01/07/2015

Operasi Mata karena terkena Lem G

Operasi Mata karena terkena Lem G

Tidak pernah terduga dan membayangkan sedikitpun bila suatu saat Mata terkena Lem G yang tergolong kuat daya rekatnya. Ya, itu nyata terjadi pada admin detik info sendiri. Kai ini admin akan menceritakan kisah nyata ketika Penglihatan sebelah kanan admin detik info waktu itu ketika terkena semprotan lem kuat berbahaya ini.

Takdir tidak bisa menentukan dan ditentukan kapan terjadinya, berawal dari mengerjakan jaringan kabel di tempat kerja saya sebenarnya sudah cukup berhati-hati dalam penggunaan Lem bermerek G yang konon daya rekatnya melebihi lem merek Alteco ( maaf menuliskan merek ). Sewaktu melakukan perekatan di case kabel itulah tiba-tiba lem seperti mengeluarkan tekanan, padahal kondisi lem waktu itu tinggal sedikit dan saya juga melakukan pemencetan perlahan.

dampak lem G dan alteco

Tiba-tiba seperti ada letupan kecil yang menyebabkan cairan lem menyemprot tepat ke tengah-tengah mata saya. reflex kelopak mata berkedip dan seketika itu juga lengket dan rasanya panas sekali di bola mata. Saya sedikit menenangkan diri dengan apa yang baru saja terjadi dan langsung mengambil air untuk terus membasuh mata saya dengan anggapan bisa bersih kembali. Di bawah ini gambar bola mata saya sebelah kiri yang terpapar lem G dan gambar sebelah kanan yang normal.

gambar operasi mata terkena lem G

Tapi bukannya bersih malah semakin membuat mata ini terasa seperti kemasukan pasir dan semakin sakit. Dengan bantuan teman saya suruh membawa ke dokter mata terdekat untum secepatnya minta pertolongan karena saya sadar bahwa terkena lem ini pas pada bola mata akan sangat berbahaya bila 'dikucek' atau dilakukan dengan sembrono bukan ahlinya.




Setiba di dokter spesialis mata dan dilakukan pengecekan serta melakukan cetak foto mata saya terlihat jelas kalau selaput luar bola mata saya tertempel kuat lem G tersebut. Dokter memberikan opsi satu-satunya agar saya bisa dioperasi dan saya iyakan langsung tanpa persetujuan diatas materai seperti halnya orang yang akan dioperasi.

Operasi berlangsung sekitar 1 jam untuk mengangkat dan membersihkan seluruh bagian bola da kelopak mata dari bekas lem G tersebut.


Alhamdulillah selang 5 hari perban di mata saya sudah bisa dibuka, hasilnya untuk beberapa minggu mata terasa silau bila terpapar cahaya serta terjadi penurunan ketajaman penglihatan. Namun sekali lagi alhamdulillah sekarang 90 persen mata saya sudah berfungsi maksimal berkat do'a dan semangat dari teman-teman. 

Rasa syukur selalu terucap bila mengingat bahwa apa yang ada pada diri kita bisa dengan mudah berubah dengan sekejap karena kuasa Allah. Banyam bersyukur dan mawas diri akan menjadi ikhtiar kita setiap hari karena limpahan nikmat yang begitu besarnya. Semoga sedikit cerita nyata saya diatas bisa dijadikan pelajaran bagi pembaca semua untuk berhati-hati dalam bekerja dan selalu mawas diri, jangan lupa berdoa.

Show comments
Hide comments

27 komentar

kena biaya 3 juta mas ... :) alhamdulillah

ini info yang sangat membantu agar semua orang dapat berhati hati dalam penggunaan lem G ini,.terima kasih telah berbagi pengalaman berharga yang sangat penting ini,.

terimakasih mbak vina....dari pengalaman bisa dipetik hikmah. jadi berhati2 dalam kerja menggunakan Lem G sangat dianjurkan daripada menyesal diakhirnya :)

itu lem emang parah banget mas...saya akan pake kacamata terus kalo mau berhubungan dengan tuh lem.. terima kasih banyak untuk infonya mas.

saya sekarang sudah kapok kalau pake lem G tapi ngk pake kacamata...agak trauma mas..hehe

Kalo hanya pinggiran mata nya yang kena bagaimana ya mas. Cuma ngeganjel gitu dipinggir mata dipojok

langsung saja diperiksakan ke dokter mata mas, karena lem yang mengenai mata kalau sudah kering akan mengkristal dan tajam. khawatir melukai selaput mata dan dikucek nantinya.

Kalau kena mata sebelah pinggir itu gk terlalu parah kan mas ?
Soalnya saya habis kena lem G sebelah pinggir, lalu saya kasih obat mata

Kalau bekas lem bisa terlepas tidak apa2 mas...klo blom terlepas lbih baik diperiksakan ke dokter mata

Td siang pas lebaran mata sya juga lem itu tp cuman kecepretan di bagian samping yg putih tp allhamdullilah msh normal...

