25/03/2017

Mengatasi WiFi-id di Laptop Tidak bisa Terhubung



Mengatasi WiFi-id di Laptop Tidak bisa Terhubung - Pada artikel Sebelumnya Admin pernah membahas tentang cara menyambungkan WiFi-id di Laptop dengan voucher gesek yang bersistem Windows, Namun terkadang tidak semua pengguna PC Jinjing maupun Desktop bisa secara mudah terhubung ke jaringan WiFi-Id walau kenyataannya di notifikasi koneksi WiFi layar Laptop sudah bertanda 'terhubung' atau 'Connected' tapi tidak dapat masuk ke login page telkom WiFi-id di browser. Sebenarnya apa yang terjadi ketika tanda jaringan Wifi sudah terhubung namun tidak bisa digunakan ?, Nah, disini Admin Detik Info akan memberikan tipsnya untuk pembaca setia.

cara mengatasi sambungan wifi id laptop gagal

Seperti diketahui bahwa layanan jaringan Hotspot WiFi-Id merupakan produk dari Telkom Indonesia, dimana pengguna yang memiliki perangkat penangkap jaringan tanpa kabel WiFi entah itu dari perangkat Komputer, Modem atau router atau bahkan smartphone sudha bisa dengan leluasa menemukan beberapa titik jaringan WiFi-Id. Mungkin karena pihak Telkom merupakan Penyedia layanan terbesar di Indonesia saat ini dan mempunyai sumberdaya yang besar pula maka tidaklah sulit untuk membangun beberapa titik Hotspot WiFi-Id sampai ke pelosok pedesaan sekalipun.

Anda bisa dengan mudah menemunak titik hotspot WiFi-Id dimanapun berada di tanah air ini asal ada jaringan Telkom di situ, bahkan pintarnya pihak Penyedia dalam mencakup coverage yang luas di beberapa titik maka di setiap Router Rumahan yang berlangganan Speedy umumnya sudah 'ditumpangi' jaringan WiFi-Id yang bisa digunakan oleh tetangga sekitar orang yang berlangganan tersebut asal tercakup signal dari Router.

WiFi-Id juga bisa dengan mudah digunakan oleh konsumen dengan sistem prabayar berupa kartu voucher gesek yang berisi berbagai nominal pembelian dengan limit akses harian, mingguan bahkan bulanan sekalipun. Namun sayang, dibalik kemudahan mendapat jaringan WiFi-Id di beberapa tempat tidak disertai Dokumentasi permasalahan konsumen yang banyak mengeluhkan tidak dapat terhubungnya Laptop atau smartphone mereka sehingga gagal untuk difungsikan sebagai media sambungan data Internet.

Kembali ke topik permasalahan diatas, Ketika anda mengalami masalah tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi-Id padahal sudah melakukan konek di fasilitas WiFi Laptop (komputer) maka ada beberpaa penyebab yang bisa saja terjadi, Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya ?





1. Masalah jaringan

Permasalahan pertama bisa karena ada error di jaringan, bisa dari Router Hotspot WiFi-Id atau bahkan dari perangkat WiFi di laptop.

cara mengatasi permasalahan ini :

-coba pertama kali pastikan WiFi di Laptop masih normal, bila terhubung dengan hotspot lain masih bisa maka sudah pasti perangkat komputer anda tidak bermasalah.

-Kemudian setelah memastikan perangkat penagkap Wifi (laptop) normal coba tanyakan ke teman anda yang berdekatan apakah dia bisa terhubung ke WiFi-Id dari perangkatnya atau tidak, bila ternyata semua bisa terhubung silahkan matikan WiFi di laptop dan nyalakan kembal

-Setelah menyalakan ulang Wifi di Laptop ternyata masih saja tidak dapat terhubung walau sudah anda tanda 'connected' di layar serta untuk membuka sebuah alamat di browser tidak dapat dilakukan silahkan coba restart Laptop anda untuk membuat sistem menjadi fresh.

- Apabila setelah restart Komputer juga tidak mengatasi masalah silahkan disconnect WiFi dan selanjutya buka browser yang anda gunakan untuk login WiFi-Id nantinya, lakukan pembersihan history di Browser mulai dari cache, cookies, dan riwayat penelusuran. Setelah itu nyalakan kembali koneksi WiFi di Laptop dan coba buka salah satu situs (terserah anda), Umumnya dengan cara ini anda sudah bis aterhubung dan akan ada halaman login page dari WiFi-id

2. Masalah Sistem





Ketika cara diatas seperti menonaktifkan dan mengaktifkan kembali koneksi WiFi di laptop sudh dilakukan, kemudian membersihkan file sampah di browser juga sudah, lalu memastikan beberapa orang disekitar juga bisa terhubung ke hotspot WiFi-Id dan hanya laptop anda saja yang selalu gagal masuk ke login Page produk telkom tersebut maka bisa saja terjadi error pada sistem operasi komputer.

Tapi, bila hanya jaringan punya WiFi-Id saja yang tidak dapat terhubung maka sistem memang masih bagus, cara paling mudah memastikan kesemua problem tersebut adalah coba lakukan koneksi terhadap WiFi-Id di tempat lain, bila memang bisa maka memang Router atau jaringan penyedia di tempat anda gagal tadi tidak mensupport modul WiFi maupun autentifikasi jaringan dari perangkat jinjing anda.

Semoga tips singkat tentang cara mengatasi jaringan WiFi-id di laptop tidak terhubung diatas bisa bermanfaat untuk pembaca Detikinfo semua, terima kasih.


Emoticon Emoticon