Daftar Universitas Islam Terbaik di Dunia

Universitas atau perguruan tinggi yang dilandasi ajaran Islam sebagai konsep pembelajarannya, saat ini terus mengalami perkembangan, baik di dalam maupun di luar negeri. Sehingga muncul banyak universitas Islam yang berkualitas dari hari ke hari. Berikut di bawah ini adalah daftar Universitas-universitas Islam yang kualitasnya bagus dan di anggap sebagai universitas Islam terbaik di dunia.

universitas islam di dunia


Daftar universitas islam terbaik di dunia
baca : cara mendapatkan beasiswa kuliah luar Negeri di Saudi Arabia
  • 1. Universitas Al Azhar
Universitas ini sering menjadi tujuan bagi pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu di Kairo Mesir. Universitas Al Azhar menjadi pusat utama dalam pengkajian Islam Sunni di dunia dan pusat pendidikan sastra Arab.

Universitas ini terkenal dengan kearsipan dan koleksi perpustakaannya yang terlengkap di Mesir. Selain itu uniknya fakultas-fakultas di Al Azhar dipisah antara sarjana putra dan sarjana putri.
  • 2. Universitas Al Qarawiyyin
Merupakan Universitas pemberi gelar akademik tertua di dunia yang didirikan sejak tahun 859 di Fes Maroko. Universitas ini telah menjadi pusat spiritual dan pendidikan terkemuka di dunia muslim.

Al Qarawiyyin mengambil peran dalam menghubungkan buadaya akademis Eropa dengan budaya ajaran Islam. Selain itu, universitas ini menjadi universitas Islam tertua di dunia.
  • 3. Universitas Islam Madinah (Islamic University of Madina)



Perguruan tinggi ini merupakan universitas yang berstatus perguruan tinggi negri di Madinah Arab Saudi. 

Univeritas Islam Madinah didirikan atas perintah dari Raja Saud bin Abdul Aziz pada tanggal 6 September 1961 yang bertujuan untuk mempelajari keagamaan di Kota Madinah.
  • 4. Universitas Iskandariah
Universitas yang berlokasi di negara Mesir ini telah berdiri sejak tahun 1938 dan menjadi universitas terbesar kedua di Mesir. Di Universitas Iskandariah selalu dilakukan penelitian-penelitian dan pengembangan di bidang ilmu pengetahuan.
  • 5. Universitas Baghdad


Universitas ini didirikan di Kota Baghdad Irak pada tahun 1957. Universitas Baghdad merupakan universitas terbesar di Irak. 
  • 6. Universitas Islam Imam Muhammad bin Saud
Universitas yang didirikan pada tahun 1974 di Kota Riyadh, Arab ini merupakan universitas yang bertujuan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dengan tetap menegakkan syariat Islam dan menyediakan program sarjana dan pascasarjana.
  • 7. Universitas Mustansiriya
Salah satu universitas Islam tertua ini berdiri pada tahun 1963 di Baghdad Irak. Di Universitas Muntansiriya ini terdapat 13 fakultas sarjana.
  • 8. Universitas Islam Azad
Universitas terbesar ketiga di dunia ini memiliki 1,5 juta mahasiswa yang tempatnya di Ibu Kota Iran, Teheran. Universitas ini berdiri pada tahun 1982

Universitas Islam Azad merupakan universitas dengan jumlah mahasiswa yang banyak bahkan telah membuka 400 cabang di dunia seperti di Uni Emirat Arab, Inggris, Armenia, Tanzania dan lain-lain. Di Universitas ini, terdapat kantor berita mirip dengan ANA bernama Azad News Agency.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site