Kontroversi Hadirnya Tombol Dislike di Facebook

Bagi pengguna Facebook tentu sudah biasa melakukan klik pada tombol jempol keatas alias 'like'. Bagaimana kalau nanti ada tombol jempol mengarah ke bawah alias 'dislike' ?, Tentu hal tersebut akan membawa dampak yang tidak bisa dianggap remeh walau itu hanya aktifitas social di dunia maya semata. Mark Zuckerberg sebagai Pendiri atau CEO dari Facebook menyatakan bahwa pihaknya akan mencoba menerapkan tombol yang banyak memicu kontroversial di beberapa Pengguna Facebook yang sudah terbiasa melihat tombil jempol keatas.


Dalam pernyataannya pada 15 September 2015, Mark Zuckerberg menyatakan akan mencoba menghadirkan tombol 'dislike' sebagai perasaan selain 'suka'. Sebenarnya Facebook dari dahulu selalu menghindari adanya tombol dislike karena beberapa alasan tertentu. Facebook sampai saat ini dikenal tidak memiliki tombol 'jempol kebawah' sebagai tanda perasaan tidak setuju atau tidak suka terhadap status teman. Tombol tidak suka memang dihindari sampai saat ini karena bisa memicu beberapa kesenjangan dalam menyikapi suatu status pertemanan. 

Di beberapa komuitas yang memberikan masukan ke pihak pengembang facebook, selain banyak yang menginginkan adanya tombol dislike disisi lain juga banyak yang menyayangkan bila nantinya tombol tersebut hadir di update facebook. Menurut pihak yang tidak suka dengan hadirnya tombol dislike menyatakan, bahwa nanti akan banyak aksi bullying terhadap status seseorang yang akan memicu reaksi berantai. Bila seseorang melakukan menghadirkan status baru dan banyak tombol jempol kebawah yang melakukan klik tentu akan ada rasa tertekan dari pihak pembuat status. Bukannya kesenangan atau enjoy yang didapat malah akan membuat keadaan pertemanan di facebook menjadi tidak seperti yang diharapkan.

Memang dalam satu sisi aktifitas dunia maya via facebook bisa dianggap sebagai permainan semata, namun disisi lain ada seseorang yang memainkan perasaan dan mencurahkan apa yang dia rasakan ke dalam aktifitas social media ini. Betapa banyak orang bangga dengan hasil tulisannya sebagai status bila banyak yang memberikan tombol suka. Namun nantinya, bila benar-benar tombol dislike hadir di facebook bisa 'dipastikan' seseorang akan sangat berhati-hati dalam membuat suatu status walau itu hanya sebuah guyonan.

Nah, bagaimana menurut pendapat anda apakah tombol dislike nantinya sangat bermanfaat di aktifitas Facebook untuk mengungkapkan rasa tidak suka ?, Kita nantikan hadirnya tombol 'jempol kebawah' sebentar lagi. Semoga sedikit ulasan diatas bermanfaat bagi pembaca detik info semua.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site