02/04/2017

Apa arti PopUp di HP android ?

Apa itu PopUp di HP android ?, Pembaca DetikInfo pasti sering mendengar kata-kata Popup di beberapa tutorial bahkan di berbagai opsi menu di perangkatnya. Mungkin banyak diantara pemilik ponsel android yang belum tahu apa itu popup dan apa sebenarnya kegunaannya. Nah, disinilah sobat detikinfo bisa mendapatkan informasi terkait popup di ponsel android, yuk simak ulasannya di bawah ini.

apa sih popup itu

Kata Popup sebenarnya sudah biasa digunakan dalam istilah di berbagai sistem operasi sebelum android ada yaitu di PC. Dimana Popup merupakan tampilan mengambang dimana letaknya berada di atas tampilan utama yang sedang aktif. Bila halaman atau tampilan Popup telah nampak biasanya halaman yang aktif tersebut akan secara otomatis didisable oleh program sehingga halaman tersebut terlihat samar-samar.

Popup sendiri berfungsi layaknya sebuah notifikasi atau pemberitahuan dan bahkan dibuat untuk melakukan activity tertentu yang harus dipilih oleh user. Dengan popup pula sebuah aplikasi tidak perlu membubuhkan banyak menu untuk diexplore oleh penggunanya.

Mungkin anda pernah melihat adanya notifikasi masuk di layar ketika ponsel sedang terkunci, notifikasi berupa ringkasan pesan itulah yang dinamakan popup, dimana fungsinya bisa tergantung dari perintah yang sudah diatur dalam aplikasi itu sendiri.








Dalam aktifitasnya, sebuah Popup bisa saja menjalankan sebuah peringatan atau juga bisa juga merupakan child menu dari sebuah opsi. Jadi tidak tentu adanya Popup itu hanya berupa notifikasi, bahkan untuk menghemat adanya pilihan opsi di suatu aplikasi maka halaman berupa Popup biasa digunakan oleh si pembuat aplikasi atau developer OS untuk menyampaikan informasi terkait menu yang telah dipilih.

Apa kegunaan Popup di smartphone

Fungsi PopUp sendiri bisa beraneka macam seperti penjelasan singkat diatas, dan untuk mengetahui beberapa fungsi mengapa Popup harus ada di smartphone silahkan simak penjelasannya di bawah ini:

1. Popup sebagai Notifikasi

cantoh popup di android
contoh popup di android

Seperti penjelasan di atas, umumnya dibuatnya script popup dibuat untuk menampilkan notifikasi atau papan peringatan khusus yang mengambang di layar agar pengguna melakukan suatu aksi seperti memilih, mencentang, atau bahkan hanya melihat info di layar tersebut.

2. Popup untuk Child Menu

adanya halaman Popup yang muncul menutupi halaman aktif yang ada juga biasa digunakan sebagai pilihan suatu opsi tertentu. Suatu contoh, anda masuk ke dalam pengaturan android dan memilih opsi jaringan, disana akan tampak pilihan yang menutupi layar aktif dimana anda harus memilih salah satu opsi yang diinginkan seperti pilih 2G, 3G atau bahkan memilih Automatic, itu sebagai contoh saja.

3. Sebagai alat promosi

untuk tipe Popup ini biasanya muncul pada sebuah aplikasi atau ketika anda sedang membuka suatu halaman situs tertentu, yang mana secara tidak sadar si pengguna smartphone tidak menyadari kapan halaman popup tersebut muncul. Hal ini dikarenakan adanya script khusus yang memang sengaja dipasang oleh si pembuat aplikasi atau pemilik situs agar tampilan tersebut bisa dibaca bahkan memaksa si pengguna ponsel untuk melakukan aksi terhadap pesan yang tampil menutupi halaman yang sedang terbuka.

4. Sebagai alert Sistem

Popup juga berfungsi menunjukkan ke pemilik ponsel ketika ada sistem yang bermasalah, suatu contoh ketika ada crash aplikasi atau program yang tidak bisa berjalan secara normal maka seringkali muncul halaman Popup untuk memberitahu kalau aplikasi sedang berhenti atau peringatan lainnya.

Nah, sudah tahu kan apa arti Popup di smartphone ?, semoga ulasan dan info dari admin diatas bermanfaat untuk pembaca semua.


Emoticon Emoticon