29/05/2017

Apa beda sertifikat Tahan Air IP67 dan IP68 pada Smartphone?

Apa sebenarnya beda antara sertifikat Tahan Air IP67 dan IP68 pada Smartphone?, Kali ini admin akan membahas tentang sertifikat 1P67 dan IP68 anti debu serta tahan air (Antidust dan waterproof) yang saat ini sering kta lihat di ponsel-ponsel premium, dimana para para pengguna akan merasa lebih nyaman ketika gadget-nya suatu saat terkena air atau bahkan terendam dalam air tidak akan merusak komponen di dalamnya. Pertanyaannya, Tahukah anda apa itu sertifikat IP67 dan IP68?

apa sebenarnya beda antara IP67 DAN IP68 anti air di ponsel ?

Pengertian IP (International Protection)


IP disini bukan berarti Internet Protocol namun kepanjangan dari International Protection, dimana ada beberapa tingkatan kode proteksi yang menandakan tingkat proteksi dari perangkat selular yang bersangkutan, semakin tinggi nilainya maka semakin bagus pula standar proteksi yang diperoleh oleh masing-masing perangkat.

Sepeti halnya pada smartphone Apple (iPhone 7), Samsung Galaxy S8, LG G6, Sony Xperia XZ premium dan sejenisnya banyak menyertakan jenis sertifikat IP67 serta IP68, Penggunanya biasanya hanya tahu kalau ada label proteksi seperti itu maka hanya diartikan anti air serta anti debu saja tanpa mengetahui batasan di setiap proteksi yang distandarkan, seperti berapa kedalaman air dari batas maksimalnya dan apa dampak bila melebihi jarak kedalaman air yang diperbolehkan. Maka dari itu banyak sekali komplain berdatangan ketika para penggunanya sudah mulai merasakan adanya kerusakan di bagian komponen karena tidak tahu nilai jarak maksimum yang diperbolehkan ketika ponsel masuk ke dalam air.

Mari kita pelajari apa arti dibalik deretan kode proteksi yang tertera seperti contoh diatas. Di bawah ini ada tabel mengenai tingkatan International Protection yang distandart-kan untuk smartphone, slahkan disimak.

Setelah kita tahu deretan data tabel proteksi ponsel diatas, sekarang kita pelajari bagamana cara pembacaannya dan mengartikannya. Contoh, bila ponsel anda mempunyai proteksi waterproof dan anti-dust berstandar IP67 atau IP68 artinya sebagai berikut:

KODE IP (International Protection)
0 Tidak ada proteksi
1 Perlindungan terhadap air yang menetes secara vertikal selama 10 menit
2 Perlindungan terhadap air yang menetes secara vertikal saat perangkat dimiringkan dengan sudut 15 hingga 10 menit (hujan ringan)
3 Proteksi terhadap semprotan air secara langsung padda perangkat saat dimiringkan dengan sudut 60 derajat selama 5 menit (hujan dan semprotan air)
4 Perlindungan terhadap semprotan dan percikan air dari segala arah perangkat ponsel selama 5 menit ( hujan, semprotan dan percikan)
5 Proteksi dari tekanan air yang rendah yang diproyeksikan dari nozzel dengan bukaan diameter 6.3mm ke arah mana saja di bodi ponsel selama 3 menit berjarak 3 meter
6 Proteksi dari air yang diproyeksikan oleh nozzel atau tekanan dengan bukaan 12.5mm ke aram manapun bodi ponsel selama 3 menit ataupun tetesan aor hujan berjarak 3 meter
7 Terlindungi dari proses rendaman air hingga kedalaman 1 meter atau 3.3 kaki sampai batas 30 menit atau juga 30 menit dalam kondisi terpapar Hujan
8 terlindungi dari rendaman air lebih dari 1 meter (namun disini produsen dihaurskan menentukan kedalaman yang tepat)





Proteksi Sertifikat IP67

Disana ada 3 cara pembacaan kode, dimana IP merupakan singkatan dari International Protection, lalu angka 6 berarti bahwa ponsel lulus sertifikat anti Air (waterproof) dari segi tekanan atau semprotan yang didapatkan (pressure), Tekanan air yang diperbolehkan mengenai ponsel yaitu selama tiga menit dari arah manapun dan jarak tekanan air seperti air hujan maksimum 3 meter. Jadi tekanan air yang mengenai ponsel yang melebihi semprotan yang diijinkan akan merusak dan masuk ke dalam komponen yang berakibat rusaknya perangkat.

Lalu pada kode ketiga yaitu angka 7 berarti ponsel bisa menahan rendaman air sampai kedalaman maksimal 1 meter atau 3.3 kaki sampai batas waktu 30 menit.

Jadi bila ponsel anda bersertifikat IP67 maka secara sederhana bisa diartikan bisa dipakai berhujan-hujan dan direndam ke dalam air dengan batasan sampai maksimal 1 meter dari permukaan air saja, selebihnya akan berbahaya bagi ponsel itu sendiri.

Proteksi Sertifikat IP68

Untuk jenis proteksi anti air ponsel yang mempunyai kode IP68 maka pembacaannya adalah angka 6 diartikan sama seperti yang saya jelaskan di IP67 diatas, kemudian di angka 8 berarti ponsel bisa menahan rendaman lebih dari 1 meter.

Namun dari semua sertifikat Water Resistant yang di standarkan diatas sebenarnya badan standar internasional telah memberikan warning, dimana proses percobaan untuk standarisasi diatas dilakukan padda saat ponsel dalam kondisi stand-by, jadi tidak ada aktifitas apapun terhadap ponsel yang sedang diuji.

Belum adanya standarisasi terbuka yang dikemukakan oleh pihak produsen terhadap nilai proteksi di ponsel besutannya seakan bisa menjadikan salah paham yang fatal untuk end user. Dimana nantinya setiap pengguna akan mengasumsikan kalau poonsel yang sudah bersertifikat seperti IP67 dan IP68 bisa digunakan seenaknya misal sambil berenang dan untuk aktifitas selfie dalam air yang akhirnya air masuk ke dalam sela-sela tombol yang tertekan oleh aktifitas shutter kamera.

Jadi walaupun smartphone anda sudah mempunyai sertifikat waterproof serta anti-dust yang berstandart IP67 serta IP68 sebaiknya berhati-hati memperlakukan ponsel ketika bersentuhan dengan air, bahkan badan sertifikasi International sendiri tidak bertanggung jawab dengan sertifikasi yang diberikan karena memang untuk percobaan ponsel dalam kondisi stand-by dan tidak digunakan untuk beraktifitas, jadi aman-aman saja bila terkena air.

Semoga informasi mengenai arti standar proteksi anti air IP67 dan IP68 diatas bisa bermanfaat bagi pembaca DetikInfo.


Emoticon Emoticon