12/01/2017

Tentang Jaringan 4G LTE serta Keunggulan dan Kelemahannya



Jaringan 4G LTE (Long Term Evolution) merupakan teknologi terkini di bidang internet. Jaringan ini merupakan pengembangan dari teknologi jaringan telepon seluler yang sebelumnya hanya sebatas 3G. Kata 4G merupakan istilah dalam bahasa Inggris yaitu Fourth Generation Technology atau dalam bahasa Indonesianya teknologi generasi keempat. Pembuatan jaringan 4G LTE di maksudkan untuk menambah kecepatan data dari generasi-generasi sebelumnya seperti 2G dan 3G.

keunggulan dan lekebihan jaringan 4G lte

Di Indonesia sendiri teknologi 4G LTE sudah mulai banyak di terapkan, terutama di berbagai kota besar. Jaringan 4G yang banyak di pergunakan oleh operator seluler adalah FDD LTE (Frequency Division Duplex), LTE Advanced, dan TDD LTE (Time Division Duplex). Teknologi FDD mampu bekerja di 2 frekuensi yang berbeda secara bersama-sama yaitu FDD LTE 900 MHz dan 1800 MHz, istilah ini dikenal dengan dual carrier yang mana mempunyai kelebihan keseimbangan kecepatan upload dan download, karena keduanya berjalan pada frekuensi yang berbeda. Sementara TTD LTE memiliki kelebihan dalam kecepatan download dan kelemahan pada kecepatan upload. Sedangkan LTE Advanced merupakan pengembangan antara FDD LTE dan LDD LTE.

Nah, berikut ini kami rangkum beberapa kelebihan dan kekurangan jaringan 4G LTE yang sebaiknya anda ketahui. 

Kelebihan Jaringan 4G LTE


1. Kapasitas Jaringan 4G Tinggi

Teknologi yang di tawarkan oleh 4G LTE yaitu kapasitas jaringannya yang berkisar 300 Mbps dan Uplink atau proses penukaran data mencapai 75 Mbps. Koneksi multidevicenya pun memiliki tingkat kecepatan yang terbilang tinggi. Hal ini tentunya bisa memberikan kepuasan tersendiri pada para penggunanya.




2. Menggunakan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing)

OFDM merupakan proses transmisi data yang dilakukan spektrum radio skala besar yang memiliki kecepatan 180 kHz pada setiap perangkatnya.

3. Memenuhi Kebutuhan Pengguna

Kecepatan mendownload yang ditawarkan oleh jaringan 4G LTE ini mencapai 185 Mbps dan kecepatan mengupload data mencapai 41 Mbps. Hal tersebut sangat membantu pengguna dalam mempersingkat waktu dan memudahkan urusan pengguna.

4. Tidak Terjadi Buffering

Buffering merupakan proses loading bila anda menonton suatu video. Dengan penggunaan jaringan 4G LTE, proses buffering saat menonton atau streaming video tidak akan anda temukan lagi.

5. MBSFN (Multicash Broadcast Single Frequency Network) Terdukung

Dengan penggunaan jaringan 4G LTE, MBSFN akan sangat terdukung pengembangaannya. Selain itu mobilitas tinggi juga ikut terdukung.

6. Mudah Memainkan Game

Bagi anda para gamers, penggunaan jaringan 4G LTE tentu memudahkan saat memainkan game online. Hal tersebut terjadi karena multiplayer game tidak akan memiliki hambatan yang berarti.

Kelemahan Jaringan 4G LTE


1. Biaya Infrastruktur yang Mahal

Tentunya, dalam pengembangan jaringan ini di perlukan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan kualitas jaringan. Dan pembangunan infrastruktur tersebut memerlukan biaya yang sangat mahal.

2. LTE memerlukan MIMO (Multiple Input Multiple Output)

Dengan barunya kualitas jaringan maka pembaharuan peralatan pun harus dilakukan. Untuk menggunakan MIMO, penambahan antena tambahan perlu dilakukan untuk mentransmisi data pada pangkalan jaringan.

3. Pembelian Mobile Device

Untuk mendukung teknologi LTE pembelian mobile device baru perlu dilakukan jika terjadi pembaharuan jaringan. Pada device keluaran lama, teknologi LTE tidak dapat digunakan karena masih menggunakan jaringan 3G. Sehingga dengan barunya mobile device, teknologi LTE baru dapat dinikmati oleh pengguna.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai keunggulan dan kelemahan yang dimiliki oleh jaringan 4G LTE. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda.

2 komentar

Dengan membaca artikel anda, pemahaman saya tentang komputerisasi menjadi bertambah.
Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Lembaga Pengembangan Komputerisasi yang bisa anda kunjungi di www.lepkom.gunadarma.ac.id

Terima kasih atas kunjungnnya mbak..semoga bermanfaat


Emoticon Emoticon