Mau Awet Muda ? Bersyukurlah !

Stres, Depresi, Bunuh diri, Emosional dan hal lain yang berkonotasi sama merupakan Luapan Psikologis yang sering kita dengar dan mencuat akhir - akhir ini di media. begitu mudahnya mencaci-maki diri sendiri, tidak terima dengan apa dan bagaimana keadaan diri sendiri serta yang paling parah adalah menyesali segala apa kekurangan pada dirinya tanpa bersyukur apa kelebihan yang dikaruniakan Allah padanya. itulah sifat dasar seorang hamba yang bernama manusia.
Tanpa disadari, potensi sifat negatif seperti diatas secara langsung akan mempengaruhi juga ritme seluruh organ yang menghasilkan ketidak singkronan antara satu organ dengan organ tubuh yang lain. maka bisa kita lihat pada akhir-akhir ini begitu banyak penyakit melanda remaja kita dan kematian di usia belia karena beban psikologis dan beban ekonomi pada umumnya.

Sekarang mulai mencuat sebuah lembaga-lembaga training motivasi dan psikologis untuk mengurangi kadar 'racun' kehidupan manusia yang bisa dikatakan makin 'modern'. tapi apalah daya, training semacam tersebut menurut hemat saya kurang mengena di seluruh lapisan mayarakat bawah. karena kita tahu training motivasi semacam sekarang ini biaya-nya luar biasa besar untuk mengundang 'sang' motivator ulung. 

Seperti kutipan Judul Postingan diatas, mari kita review lagi apa dan bagaimana Allah telah memberi nikmat yang begitu besar pada diri kita agar kita selalu menjadi manusia-manusia yang pandai bersyukur dan Realistis menghadapi suatu keadaan. di bawah ini yang patut kita renungkan bahwa kita semua 'wajib' bersyukur bukannya merendahkan diri kita sendiri dan tidak berprasangka buruk terhadap 'penciptaannya'.








Mari kita berfikir sejenak :
  • * Paru-paru kita, ketahuilah bahwa apabila lipatan-lipatan dalam organ yang bernama paru-paru bila kita hamparkan akan sebesar lapangan Tennis. masihkah kita belum bersyukur ?
  • * Jaringan pembuluh, ketahuilah bahwa jaringan pembuluh yang ada pada setiap manusia bila disatukan seperti benang maka akan sanggup mengitari Bumi ini 1 seperempat kali. alangkah menakjubkannya Allah memilin dan menata pembuluh dalam organ kita tanpa cela sedikitpun. masihkah kita belum bersyukur juga ?
  • * Jantung, tidak ada alat modern yang bekerja otomatis seperti organ yang satu ini, ketahuilah bahwa jantung kita berdetak rata-rata 101.000 kali dalam satu hari. dalam  Riset yang dilakukan Mahasiswa dari amerika bahwa jantung kita berhenti berdetak sepersekian detik saja sewaktu kita bersin. Nah, coba bayangkan bagaimana jadinya bila setelah bersin jantung kita berhenti melakukan ritmenya. Sebagai Muslim maka seyogyanyalah kita bersyukur setelah kita bersin dengan mengucap hamdallah.
  • *Limpa, Tugas limpa, seperti berkontribusi pada produksi sel, fagositosis, perlindungan sel darah merah, dan pembangunan kekebalan. alangkah rumit dan sibuknya bila kita bayangkan tugas limpa ini yang bekerja dari kita lahir sampai akhir hayat nanti. apakah kita belum mau bersyukur ?
  • * Otak, inilah prosessornya manusia. pada otak, Energi digunakan oleh otak untuk mengaktifkan lebih dari 100 triliun neuron (sel syaraf). Sel-sel ini lah yang bertanggung jawab mengolah data dalam bentuk gelombang listrik. Gelombang listrik sanggup ini melaju dengan kecepatan lebih dari 400 km/jam, yang dapat menghasilkan daya listrik untuk menyalakan sebuah lampu pijar. dan otak tak akan ternilai ruangan penyimpanannya serta tidak ada patokan byte didalamnya. masihkah kita belum bersyukur juga ?
  • * Tulang kaki, suatu riset membuktikan bahwa struktur tulang pada manusia tidak tertandingi oleh struktur bangunan apapun,karena kuatnya tulang kaki manusia akan sanggup menerima beban seberat Bus dengan kemiringan dan letak yang presisi. sehingga inspirasi dari menara eifel yang kokoh berawal dari penelitian susunan tulang kaki manusia yang kokoh. masihkah kita belum bersyukur ?
Mungkin contoh diatas adalah sedikit mengenai Tanda bahwa apa yang ada pada diri kita sendiri patut untuk direnungkan dan disyukuri potensinya. bukan melemahkan diri sendiri dengan tindakan yang tidak realistis. Bersyukur atas Nikmat yang telah diberikan pada kita akan menambah rasa percaya diri yang dalam bahwa kita sebenarnya mampu untuk menakhlukkan hal-hal negatif tersebut. 

Bersyukur adalah obat Awet muda yang murah meriah, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manusia yang selalu bersyukur maka ritme jantungnya akan semakin stabil, aliran darahnya lancar, oksigen akan terbakar sempurna dan produksi hormon dan senyawa di dalam tubuh akan bekerja optimal. sehingga bisa dipastikan hidup akan semakin sehat dan tentunya makin panjang umurnya. 

Yuk kita banyak-banyak bersyukur mulai sekarang...... :)
Previous
Next Post »

29 comments

  1. Alhamdulillah, artikel ini sangat menarik dan sangat bermanfaat. Memang benar kita harus selalu bersyukur atas segala Karunia dari Allah SWT yang menciptakan kita. Semoga kita selalu menjadi hamba-NYA yang selalu ingat dan beribadah hanya pada Allah. Thanks share artikelnya ya sobatku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mbak sweet... smoga kita selalu diberi rasa syukur oleh Allah

      Delete
  2. Allhamdulilah saya masih muda umur juga 13 tahun hehehe

    ReplyDelete
  3. wah memang sob kita harus banyak bersyukur kalo mau awet mudah... :)
    hehe :D
    Absen pagi hari mas Farhan :D

    ReplyDelete
  4. Syukur alhamdullilah kang farhan,,selama ini Allah SWT terlalu banyak ngasih utang sama kita,dan Allah SWT hanya minta satu buat ngelunasinnya salah satunya yaitu "BERSYUKUR" seperti kata postingan kang farhan kali ini...mantef kang artikelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang komandan icah... dengan banyak bersyukur pasti Allah akan menambah nikmatNya pada kita... semoga kita selalu Banyak bersyukur ya bang...aamiin

      Delete
  5. subhanalloh.... Allah telah memberi nikmat yang begitu banyak ya kang farhan, sayang kita terkadang lupa untuk bersyukur :( , padahal rasa syukur itu sendiri bisa membuat kita awet muda...

    ReplyDelete
  6. dengan bersyukur emang kang hhee..

    artikel yang sangat bermanfaat kang.. semoga selalu di berikan kesehatan dan keberkahan oleh Allah swt kang amin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin bang...saling mendo'akan sesama.

      Delete
  7. Alhamdulillah, artikelnya bisa bikin sadar..

    ReplyDelete
  8. betul sobat, terima kasih sudah mengingatkan..
    bersyukur, merasa cukupp dengan apa yang diberikan Allah swt kepada kita saat ini. berdoa dan berusaha untuk meraih fitrahNya..
    Allah tidak akan memberi apa yg kita inginkan, namun Allah akan memberi apa yang kita butuhkan..
    nice post kang farhan. salam persahabatan..

    ReplyDelete
  9. Benar sob... sepakat dengan bersyukur akan mengurangi beban pikiran. Tidak merasa diburu oleh keduniaan dan kita bisa menikmati karunia yang diberikan Allah dg lebih nikmat.

    Tentang motivasi dan tausiyah, sebetulnya bisa didapat dari guru ngaji sob. Sering hadir di majlis Ta'lim dan mendengarkan ceramah bisa untuk pencucian mental. Bahkan ada guru ngaji yang mampu memberikan spirit, ini saya lakukan waktu meninggalkan dunia kelam. Jadi selain belajar ngaji, juga dapat penyemangat dan tak kalah dengan motivator yang ada. Dan ini biayanya semampunya dan seikhlasnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar bang arie... selain motivator ada yang dengantulus memberikan motivasi setiap hari yaitu guru2 ngaji, jasa mereka sungguh luar biasa dalam membangun akhlak bangsa...murah meriah dan syurga-lah balasannya :)

      Delete
  10. wah mantap nih sob..? bs2 saya pulang dari tempat kang farhan bs serasa umur 18thn nih hahahayyyyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi umur 18th ++ ...hahahaha...tapi keliatannya mas masnady dalam foto kayak agb 15-an th lho...hahahaha

      Delete
  11. sesungguhnya rasa syukur itu menenangkan jiwa menyejukkan hati dan membahagiakan diri :-)

    ReplyDelete
  12. Betul kang,barang siapa yang bersyukur, pasti akan ditambah nikmatnya.....,izin follow ya kang..

    ReplyDelete
  13. waahhhhh awet nih.... di kondisikan kang,...

    ReplyDelete
  14. Bersyukur juga bisa jadi penenang jiwa ya bang?

    ReplyDelete
  15. postingan yang sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
  16. Nice Info kang farhan,
    sangat menakjubkan, Sel manusia bisa ampe mengitari Bumi ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah bang bukti kekuasaan Allah pada diri kita.... semoga kita banyak bersyukur ya bang

      Delete
  17. Maka, nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?

    .
    SubhanALLAH, artikel ini mengingatkan saya kembali akan apa yang ada dalam diri saya dan seharusnya saya terus mensyukurinya.

    Terimakasih Kang Farhan

    Orang yang pandai bersyukur dan juga ikhlas, maka di hatinya tidak ada rasa sesak dan bisa menjalani hidup dengan tenang...

    ReplyDelete
  18. lagi cari2 motivasi di blog akang, eh ktemu yg ini. mantap!!! ane juga pingin awet muda juga kang... :D. berarti ane harus selalu bersyukur kepada Allah swt.

    thanks kang dah berbagi. salam semangat!!!

    ReplyDelete
  19. Subhanallah.....sungguh penjelasan yang menggetarkan hati sahabat.
    Bergidik saya membacanya ini.
    Andai kita berfikir sejenak dengan hati yang bersih tentunya kita akan memperbanyak rasa syukur kita ini

    ReplyDelete
  20. Indah sekali kang Farhan, ternyata dengan bersyukur atas segala apa yang ada, hidup ini terasa jauh lebih bermakna, indah dan barokah. Terima kasih sudah berbagi, sukses selalu kang.

    ReplyDelete

Partner Site