Sy juga punya pengalaman yg sama, lem yg sama, masuk dalam bola mata hitam, untung lNgsung pake minyak goreng, jdi langsung terepas dgn sendirinya,

apa bener pake minyak goreng bisa melepas lem super keras ini ya ?... tapi alhamdulillah saya dulu ditangani dokter langsung dan selamat deh kedua mata pemberian Allah ini..

bener kak,pake minyak goreng,lemnya terkelupas, tdinya jga mau di operasi tp sm mama ktanya pke minyak goreng dlu,sejam lngsung hilag lemnya,tpi smpai 2 hari sakitnya msh terasa, bayangin aj tuh lem kn panasnya aduhaai,,udh tobat skrang pake lem g

Jadi referensi baru nih bagi saya..semoga tipsnya mbk aminah bisa dipraktekkan oleh teman2 yg kena lem bahaya ini... Trima kasih masukannya mbk :)

Mbak siti aminah.. Terima kasih sekali informasi nya. Baruaan sy praktekan ke diri saya. Sama... Kenaa bola mata hitam kanan sisi bawah pinggir. , saya pakai air ga bisa juga.. Nemu artikel ini. Langsung saya praktekin. Pakai minyak. Dan berhasil. Allhamdulillah... Sekali lg terima kasih ya..

Saya prnah kena lem G banyak di mata saya. Tp tmn saya lebih berpengalaman menghilangkan lem itu. Saya disuruh tiduran dan merem agak lama ,trs dya ambil 1lembar kertas buku tulis,trs di lipat2 berbentuk runcing segitiga, trs ujung yg runcing td dicelupin ke air biar empuk, trs pas posisi masih basah ujungnya langsung buat geser LEM'G yg ada dibola mata saya dkit demi dekit. Dan ahirnya,,,, taraaaaaaa,,,, lem G sudah keluar seperti soflen/lensa kontak :D

Mba pake minyak nya itu di tetesin ke mata kaya kita pake obat mata apa gimana yah?

Tetesin.. Atau ditaruh dulu di ujung jari.. Trus di taruh aja di bola matanya, nanti minyak dan airmata akan membantu ngelepas lem itu. Believe it.. Saya mengalami bbrp bulan lalu.

Terimakasih infonya sangat membantu. Terlebih ketika dikasih minyak, dan alhamdulillah bisa hilang. Meskipun punya saya tak bantu ngehilangkan dengan tisu dan kili

Semoga pengalaman mas bastomy mengatasi lem perekat bisa dijadikan rujukan pengalaman bagi pembaca yg lain..terima kasih

Terima kasih buat infonya,ini membantu bgt saya langsung panik ketika adik saya terkena lem power glu dikornea matanya ada bekas cairan gitu mnempel pas coba diambil pake tangan gabisa akhirnya langsung ke puskesmas trs dirujuk ke rs dan alhamdulillah lemnya udh terkelupas,cuman bekas putih" dimatanya masih ada,semoga ga knp" ya��

semoga lekas sembuh mata adiknya yang terkena lem, insya Allah bisa diatasi oleh dokter kok. dulu saya juga terkena pas bagian tengah sampai kelopak ikut menutup dan menempel dan alhamdulillah sekarang sudah normal kembali setelah operasi pembersihan sekitar setengah jam lebih dan masa penyembuhan selama 1 bulan untuk pulih

Iya mata adik sya jg kaya yg difoto itu. Uman ke il bgt warnanya putih,smlm udh dibersihin trs dpt obat tetes jg,alhamdulillah skrng puti"nya udh ilang cuman katanya msh perih bgt kalo liat cahaya sakit silau mungkin efeknya kali ya

alhamdulillah saya juga ikut senang mendengarnya, perihnya itu normal karena selaput bagian luar bola mata ikut terangkat, nantinya akan kembali normal seperti sedia kala dalam proses penutupan luka selaputnya, memang agak perih sih namun untuk beberaa hari saja... mohon dijaga selalu bersih dan tidak dipakai untuk jalan-jalan diluar agar tidak terpapar debu.. bisa menggunakan kacamata teduh untuk menghilangkan rasa silau dalam proses penyembuhan..semoga lekas sembuh mbak

Pengalaman saya juga seperti ini. Saat masih smp dulu, gara2 mau ngebenerin kipas angin yang patah, ceritanya gara2 tutup lem g lengket jadi karna masih anak2 dulu saya gegabah, saya "poklek" pakai tang, yg ngebuat lemnya nyiprat ke kedua mata. Langsung di bawa ke dokter spesialis mata, dan langsung disarankan operasi, alhamdulillah sampai sekarang tidak ada masalah. Saat itu saya cuma kena biaya operasi 500rb ..

Kmrn mata saya yg pingir kena lem g dan di kelopak mata saya yg hitam ada lem sedikit bawa ke dokter ngk ada lalu pakai tetes mata langsung hilang lem nya. ini tingal pembersihan mata pakai salep mata untung cuma iritasi aja


Emoticon Emoticon