Robot Kecil terinspirasi Teknologi Nyamuk

Bicara Soal Nyamuk pastinya bayangan manusia tidak jauh dari penyebab penyakit Demam berdarah ataupun virus Zika. Namun dibalik penyakit yang bisa ditimbulkan oleh gigitan nyamuk ada hikmah lain yang bisa dipelajari dari hewan kecil bermoncong jarum ini. Maklum, setiap manusia dibalik 'kepandaiannya' memang tidak dipungkiri masih banyak yang dibuat kagum dengan Makhluk lain ciptaan Allah.

Nyamuk, ternyata telah menginspirasi beberapa ilmuwan untuk menciptakan suatu prototipe robot yang tahan terhadap kelembaban dan gempuran air ketika di ruangan terbuka. Tahukah anda, Seekor nyamuk yang begitu keccil dan ringan, bahkan ketika anda mengangkatnya-pun tidak akan terasa kalau nyamuk mempunyai beban tubuh, ternyata Mampu menerima gempuran tetesan air hujan yang setiap tetesnya bisa setara dengan 50 kali berat tubuh nyamuk.

Nyamuk ketika diterpa air hujan

Menurut seorang Dosen Biologi dan Teknik mekanika, David Hu di Georgia Tech, mengemukakan, Ketika air hujan jatuh, kecepatannya yang secepat komet menyambar nyamuk dan menimpanya. Namun nyamuk tidak melawan tetesan tersebut malah justru si nyamuk membonceng di air tersebut dengan tujuan untuk memperkecil tekanan yang dihasilkan oleh tetesan air tersebut.

Naymuk mempunyai teknik pertahanan terhadap hantaman air hujan yang begitu cepat dan 50 kali lebih berat dari tubuhnya. Untuk membuktikan bahwa nyamuk memang mempunyai pertahanan yang hebat terhadap gempuran air, Sang dosen membuat eksperimen dengan cara menembakkan air layaknya badai hujan ke arah serangga kecil tersebut. Dilengkapi pula dengan landasan berupa jaring yang bergetar agar nantinya nyamuk sulit untuk mendarat. 

Ketika nyamuk diserang dengan percikan air setara badai hujan tersebut ternyata tidak menimbulkan akibat yang serius pada hewan kecil itu. Gempuran air hujan mendorong nyamuk untuk jatuh dan seketika itu pula nyamuk langsung dapat melepaskan diri dari jeratan air dan kembali terbang dengan sempurna karena mempunyai keahlian memperkecil tekanan yang dihasilkan oleh tetesan air.

Nah, itulah sekelumit kehebatan serangga kecil yang suka menghisap darah manusia. Dibalik kecil dan kelemahan yang ada pada suatu penciptaan pastinya ada kelebihan yang diberikan Sang Pencipta terhadapnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site