26/01/2017

Cara Menyulap Barang Bekas Menjadi Peluang Usaha

Barang bekas memang seringkali identik sebagai barang yang tidak berguna, yang cenderung kotor, bau dan tidak nyaman di lihat. Sehingga tak heran banyak orang alergi dengan barang bekas, dan berusaha segera menyingkirkannya, entah itu dengan jalan menjualnya pada tukang rosok atau membuangnya ke tempat sampah.

menyulap barang bekas siap jual

Namun tampaknya hal tersebut bukanlah tindakan yang bijak, karena nyatanya, dengan sedikit ketekunan dan kretifitas kita, barang-barang bekas yang tak terpakai, bisa di sulap menjadi barang bermanfaat yang tak jarang bernilai jual tinggi. Nah, untuk sekedar referensi berikut ini kami bagikan beberapa contohnya.
  • 1. Botol Plastik Bekas di Jadikan Sapu Agar Lebih Bermanfaat
Barang plastik pasti banyak anda temukan di dalam gudang anda. Karena setiap hari tentunya tidak bisa lepas dengan barang ini. Untuk memanfaatkan barang tak terpakai dari plastik, anda dapat menjadikannya sebagai hiasan rumah atau benda yang bermanfaat bagi semua orang. Contoh, misalnya botol plastik yang tidak di pakai. Dari pada tidak bermanfaat anda bisa menyulap botol plastik menjadi sapu ijuk. Nah, caranya adalah sebagai berikut:

1.) Siapkan dua botol plastik bekas berukuran besar, gunting, pipa besi atau batang kayu ukuran 1 meter, jarum jahit ukuran besar dan senar;

2.) Gunting bagian bawah kedua botol lalu gunting secara vertikal sampai setengah botol;

3.) Pipihkan bagian botol yang telah dipotongi, setelah itu gunting salah satu tutup botol;

4.) Gabungkan kedua botol tersebut dengan memasukkan bagian botol yang masih memiliki tutup ke botol yang sudah digunting bagian tutupnya;

5.) Pasang kayu atau pipa besi pada ujung tutup botol, jahit atau tali bagian kayu yang masuk pada botol agar kuat. Sapu plastik siap dipakai.
  • 2. Kertas Bekas di Sulap Jadi Tempat Menyimpan Buku
Banyaknya tumpukan kertas di rumah anda dapat anda jadikan perhiasan dan hiasan yang bernilai jual. Pembuatannyapun sangat mudah, hanya perlu latihan agar hasilnya menarik minat pembeli. Contoh barang yang dapat anda buat dari kertas bekas adalah tempat menyimpan buku. Dan cara membuatnya adalah:




1.) Siapkan kertas bekas, pita, gunting, alat jahit, lem, dan stapler;

2.) Gunting kertas memanjang;

3.) Anyam kertas yang sudah digunting seperti anyaman tikar, eratkan dengan stapler dan lem;

4.) Bentuk anyaman sehingga membentuk kubus tanpa penutup;

5.) Selipkan pita pada bagian atas anyaman agar terlihat rapi, lalu jahit;

6.) Beri hiasan pita sesuai selera anda. Tempat buku siap untuk dijual.
  • 3. Bohlam Lampu Bekas di Jadikan Lampu Minyak yang Eksotis
Mungkin anda berpikir bahwa bohlam lampu bekas tidak dapat digunakan lagi. Jangan salah, dengan kreatifitas anda bohlam lampu yang di kategorikan sampah dan tidak memiliki harga ini dapat dijadikan sumber penghasilan. Contohnya, dengan menjadikan bohlam lampu bekas sebagai tempat lampu minyak yang bernilai seni tinggi. Mau tahu cara membuatnya? Nah, silahkan disimak:

1.) Siapkan bohlam lampu yang sudah tidak terpakai, tali tampar kecil, papan kayu ukuran 15cmx10cm, lem tembak;

2.) Bersihkan bagian dalam bohlam lampu lalu pasang tali tampar kecil ke bagian ujung bawah lampu hingga masuk ke dalam;

3.) Lekatkan bohlam ke papan kayu dengan lem tembak, atur posisi bohlam sesuai selera anda;

4.) Setelah menempel, masukkan minyak tanah atau minyak aroma terapi ke dalam bohlam;

5.) Bakar bagian ujung tali tampar yang diselipkan di ujung bawah bohlam, bohlam bekaspun siap untuk dijual.
  • 4. Kain Perca Bekas Disulap Menjadi Boneka Lucu


Baju yang sudah tidak dipakai, entah itu karena warnanya sudah pudar, atau kekecilan, atau karena sobek, jika di biarkan di lemari, tentu hanya akan membuat penuh dan sesak sehingga tidak ada ruang untuk menyimpan baju baru anda. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat memanfaatkan baju tak terpakai tersebut untuk di jadikan benda yang bermanfaat bagi masyarakat. Contohnya, dengan menjadikannya sebagai boneka. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk di simak:

1.) Siapkan kain perca, peralatan menjahit, serat nilon;

2.) Bentuk kain sesuai boneka yang akan dibuat, jahit pada bagian dalam;

3.) Setelah terjahit, sisakan lubang untuk memasukkan serat nilon untuk isi boneka;

4.) Jahit bagian lubang, untuk di tutup kembali, baru kemudian beri hiasan pada boneka. Dan taraa... boneka lucu anda siap untuk dijual.

Bagaimana, menarik bukan? Ternyata banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menyulap barang bekas menjadi sesuatu yang lebih bernilai, dan jika anda tekuni, sangat mungkin menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Selamat berkarya.


Emoticon Emoticon