15/07/2017

Cara menyambungkan Bluetooth Music Receiver ke HP Android

Active Speaker maupun Perangkat audio Mobil yang tidak mempunyai fitur Bluetooth Receiver tentunya masih mengandalkan media kabel untuk bisa tersambung dengan perangkat smartphone. Namun kendala tersebut sekarang sudah bisa diatasi dengan hadirnya beberapa produk Bluetooth receiver audio dengan harga yang terjangkau. Admin sendiri pernah mencoba memasang perangkat tersebut di aktif speaker dan menyandingkannya dengan smartphone android.

Cara menyambungkan Bluetooth Music Receiver ke HP Android

Disini saya akan memberikan tutorial bagaimana proses pairing atau menghubungkan ponsel android dengan perangkat audio Speaker Aktif. Namun pada prakteknya nanti bisa juga diterapkan di perangkat audio lain seperti di Perangkat audio Mobil dan lain sebagainya.

Seperti diketahui bahwa perangkat atau dongle yang stand alone dimana peruntukannya untuk menghantarkan jalur audio tanpa kabel dari perangkat satu dengan perangkat lainnya dinamakan Bluetooth Audio Receiver, yang mana setiap produk mempunyai beberapa keunggulan dan fitur yang disematkan. Semakin mahal perangkat receiver tersebut maka semakin bagus pula kualitas serta banyaknya fitur pendukung.

Alat pemancar audio via jaringan Bluetooth ini sebenarnya cara kerjanya mirip sekali dengan Headset biasa yang menggunakan kabel, yang membedakan hanya bridge atau jembatan penghubungnya saja yang berbeda, satunya pakai kabel dan satunya tanpa kabel.

Secara garis besar pemasangan perangkat ini juga mudah, tinggal colok output ke speaker aktif atau audio mobil dan diberi arus dari power supply (bisa dari port USB/Port charge HP) dan melakukan pairing ke ponsel yang ingin dihubungkan.

Cara Pairing Bluetooth Receiver Audio


Walaupun Sesederhana itu cara pemasangan Bluetooth Music Receiver ke HP android namun masih banyak pengguna smartphone yang belum bisa melakukan proses penyandingan alias Pairing tersebut. Nah di bawah ini ada tips mudah melakukan konek HP android ke perangkat Bluetooth Receiver audio.



1. Dalam contoh kali ini admin menggunakan perangkat Bluetooth merek Vikento BT-163 yang harganya murah banget dari saah satu toko online Populer di Indonesia

2. Siapkan Bluetoothnya dan juga power suppply untuk perangkat tersebut, bisa charge HP atau Port USB yang ada di speaker aktif anda juga bisa. Siapkan pula HP Android plus speaker aktif tentunya..hehe

3. Lanjut, pasang bluetooth dan speakert aktif seperti pada gambar yang admin tampakkan

cara konek bluetooth receiber ke android

4. Langkah selanjutnya, sesudah Bluetooth menyala, yang bisa dilihat dari indikator di Bodinya yang kelap-kelip, Tugas selanjutnya adalah membuka Smatphone android dan nyalakan Bluetooth-nya

5. Masuk ke pengaturan bluetooth dan disana akan tampak perangkat baru yang ditampilkan di ayar, Bila belum ada perangkat yang terdeteksi silahkan klik atau refresh pemindaian perangkat sekali lagi, pokoknya harus ada di layar dan terdeteksi.

cara pairing receiver bluetooth ke android

6. Sesudah Receiver Bluetooth terdeteksi oleh HP silahkan sentuh dan akan ada proses pairing atau menghubungkan. Bila berhasil, di layar akan terlihat tulisan Connected/terhubung.

7. Coba mainkan Musik dari Ponsel android, pastinya akan langsung terdengar di speaker aktif, mudah sekali bukan?

Untuk jangkauan, umumnya receiver Bluetooth yang versi harga murah masih bisa terhubung dari jarak 10 meter, bisa lebih namun tergantung penghalang juga seperti tembok atau perangkat lain yang menghalangi proses transfer data.



Mengapa Tersendat-sendat audionya ?

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan para pengguna Bluetooth receiver audio, dimana suara kadang terdengan tersendat-sendat alias putus-putus kadang tidak. Apa yang terjadi?

1. Coba jangan melebihi batas jarak antara smartphone dengan perangkat reciver, semakin anda menjauh semakin terdengar tersendat-sendat suaranya karena signal sudah semakin menipis

2. Coba ganti dengan power supply yang mempunyai ampere lebih besar, karena dari pengalaman admin memakai charge HP yang mempunyai ampere kecil cenderung membuat suara terputus putus karena kekurangan daya.

3. Restart Bluetooth receiver

Coba juga mematikan dan menghidupkan kembali perangkat receiver tersebut bila ada kendala suara atau tidak terdeteksi di smartphone milik anda.

Semoga tips singkat tentang cara menghubungkan bluetooth Music receiver diatas bermanfaat, bila ada pertanyaan seputar ulasan diatas silahkan kirimkan Pertanyaan di Kolom Komentar di bawah postingan ini.


Emoticon Emoticon