Mengenal Command Prompt


Mungkin banyak dari sobat-sobat yang merasa penasaran dan ingin tahu apa sih itu command prompt ? . di banyak search engine bertebaran cara-cara mengatasi suatu masalah serius di Sistem operasi mereka disarankan memakai command prompt. Lalu apa dan bagaimana command prompt itu?. Mungkin saya bisa sedikit memberi gambaran mengenai definisi command prompt. Bila ada yang salah mohon dikoreksi ya :).
Command prompt adalah perintah dasar dari suatu platform sistem operasi yang sangat handal dan powerfull. dalam command prompt kita dapat dengan mudah menjalankan line perintah-perintah yang tidak dapat dijalankan dari sistem GUI ( graphic user interface ) karena perintah-perintah masih dalam bentuk batch file atau mudahnya masih file mentah yang harus diterjemahkan di command prompt.

Maka dari itu dari kebanyakan teknisi komputer masih menjadikan command prompt sebagai salah satu senjata andalan mereka untuk mengutak-atik file – file yang ada dalam sistem operasi seperti merubah atribut file, mengatur direktori file, menonaktifkan virus yang berjalan di root Operasi, melakukan ping dalam suatu jaringan dan lain sebagainya, yang semuanya itu tidak dapat dilakukan dalam keadaan Live operating (GUI).

Ada kalanya versi GUI sebuah program tidak sekaya fungsi command linenya sehingga mengharuskan kita mengakses command prompt. Ada juga perintah-perintah sepert ping, netstat, dan tracert yang menurut banyak network admin lebih responsif dibanding aplikasi dengan format GUI. Sekedar informasi "Prompt" sendiri arti harafiahnya adalah Quick atawa Cepat. Ada juga yang berpendapat bahwa ada baiknya menguasai command prompt agar nantinya terbiasa menghandle server core.

Sobat, mungkin penjelasan singkat mengenai command prompt cukup sampai disini ya. Dan untuk lebih sedikit mendalami fungsi-fungsi command prompt dapat sobat baca di artikel saya selanjutnya yaitu Perintah dasar Command Prompt .


Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site