Apa Fungsi HDR pada kamera smartphone ?

Keberadaan sebuah kamera pada smartphone memang sangat berarti dan bisa dibilang mempunyai fungsi yang penting. Banyak fitur ditawarkan dari sebuah fungsi kamera si ponsel pintar untuk menarik minat pembeli. Salah satu fitur yang bisa dibilang canggih di kamera ponsel salah satunya adalah menu HDR atau High Dinamic Range. Apa dan bagaimana keunggulan kamera yang ada fitur HDR-nya ?, yuk simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Smartphone yang sudah dilengkapi dengan fitur HDR saat ini sudah tergolong kategori Hogh technology. HDR merupakan teknologi baru yang dapat menciptakan tangkapan layar secara dinamis. Dimana dengan fungsi ini, hasil tangkapan atau jepretan kamera akan dihasilkan sejernih dan se-alamiah mungkin mengikuti warna asli dari benda yang dibidik. 

fungsi hdr pada kamera ponsel

Tone atau detil warna yang dihasilkan dengan memanfaatkan fungsi HDR akan semurni warna aslinya, contoh, bila anda memotret bunga mawar di pekarangan rumah maka hasil bidikan akan dimaksimalkan sedemikian mungkin oleh fitur HDR ini untuk menciptakan image yang sepadan ddengan warna mawar tersebut, baik itu kecerahan dan setiap detail warnanya.

Di dalam penggunaanya, ketika anda ingin melakukan bidikan gambar dengan fungsi HDR maka akan ada sebuah peringatan atau notifikasi yang mengharuskan pengguna tidak menggerakkan gadget-nya sampai ada peringatan yang menyatakan pemotretan telah sukses. Hal ini bertujuan untuk membidik suatu objek sedetail dan sealamiah mungkin ketika anda tidak menggerakkan ponsel. 




Pada mode normal, ketika anda memotret suatu benda memang bisa dilakukan secepat mungkin, sekali jepret maka gadget langsung bisa digerakkan dan digunakan untuk mengambil gambar selanjutnya. Namun ketika anda menggunakan menu HDR maka ada delay ( jeda ) yang harus anda taati ketika jepretan dimulai dan hasil gambar diolah oleh software kamera sehingga menjadi sebuah image yang berbeda dari mode normal.

Fungsi HDR di kamera tidak cocok bagi penggemar fotografi yang membidik benda bergerak seperti balapan motor, gerakan kupu-kupu dan lain sebagainya. Fungsi HDR cocok untuk penggemar fotografi yang ingin mengabadikan gambar dalam mode diam atau seminimal mungkin image yang dibidik tidak melakukan gerakan yang dapat mengacaukan pengambilan tone warna yang ada.

Sudah adakah menu fungsi HDR di kamera smartphone anda ?, kalau belum pernah menggunakan silahkan dicoba dan nikmati gambar yang cerah serta detail dengan fungsi kamera canggih ini. Selamat beruji coba.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site