Orang Arab ternyata Pertama mencipta Robot

Bukanlah orang jepang atau korea seperti yang banyak orang umum ketahui maupun orang barat yang secara eksplisit memang terkenal hebat-hebat. Dia adalah sang Jenius asal Arab abad ke -13 bernama Ra'is Al a'mal Badi' al Zaman Abu Al 'Izz ibn Ismail Ibn Al Razzaz al Jazari ( namanya panjang ya ..hehe ). Beliau adalah Insinyur Teknik Kesultanan Turki Dinasti Artuqid.

Al-Jazari ( nama panggilannya), telah berhasil menciptakan aneka bentuk robot pada awal abad ke 13M. Perlu diketahui Bahwa kata Robot mewakili sesuatu yang bergerak dengan bebagai sistem. walau abad 13m belum ada yang namanya microcontroller seperti abad millenium seperti sekarang tapi Beliau ini ( Al Jazari ) telah dinobatkan sebagai "Bapak Robot" oleh masyarakat sain modern sekarang ini.

Salah satu hasil karya Al Jazari yaitu menciptakan pertunjukan di perahu terapung dalam jamuan pesta kerajaan waktu itu, dimana perahu terapung yang terdiri dari empat robot pemain musik, dua penabuh drum, seorang pemetik harpa dan peniup seruling. Robot penabuh drum dirakit Al Jazari dapat memainkan berbagai macam suara musik yang berbeda. robot-robot itu dimainkan diatas sebuah perahu terapung dengan bantuan tenaga air ( tenaga hidrolik ).


Selain karya diatas, Hasil karya Al Jazari juga membuat robot penghidang minuman bagi kerajaan secara otomatis. botol berisi minuman disimpan dalam sebuah tangki dan dari tangki itu dialirkan ke dalam sebuah ember kemudian beberapa lama air itu mengalir ke sebuah cangkir dengan perhitungan yang cermat dan presisi.

Hasil karya lain al Jazari, seperti robot pelayan sampai menciptakan alat di bidang teksik seperti Mesin Engkol, Jam dan Piston beserta Kruk As. sekarang jadi tahu bukan siapa sebenarnya orang mana yang pertama kali menciptakan sebuah robot ?. semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site