12/01/2017

Langkah Bijak Untuk Mengantisipasi Smartphone Yang Hilang/Dicuri

Siapapun orangnya pasti tidak ada yang ingin menjadi korban pencurian. Termasuk pencurian yang terjadi pada smartphone kesayangan. Namun jika memang sudah naas sedang menimpa, tentunya siapa yang tahu dan mampu menolaknya. Untuk itu guna mengantisipasi hal buruk tersebut, alangkah baiknya jika sebelum hal itu terjadi, anda sudah membentengi smartphone anda dengan maksimal. Lantas bagaimana caranya? 

langkah mencegah dan antisipasi ponsel hilang

Silahkan simak ulasan mengenai tips mencegah smartphone hilang di curi, yang kami bagikan berikut ini.

Langkah-Langkah untuk Mengantisipasi Smartphone yang Hilang

1. Cobalah untuk menggunakan aplikasi Find My Phone

Aplikasi Find my Phone (Temukan Ponselku) bisa Anda gunakan sebagai langkah jaga-jaga jika pada suatu saat smartphone Anda hilang atau dicuri. Jika sebelumnya mungkin GPS dan jaringan koneksi smartphone hanya Anda kenal sebagai fitur yang akan membantu Anda mencari rute tercepat untuk ke tempat-tempat tertentu, atau untuk menemukan hotel saat Anda kemalaman di jalan; maka dengan fitur Find My Phone ini, bisa untuk menunjukkan lokasi keberadaan smartphone Anda atau pun bisa digunakan untuk menghapus memorinya. 

Syarat agar fitur ini bisa aktif (setelah diunduh dan diinstal) adalah bahwa smartphone harus dalam keadaan hidup dan masih menerima sambungan seluler atau Wi-Fi. Selain itu, fitur GPS harus pula diaktifkan agar kita bisa menentukan posisi terakhir smartphone. Pada kasus pencurian, mungkin pencuri akan segera membuang kartu SIM-nya atau malah segera mematikan smartphone Anda. Oleh karena itu segera setelah tahu HP hilang, Anda melakukan pengiriman mengirimkan perintah-perintah (umumnya melalui komputer yang tersambung ke internet) yang bisa mengaktifkan posisi terakhir smartphone Anda. 

2. Sebaiknya amankan layar dengan sandi yang sukar ditembus




Mungkin Anda tak menyadari bahwa langkah pertahanan pertama terhadap pencurian adalah layar smartphone Anda. Fitur Pengunci Layar (screen lock) yang sukar di buka mungkin akan membuat pencurinya sebal dan frustasi. Karena salah-salah kalau terlalu bernafsu membuka smartphone Anda yang terkunci, semua datanya bisa hilang, atau bahkan HP juga akan tidak berfungsi sama sekali. Password pengunci layar yang kuat memang perlu. Oleh karena itu Anda harus inovatif dalam membuat suatu password. 

Password 4 angka sudah mudah ditebak, oleh karena itu gunakan password yang setidaknya mengandung 8 karakter. Bukan hanya angka semua atau huruf semua, namun Anda juga bisa membuat kombinasi antara keduanya, atau bahkan ditambah karakter lain. Sebagai contoh, bini1234 adalah password yang lemah, jika Anda menggantinya menjadi J!uiYi724 akan lebih kuat dan sukar ditembus. 

3. Sebaiknya selalu cadangkan data, foto atau video anda

Apabila sistem dalam smartphone Anda menawarkan cadangan atau backup gratis terhadap setting, foto, video atau data/file, alangkah baiknya jika Anda melakukan hal tersebut, sebagai antisipasi atau tindakan keselamatan apabila suatu saat smartphone anda tiba-tiba di curi orang. Pilihan ini umumnya akan muncul pada saat Anda melakukan penyetelan smartphone untuk pertama kalinya. Pilihlah tempat penyimpanan Anda pada tempat-tempat yang netral semacam Google + (untuk Android), iCloud (Apple), atau OneDrive (untuk Microsoft), sehingga sewaktu-waktu smartphone Anda tercuri maka pemulihan data Anda kembali akan lebih mudah. 

4. Melekatkan catatan kecil pada cassing smartphone

Lekatkan sebuah stiker kecil berisi alamat email atau nomor kantor Anda pada casing belakang smartphone Anda. Jika suatu ketika handphone tersebut hilang, siapa tahu orang yang menemukannya adalah orang baik, yang berinisiatif mengontak Anda melalui email atau nomor tersebut.

5. Catat nomor unik smartphone Anda / IMEI

Setiap smartphone memiliki suatu nomor penanda unik atau sering kita kenal sebagai IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) atau MEID (Mobile Equipment Identifier). Anda bisa mendapati nomor ini pada boks kemasan smartphone Anda, di balik batere, atau pada menu Setelan/Setting smartphone. 

Anda bisa pula melihat nomor ini dengan menekan kode #06#. Pada saat hilang, pihak polisi mungkin akan menanyakan nomor ini sehingga jika di ketemukan mereka bisa mengembalikannya pada Anda. Oleh karena itu, catatlah nomor unik ini sebagai langkah jaga-jaga jika suatu saat smartphone Anda hilang atau di ambil orang.

Nah demikian tips yang bisa kami sampaikan mengenai langkah aman/bijak dalam mengantisipasi smartphone hilang, yang sebaiknya anda terapkan pada smartphone anda sebelum hal buruk terjadi. Semoga bermanfaat...


Emoticon Emoticon