Antara ide kreatif menulis dan uang di benak Blogger

Tidak dipungkiri lagi dunia Internet membawa perubahan besar pada sebagian pemilik situs atau blogger. Pendapatan dari kary tulis sebagai blogger tentu saat ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Kenyataannya, penghasilan jutaan bahkan sampai ratusan juta sudah bukan suatu hal yang mustahil. Kerja dengan berbekal tulisan, kemudian dibaca pengunjung situs dan mendapat penghasilan dari menayangkan iklan adsense menjadi trend yang semakin hari makin menjamur.

Blogger, antara uang dan ide kreatif

Bicara perolehan uang dari blog tentu uang sudah berkecimpung lama di blogger pasti sudah tahu bagaimana liku perjalanan yang bisa dibilang 'melelahkan'. Dengan bekal waktu luang dan kesabaran menjadikan para blogger sukses memperoleh hasil jutaan perbulan tidak dari jualan apapun melainkan hanya memasang banner iklan milik advertise.

Kalau ada yang bilang memperoleh pendapatan dari blog itu mudah memang jawabannya mudah, mudah bagi yang sudah terjun langsung kedalamnya dan mengalami berbagai macam keadaan selama menjadi seorang penulis artikel.

Kalaupun ada yang bilang memperoleh duit dari aktifitas ngeblog itu sulit maka bisa dibilang memang sulit. Bahkan banyak sekali para blogger pemula yang pada awalnya sangat getol dan bersemangat untuk ngeblog tapi pada akhirnya kandas ditengah jalan dengan alasan yang beraneka ragam seperti kurang waktu luang, banyak saingan, tulisan tidak juga masuk ke pageone mesin pencari dan masalah klasik lainnya.

Bagi admin sendiri, aktifitas ngeblog bukan sekedar untuk waktu luang namun mempunyai arti lebih dari sekedar mengisi kekosongan waktu yang agar tidak mubazir. Bila awal menjadi blogger tujuannya uang atau pendapatan maka semangat untuk terus berkarya pasti jluntrungnya untuk uang. Tapi bila semangat awal ngeblog untuk menumpahkan ilmu yamh dimiliki dan memang hobi menulis maka kesenangan akan muncul teriring berjalannya waktu.

Tidak dipungkiri juga, walau awal menjadi blogger dulunya saya memang murni tidak ada niatan untuk cari duit dari internet. Boro-boro mau dapat pendapatan, lha dulu sekitar tahun 2009 awal mula ngeblog tidak tahu apa itu banner iklan dan mengapa banyam situs yang menayangkan iklan di blog yang saya kunjungi.

Namun pada perjalanan waktu, akhirnya yang namanya juga manusia, saya tertarik untuk memonetize blog pribadi untuk mendulang dollar dengan menjadi penayang iklan google adsense. 

Perjalanan monetize blog untuk mendapat uang dari internet tidak seketika itu juga terwujud, butuh waktu lama bukan dalam hitungan hari atau minggu namun berbulan-bulan untuk mendapatkan hasil nyata berupa penghasilan. Saat-saat itulah terkadang rasa bosan menyeruak mematahkan semangat yang sebelumnya berapi-api.

Bagi para adik-adik yang baru saja memulai aktifitas ngeblog, entah itu berniat mencari uang atau hanya untuk menumpahkan ilmu sekaligus mendulang pendapatan, apapun niatnya ada beberapa tips sukses menjadi blogger seperti yang kebanyakan blogger lain lakukan seperti dibawah ini.

1. Niat dulu

Kalau yang satu ini pastilah semua blogger baim pemula atau yang sudah kawakan menjalaninya. Apapun niatnya, asal bukan niat yang bertentangan dengan Norma agama atau Negara silahkan maju terus jangan pernah melupakan niat awal anda ngeblog.

2. Komitmen dan tanggung jawab

Sebagai blogger jadikan komitmen pada diri sendiri sebagai pendongkrak semangat agar tidak kendur. Begitu juga anda harus mempunyai tanggung jawab terhadap seluruh konten atau isi blog yang anda tampilkan ke publik. 

