06/03/2017

Mengapa sinyal H/3G tapi Internet Lemot ?

Mengapa sinyal H / 3G tapi Internet Lemot ?,- Banyak sekali pengguna smartphone berbagai sistem seperti android, Blackberry, Tizen, maupun Windows Mobile mempunyai masalah dengan koneksi Internet di gadgetnya, Yang seharusnya sinyal 3G/HSPA (HSDPA) mempunyai kecepatan yang tinggi tapi tetap lemot juga. Sebenarnya apa yang terjadi?, apakah ponselnya yang bermasalah atau memang jaringan dari operator selularnya yang bikin HP lemot ?, untuk menjawabnya slahkan simak ulasan DetikInfo tentang jaringan berikut ini.

Seperti halnya di PC yang menggunakan sarana Modem untuk melakukan koneksi internet menggunakan kartu selular, Di smartphone sama juga dilihat dari kinerjanya, Dimana kinerja jaringan internet ditentukan oleh beberapa peripheral seperti hardware, Sistem dan juga penyedia koneksi internet itu sendiri.

mengapa jaringan 3g / h tapi internet lemot ?

Secara Logika dan pengertian sederhana, bila dalam suatu jaringan yang bisa diakses secara umum terbatas layaknya operator selular, maka kepadatan dan jumlah pengguna akses internet di dalam satu jalur akan dibagi. Begitu juga dilihat dari sisi hardware, komponen di dalam ponsel maupun router juga mempengaruhi kinerja sebuah jaringan internet. Lalu, ditilik dari sistem juga bisa menentukan baik tidaknya koneksi internet antara HP/modem dengan penyedia jaringan internet (operator selular).

Penyebab Internet LEMOT di jaringan HSDPA/3G

Terkadang anda merasa bahwa sinyal full dan jaringan sudah tampak pada layar menunjukkan kualitas 3G atau HSDPA yang seharusnya cepat untuk melakukan koneksi internet malah sebaliknya alias lemot, namun ada saatnya ketika anda berada di kota lain ternyata lebih cepat dari tempat tinggal anda hal tersebut sudah menjadi fenomena yang umum karena kualitas dan kepadatan jaringan di suatu wilayah tidak sama.

Di bawah ini adalah beberapa sebab yang bisa menjadikan koneksi Internet di HP anda lemot padahal sudah dalam cakupan 3G / HSPA :




1. Kualitas jaringan

Maksudnya disini adalah kualitas dari penyedia jaringan internet anda, yang dalam hal ini adalah BTS terdekat yang terhubung ke ponsel anda. Kualitas jaringan di setiap daerah tentu akan dibedakan menurut kebutuhan dan cakupan di setiap sektornya, Bila di kota dengan kuantitas dan mobilitas pemakai data internet yang tinggi tidak akan disamakan dengan yang ada di pelosok desa karena menyangkut nilai ekonomis operator selular.

2. Kualitas Sinyal

Sebelum menyalahkan ponsel dan jaringan H yang lemot ketika dipakai internetan, silahkan lihat kualitas signal yang ada di HP anda, karena signal yang lemah sangat berpengaruh pada kecepatan transfer data internet.

3. Kepadatan Pengguna

Hal yang satu ini yang jarang diketahui oleh pengguna internet smartphone, dimana dalam satu antena BTS akan ada sistem yang secara otomatis mendeteksi berapa jumlah pengguna dalam satu area dan bagaimana harus membagi bandwidth internet agar sama rata. jadi bila anda merasa internetan lemot padahal kualitas jaringan H dan sinyal full bisa jadi pengguna kartu selular yang sama di dalam satu area tempat anda sangat padat penggunanya.

4. Masalah hardware

Ketika anda sudah mencoba berpindah dari suatu tempat ke tempat lain dan mendapati masalah jaringan internet yang lemot walau sudah signal H bisa jadi komponen atau hardware yang berkaitan dengan jaringan di ponsel anda mengalami masalah

5. Masalah Operating System

Sudah umum terjadi bila masalah sistem di perangkat selular menjadi penyebab utama lemotnya jaringan Internet, Biasanya dengan melakukan reset ulang atau bahkan melakukan flashing ulang bisa menjadi solusi agar internet kembali normal dan ngebut

6. Banyak aplikasi yang Running


Banyaknya aplikasi yang berjalan di ponsel anda juga bisa menjadi masalah terhadap kualitas dan kecepatan internet, apalagi setiap aplikasi yang tidak ditutup dengan sempurna juga menggunakan data internet di balik background tanpa anda ketahui, sebagai contoh anda sering menjalankan facebook, line, instagram, whatsaapp, google Plus, BBM dan aplikasi lain yang semuanya membutuhkan koneksi internet seccara realtime walau tidak anda gunakan, hal tersebut bisa membebani jaringan di ponsel anda dan efeknya koneksi terasa lambat atau lemot padahal konelsinya normal dan data internet dibagi ke berbagai aplikasi tersebut.

Dari beberapa sebab yang Admin sebutkan diatas bisa terjadi berlainan antara satu pengguna ponsel dengan pemilik ponsel lainnya. Semoga info dan ulasan tentang penyebab jaringan internet lemot padahal sinyal H diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon