06/12/2016

Keuntungan Melakukan Investasi Reksadana Syariah



Investasi reksadana syairah semakin digemari masyarakat saat ini. Reksa dana merupakan alternatif terbaik bagi masyarakat yang mempunyai modal dan ingin di investasikan tanpa perlu memikirkan cara mengolahnya. Karena pada reksadana pengelolaan uang tersebut, hingga bisa menghasilkan keuntungan, di atur oleh manajer investasi.

Dan ngomong-ngomong tentang reksadana, saat ini telah banyak bermunculan produk reksadana syariah. Nah buat anda yang belum familiar dengan reksadana, dan belum tahu apa saja manfaatnya serta kelebihan reksadana syariah di banding reksadana konfensional, maka silahkan simak ulasannya berikut ini.

Keuntungan Melakukan Investasi Reksadana Syariah

Manfaat memilih reksa dana sebagai alternatif investasi 

1. Investasi dikelola oleh manajemen profesional

Mi adalah manajemen profesional yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang pengelolaan dana. Perannya sangat penting dalam melayani para investor yang hanya mempunyai keterbatasan waktu dan juga tidak dapat melakukan riset terhadap perusahaan dan investasinya secara langsung untuk dapat menganalisis harga efek dan juga akses informasi ke pasar modal. Baik itu reksadana biasa maupun reksadana syariah, sama-sama di kelola oleh mi profesional.

2. Diversifikasi investasi menurunkan risiko yang dapat terjadi

Reksa dana adalah jenis investasi yang tidak hanya terfokus pada satu investasi pada satu perusahaan saja. Jika reksa dana anda menempatkan dana investasi pada 20 perusahaan dan 3 diantaranya mengalami risiko loss, maka investor tidak perlu khawatir karena ada kemungkinan belasan perusahaan lainnya mungkin tidak mengalami kerugian atau justru malah mengalami risiko gain.

3. Transparansi informasi selama berinvestasi

Jenis investasi seperti ini jelas memberikan informasi perkembangan portofolio dan biaya secara berkelanjutan. Hal seperti ini dilakukan agar pemegang unit penyertaan dapat memantau keuntungan, biaya, dan risiko setiap saat. Dengan adanya transparansi informasi seperti ini, para investor bisa memonitor perkembangan investasinya secara rutin.

4. Biaya investasi rendah

Reksa dana dikenal sebagai himpunan yang banyak pemodal dan juga dikelola secara profesional. Sebanding dengan besarnya kemampuan dalam melakukan investasi tersebut maka akan menghasilkan biaya transaksi yang efisien. Biaya transaksinya akan jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan investor yang melakukan investasi secara langsung pada bursa efek.

5. Potensi return yang tinggi




Reksa dana merupakan alternatif investasi yang keuntungannya dapat dinikmati dalam jangka panjang dan sangat cocok bila dijadikan alternatif investasi yang menjamin investor dalam mempersiapkan masa pensiun, mempersiapkan dana pendidikan, dan berbagai rencana jangka panjang lainnya.

6. Investasi lebih aman

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika tingkat risiko reksa dana tergolong rendah, maka hal seperti ini jelas memberikan keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan investasi yang dilakukan secara individu dan juga langsung di bursa efek. 

Keuntungan investasi reksa dana syariah

Nah, jika di atas telah kita bahas, mengenai kelebihan reksadana, baik itu yang konvensional maupun yang biasa. Dan berikutnya di bawah ini kita akan bahas kelebihan dari reksadana syariah di banding reksadana biasa.

1. Hati lebih tenang

Pada reksadana syariah, pengelolaan keuangan hanya di lakukan berdasarkan syariat islam. Jadi tentunya lebih di jamin halalnya.

2. Keuntungan lebih stabil

Reksadana syariah terbukti memiliki return yang lebih stabil ketimbang reksadana konvensional. Bahkan terbukti saat krisis tahun 2008 , investasi berbasis syariah terbukti lebih aman.

Lantas apakah reksa dana syariah terbatas hanya bagi masyarakat muslim saja? 

Tidak, sebab pada dasarnya syariah itu bukan ”keyakinan” melainkan ”system ekonomi” yakni dengan mengedepankan prinsip kejujuran, keadilan dan juga bermanfaat bagi sesama itu menjadi nilai-nilai dasar kemanusiaan apapun agamanya dan juga berasal dari suku manapun. Jadi semua orang dapat melakukan investasi pada reksa dana syariah yang dapat memberikan keuntungan juga bagi investornya

Demikian beberapa bahasan mengenai reksadana serta keuntungan dari reksadana syariah di banding konvensional. Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon