksi jaringan bisa dilakukan tanpa alat tambahan. Jadi selain bisa menjadi Modem eksternal bagi PC, android juga bisa membagi data internet yang dimiliki menggunakan metode lain seperti Bluetooth, WiFi (Hotspot) dan juga mealui kabel data.

3 Cara membagi koneksi Internet di Android Samsung


Disini admin akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan untuk dapat terhubung ke internet dengan menumpang koneksi ke smartphone Samsung.

Untuk tutorial kali ini admin menggunakan android versi marshmallow HP Samsung, jadi nantinya bila anda menggunakan ponsel android versi diatas atau dibawahnya bisa mengkondisikan letak menu dan pengaturan, walau pada dasarnya semua type android ada opsi yang nanti admin sebutkan di tutorial kali ini.

Baca Juga


1. Koneksi Hotspot (Wi-Fi)


berbagi sambungan internet via kabel, WiFi dan bluetooth android

Yang pertama kali adalah Koneksi jaringan menggunakan Hotspot yang disediakan oleh Samsung android. Dimana jenis koneksi data paling terkenal saat ini dan banyak digunakan serta mudah dijalankan adalah metode Hotspot.

Kelebihan berbagi koneksi internet menggunakan jaringan Hotspot di HP android adalah salah satunya bisa menghubungkan sampai maksimal 10 Klien terhubung.

Begitu juga untuk tingkat keamanan serta fleksibilitasnya bisa diacungi jempol. Dengan menggunakan enkripsi login masuk Hotspot melalui Password bisa mengatasi adanya pembobol Hotspot yang ingin tumpangan gratis menggunakan data internet ponsel anda.

Selain itu, dengan menggunakan fitur hotspot di HP android bisa dnegan mudah melakukan blokir terhadap klien yang sudah terhubung serta membatasi berapa banyak klien yang diijinkan tersambung agar data Internet tidak cepat tersedot habis.

Kekurangan menggunakan Hotspot di Android untuk berbagi koneksi internet selain boros kuota data (karena banyaknya klien) juga biisa mempercepat habisnya daya baterai. Semakin banyak lalu lintas data yang terjadi di Hotspot maka semakin panas dan cepat habis pula daya baterai ponsel.

Cara mengaktifkan Hotspot HP android samsung yaitu masuk ke menu pengaturan > Koneksi > Hotspot Selular dan Penambatan, kemudian pilih dan aktifkan Hotspot Selular. Anda bisa melakukan konfigurasi Hotspot dengan mengganti SSID maupun sandi masuk untuk keamanan jaringan WiFi dari klien yang tidak diberi izin koneksi.



2. Bluetooth Tethering Android


Pilihan untuk bisa berbagi koneksi data internet yaitu dengan memanfaatkan opsi tethering Bluetooth, dimana dengan memanfaatkan jaringan Bluetooth yang ada di smartphone maka klien yang juga mempunyai fitur bluetooth bisa numpang koneksi internet dengan mudah.

Kekurangan memanfaatkan tethering Bluetooth ke ponsel lain yaitu kecepatan datanya kecil, sangat jauh sekali kecepatan transfer data bila dibanding dengan jaringan WiFi.

Keuntungan menggunakan jaringan dengan metode tethering Bluetooth adalah bila Wifi PC atau smartphone Rusak dan hanya ada Bluetooth yang masih bisa difungsikan maka anda masih bisa menumpang koneksi data internet dengan mudah walaupun koneksi tidak secepat yang diharapkan.

Cara mengaktifkan Tehering Bluetooth sangat mudah, caranya masuk ke menu pengaturan> Koneksi> Hotspot selular dan Penambatan>Bluetooth tethering. Bila opsi tersebut diaktifkan maka harus dilakukan dahulu proses pairing di perangkat yang akan dihubungkan.

3. Penambatan USB

Opsi ketiga yang biasa dilakukan oleh pengguna komputer agar mendapat tumpangan data internet dan tidak mempunyai perangkat WiFi adalah melalui sambungan kabel alias penambatan USB.

Keuntungan yang bisa didapat ketika ponsel android berbagi data internet via kabel USB ke PC yaitu ponsel tidak lekas kehabisan daya baterai karena arus listrik dari PC secara terus menerus melakukan charge. jadi sambil menikmati koneksi internet, Ponsel android juga tidak khawatir kehabisan daya seperti yang terjadi pada koneksi via Bluetooth dan juga via hotspot selular.

Cara penggunaan Penambatan USB sangat mudah sekali, anda tinggal menyiapkan kabel data android dan menghubungkanya ke PC dengan terlebih dahulu koneksi internet di android harus sudah aktif agar nantinya komputer/laptop langsung bisa internetan setelah proses tathering USB Aktif.

Itulah 3 cara membagi koneksi Internet di HP samsung android yang bisa admin ulas sesi ini, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon