Apa Khasiat Rebung atau Bambu Muda itu ?

Sudah pernah merasakan tanaman rebung atau biasa orang jawa bilang masakan 'jangan bung' ?, Itu lho jenis masakan yang bahan utamnya berasal dari mambu muda. Bagi yang sudah terbiasa dengan masakan khas rebung alias bambu muda ini ternyata wajib tahu apa saja kandungan gizi didalamnya. Jadi jangan dikira kalau rebung muda ini tidak bermanfaat bagi tubuh, ternyata dari hasil penelitian banyak sekali kandungan protein dan serat yang ada di bambu muda ini.


Apa saja manfaat dan kandungan bambu muda alias rebung ini :

1. Rendah Gula

Pada setiap 100 gram bambu muda atau rebung hanya terdapat 2,5 gram kadar gula. Jaddi kadar gula yang ada pada rebung ternyata lebih renddah dari sayuran dan buah-buahan. Bagi penderita diabetes tentu makan rebung bukanlah halangan lagi.

2. Sumbernya Protein

pada rebung di setiap 100 gram-nya terkandung 2,5 gram protein, yang terdiri dari 17 asam amino esensial dan 2 asam amino semi esensial.

3. Serat tinggi

pada setiap 100 gram rebung ini terdapat 6 - 8 gram serat. dimana fungsi serat ini adalah sebagai pelancar sistem pencernaan tubuh agar selalu sehat dan mudah untuk proses metabolisme pencernaan.

4. Pengontrol Kolesterol Tubuh

Dimana dengan mengkonsumsi rebung atau bambu muda ini maka sangat menguntungkan sekali dalam organ fungsi usus, Lipid serta kolesterol tubuh, itu menurut penelitian Washington state University

5. Penurun tekanan darah

Di dalam bambu muda atau rebung terdapat kalium yang juga berfungsi sebagai elektrolit yang menjaga serta dapat menurunkan tekanan darah

6. Menjaga Kekebalan tubuh

Banyaknya kandungan mineral dan vitamin dalam rebung mampu meningkatkan kekebalan tubuh pengkonsumsinya.

Jadi Tunggu apa lagi, Tanaman bambu muda yang banyak dipasarkan di pasar-pasar tradisional ini selain lezat juga banyak manfaatnya untuk kesehatan bila dikonsumsi. Semoga ulasan khasiat rebung diatas bermanfaaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site