Penangkap atau penangkal petir penamaannya ?

Pernahkah sobat melihat logam seperti tombak di atap-atap rumah ?. Itu lho yang kata orang sebagai penangkal petir, Logam tembaga murni yang banyak dipasang rumah-rumah masa sekarang dengan tujuan 'menangkal' petir. Tapi topik tang ingin saya ceritakan disini bukan sisi teknisnya namun kerancuan penamaan sang 'penangkal' petir.


Saya banyak mendengar istilah penangkal petir, padahal menurut ilmu kelistrikan dan 'ilmu petir' bahwa petir akan mendekati logam lancip dari tembaga murni tersebut dan dialirkan ke 'ground' atau tanah untuk dinetralisir. Dari sinilah kerancuan penamaan yang salah kaprah menurut saya tentang istilah penangkal petir. Kalau kata penangkal berarti menghalangi adanya petir yang tertangkap ujung tembaga. seharusnya istilahnya menjadi 'penangkap' petir, itu baru pas dan tepat menurut hemat saya.

Penangkal petir biasanya berbentuk 'dome' atau kubah yang mengalirkan ion-ion listrik agar petir tidak dapat mendekati area terpasangnya dome tersebut. Dan untuk yang berbentuk tombak itu sebenarnya merupakan penangkap petir, malah mengundang si petir untuk tertangkap di pucuk logam tembaga. 

Sebenarnya itu hanya penamaan saja dan boleh dirujuk ke glosari-glosari yang meneerangkan bab tersebut. Apapun itu penamaannya memang sah-sah saja di kehidupan kita. setidaknya sobat yang sudah membaca artikel ini sudah paling tidak mengganti image penamaan tersebut agar klop sama kegunaan dan fungsinya.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. Diatas gedung selalu ada penangkal petir
    Jika ada kilat bisa diusir
    Penghuni bangunan jadi aman tak kwatir

    ReplyDelete

Partner Site