Semakin anda bertanggung jawab dengan sungguh-sungguh terhadap isi artikel yang anda jabarkan suatu saat nanti loyalitas pengunjung akan tercipta dengan sendirinya. Anda harus siap membalas setiap komentar dan pertanyaan yang diajukan terkait isi konten anda.

3. Menjadi diri sendiri



Jaga integritas blog dan ciri khas blog anda dengan mencirikan apa yang ada pada diri anda sendiri. Jangan suka ikut-ikutan alur blog lain selama situs milik anda masih diminati oleh banyak pengunjung.

Membuat ciri khas suatu blog menjadi lain dari yang lain akan membuat image pembaca percaya akan kualitas anda sebagai seorang penulis yang handal. 

Buat ciri khas mulai dari cara pengucapan kata, tata bahasa, bahkan sentuhan-sentuhan humor yang sedikit menggelitik akan semakin membuat pengunjung berlama-lama dan betah di situs anda.

4. Buat konten yang original

Konten yang original bisa diartikan sebagai hasil tulisan yang belum atau tidak pernah ada sama sekali sebelumnya, baik itu di media internet maupun di buku yang beredar luas.

Tulisan orisinil diartikan lebih dalam apabila ilmu yang disajikan belum pernah ada sama sekalu beredar di internet. Bila anda bisa selalu menampilkan hal yang baru tentu meain pencari akan dengan senang hati menancapkan artikel anda di halaman pertama.

Namun saat ini apa sih ilmu yang tidak ada di internet ?, Bila sudah mentok seperti itu maka konten original bisa menjadi opsi yang kedua yaitu membuat tulisan dengan penuturan bahasa sendiri walau sudab banyak yang mengulasnya di media internet. Sah-sah saja kok melakuka. Hal yang demikian asal bukan konten sensitif yang kita sendiri tidak tahu makna dan isibuang terkandung didalamnya. 

Bagaimana pembaca bisa percaya dengan kualitas kita kalau tulisan yang kita jabarkan tidak bisa dimengerti sendiri oleh penulisnya apalagi nanti bila diberi pertanyaan oleh pengunjung ?

5. Berburu ilmu

Seorang blogger bukanlah dewanya ilmu, konten yang mereka ciptakan kebanyakan hasil dari ilmu yang mereka dapat dari membaca, disekolah, atau pengalaman pribadi. Bagi blogger aktif yang selalu menelorkan ide menulisnya saya yakin kebanyakan dari mereka membuat terobosan baru dari ilmu yang sudab mereka dapat untuk di markup sedemikian rupa sehingga menjadi tulisan segar pada akhirnya untum dibaca pengunjung blog.

Jadi perbanyaklah membaca dan mencari ilmu baru agar wawasan sebagai seorang penulis menjadi luas tidak terbentur satu atau dua topik tema saja.

6. Kerja keras pantang menyerah

Nah, kalau yang satu ini memang harus ada pada diri setiap blogger. Tak ada hasil tanpa kerja keras, tak ada uang tanpa peras keringat dan meluangkan waktu untuk selalu aktif menulis dan menuangkan ide-ide kreatif di blog kesayangan. 

Kalau anda pantang menyerah dan bersungguh-sungguh maka tujuan yang pada awal anda bangun bukan hanya sekedar mimpi.

7. Berdoa

Setelah berbagai ikhtiar atau usaha yang dilakukan sebagai seorang penulis di blog tentunya sebagai orang uang taat agama pastilah doa selalu terpanjatkan. Berdoalah diawal dan setelah selesai menuangkan ide kreatif anda dalam bentuk tulisan agar semuanya berkah untuk anda dan untuk orang lain.

Mungkin itu saja sekelumit kisah dan motivasi untuk para sobat blogger semua. Tidak ada gading yang tak retak, tidak ada blogger yang sempurna, semua yang saya tuliskan disini murni dari pengalaman, bila ada manfaat silahkan dipraktekkan dan bila ada yang kurang memberi manfaat mohon ditinggalkan dan diabaikan. Terima kasih, salam blogger Indonesia.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site