Mengapa modem jadi lemot dan lambat ?

Assalaamu'alaikum, Berbicara tentang modem tentunya sudah banyak yang mengulas sisi teknis maupun sisi performa dari setiap modem. di search engine google bertebaran situs-situs yang mempertanyakan dan menjawab solusi dari permasalahan setiap modem secara mendetail tentang mengapa modem jadi lemot dan lambat. 

Berawal dari banyaknya sobat saya yang dulunya bertanya tentang perihal performa dan seluk beluk modem maka tidak ada salahnya saya sedikit merefresh tentang seluk beluk permasalahan modem yang lemot dari segi hardware, software dan internal jaringan. dulu sewaktu saya menggunakan jaringan smart di warnet saya terasa sekali performa smart yang hebat dan cepat, tetapi dengan modem dan alat yang sama modem saya bawa ke daerah lain maka apa yang terjadi ?, modem smart begitu lambat seperti lajunya siput yang belajar maraton...hehe..

Dari pengalaman saya pribadi setelah mencoba beberapa modem dan provider penyedia data, mulai dari FLASH, AXIS, M2, sampai SMARTFREN saya mengalami hambatan dan kendala serupa, kadang cepat dan kadang lambat alias lelet abis. sampai-sampai saya waktu itu membongkar modem untuk saya pasang pigtail antena modem agar dapat menembak BTS yang powerfull dan longgar penggunanya dengan tujuan supaya kecepatan bertambah.

Kemudian apa yang menjadikan performa modem menurun ?, berikut ini salah satu sebabnya :






  • 1. Pertama tentu dari sisi Hardware modem, bila yakin dengan kualitas modem waktu pertama membeli maka apakah modem terlalu sering Terpapar PANAS yang berlebihan tanpa ada upaya pendinginan ?, kalau iya maka bisa dipastikan modem akan turun performanya karena komponen internal modem rawan panas berlebihan. 
  • 2. kemudian bila panas sudah tidak menjadi masalah maka apakah sinyal di tempat kita full bar ataukah separo atau naik turun muncul dan hilang ?. bila iya pastikan sinyal full sebisa mungkin dengan memakai kabel pemanjang USB / USB extender agar sinyal yang didapat bagus.
  • 3. Selanjutnya dari segi software apakah sudah benar cara penginstallan software modem ?, bila yakin sudah apakah Operating sistem di computer sobat sudah yakin bersih dari virus ?, karena banyak sekali virus komputer yang dapat memperlemah jaringan ataupun dapat mengupload dan download data secara silent atau tersembunyi tanpa sobat ketahui.
  • 4. Dan yang paling penting adalah, seberapa padatkah pengguna data / internet di daerah sobat dengan memakai provider yang sama. adakalanya satu daerah dengan daerah lain berbeda tingkat kepadatan penggunanya. beruntunglah bagi sobat yang di wilayahnya masih sedikit pengguna yang menggunakan provider yang sobat miliki, dipastikan akses akan cepat seperti yang sobat harapkan.
  • 5. Yang Terakhir tentunya masalah sinyal yang didapat apakah GPRS, EDGE, 3G atau sudah WCDMA. karena dengan performa HSDPA / WCDMA  maka sobat sudah mendapatkan poin penting dalam kecepatan akses data. o iya, tambah lagi, lihat pula paket data jenis apa yang sobat beli, jangan sampai sobat beli paket data dengan batasan EDGE tapi meminta yang berkecepatan WCDMA...hehe.
Nah sobat, mungkin itu salah satu kemungkinan mengapa modem jadi lemot dan lambat yang bisa saya share kali ini. semoga sedikit pengalaman ini dapat memberi pencerahan bagi sobat yang masih bertanya-tanya tentang performa modem-nya. Wassalam.
Previous
Next Post »

25 comments

  1. Bener Kang, sampai saat inipun saya memakai smartfret. Wakti itu saya beli dgn harga 559 ribu, ketika saya memakai modem yg baru (punya kawan) dgn harga 200rb cepet panas dan sering disconnect. Tapi klw pakai punya saya sendiri meski seharian ttp ajah sinyal full dan tahan panas.

    Bener kata kang Farhan, kwalitas modem ternyata berpengaruh pada koneksi internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...saya mengandalkan kipas kecil tuk buat si modem betah berlama2 mbak...hahayyyy

      Delete
    2. Dari ulasan diatas saya menyimpulkan SPEEDOL masih tetap yang paling sip.

      Delete
  2. 6. kuota mau habis :p hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang habispun masih tidak percaya ya bang...ahaha

      Delete
  3. saya setuju dengan ke lima point di atas yang telah sobat katakan, di tambah lagi dengan Kuota atau paket apa yang kita pilih tentunya juga mempengaruhi kecepatan akses internet kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...bener mas...kalau yang mahal pastiiii lebih kenceng...hadewwwww

      Delete
  4. Banyak faktornya sih. Punya saya kalo udah kumat leletnya minta ampun, pengen tak banting tuh modem.. Hahah..

    ReplyDelete
  5. aku hadir ayah..dari alfa haha

    ReplyDelete
  6. Kira2 modem yang bagus yg merk apa nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...semua manufaktur dan penjual modem pasti bilang bagus...tapi klo belom nyoba semua belum tahu mas yg mana yg bagus...hehehe

      Delete
  7. ini menjadi masalah bagi hampir semua blogger , modem lemot tapi kangfarhan sudah memberi solusisnya diatas makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kembali mas munir... semangat ngeblog terus pokoknya walau modem kadang lemot abis...hahayyyy

      Delete
  8. modemku udah ganti beberapa minggu kemarin, soalnya udah sejak 2009 yg lalu. Ya memang sudah saatnya ganti hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...selalu saja mas ndop emang bikin super jadul modemnya...hahayyy

      Delete
  9. waah ganti baju blog ini, makin keren aja kang :D

    ReplyDelete
  10. kalau modem saya, saya kasih antena mas..hehehe

    biar dapet signal yang setabil. walau ada di kota kadang tidak setabil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,,,antena juga solusi paling mantep mas,,,hahayyyy

      Delete
  11. hampir semua kartu sudah saya coba, memang tidak ada yang lancar kecuali bayar yang prabayarnya mahal,300 ribu keatas baru cepat.
    Jika internet lemot jadi buyar jika ingin membuat postingan.

    ReplyDelete
  12. ANDA BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH.
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA).

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL.

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lainnya

    ReplyDelete

Partner Site