Goa-goa Terindah di Indonesia yang Wajib dikunjungi

DetikInfo.com - Goa-goa di Indonesia yang Wajib Dikunjungi. Goa merupakan sebuah lubang atau lorong di bawah permukaan tanah yang terbentuk akibat aktivitas alam. Mungkin bagi sebagian orang, berwisata di goa bukanlah hal yang menarik. Tetapi saat kita telusuri, goa di Indonesia merupakan goa-goa terindah yang pernah dinobatkan di wilayah Asia Tenggara.

Goa memiliki bentuk yang unik semacam ukiran-ukiran batu yang disebut dengan stalaktit dan stalakmit. Berikut ini adalah beberapa goa terindah yang ada di Indonesia.

1. Goa Pindul

Goa Pindul

Goa ini terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Goa ini tidak dapat dilewati dengan berjalan kaki karena dari ujung depan hingga ujung belakang goa dipenuhi dengan aliran sungai yang semakin dalam kedalamannya.






Jadi untuk menikmati keindahan goa ini, Anda harus menggunakan ban karet yang telah disediakan oleh petugas di lokasi. Anda harus duduk di atas ban karet dengan menggunakan pelampung dan Anda akan memulai perjalanan bersama sekitar 10 orang dan dipimpin oleh seorang pemandu.

2. Goa Akbar

goa akbar

Goa yang berukuran cukup panjang ini berada di Tuban Jawa Timur. Di dalam Goa Akbar terdapat sumber air Kedung Tirta Agung yang dipercaya sebagai tempat pertemuan para sunan.

Goa ini disebut Akbar karena dipercaya pada saat sunan Bonang berkunjung beliau mengatakan “Allahu Akbar”. Sehingga sejak saat itu Goa ini disebut Goa Akbar.

3. Goa Jati Jajar

goa jati jajar

Goa ini dipercaya berawal dari kisah seorang petani yang terperosok ke dalam sebuah lubang yang cukup dalam, yang ternyata merupakan sebuah goa.




Setelah kejadian tersebut, Pemerintah meresmikan goa tersebut dengan nama Jati Jajar karena tepat di atas pintu masuk goa, terdapat pohon jati yang terletak sejajar. Goa ini lebih tepatnya terletak di Kabupaten Kebumen.

4. Goa Surupan

goa surupan

Goa ini juga terletak di Kabupaten Kebumen, yaitu di desa Argopeni dan desa Karangduwur. Di dalam goa Surupn mengalir dengan deras sungai yang mngalir dari Bukit Gadung.

Saat musim penghujan, goa ini rawan terjadi banjir bandang, sehigga pengunjung dihimbau untuk berhati-hati saat berkunjung pada musim hujan.

5. Goa Jomblang

goa jomblang

Goa dengan luas mulut sekitar 50 meter ini berada di Gunung Kidul yaitu sepanjang gunungan Gombong, Jawa Tengah hingga Pegunungan Sewi di Pacitan Jawa Timur. Goa ini cukup panjang dan pernah dijadikan sebagai pengambilan gambar Amazing Race America.

6. Goa Gong

goa gong

Goa yang berada 30 km dari Kota Pacitan ini memiliki keindahan dan keunikan dari stalatktik dan stalakmit dengan efek sinar lampu yang dapat menambah keelokannya. Goa ini juga bisa menjadi salah satu referensi yang bisa Anda pilih saat berlibur.

Itulah pesona goa-goa di Indonesia yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga maupun kerabat. Semoga informasi yang kami berikan bisa membantu Anda menentukan tujuan liburan Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site