27/07/2017

Cara menelusuri Google dengan Tulisan Tangan di Browser Android

Google sebagai mesin pencari terpopuler saat ini memang selalu mengeluarkan berbagai fitur canggih untuk memanjakan penggunanya dalam menyusuri setiap kata kunci yang ada dan salah satu fitur yang ditawarkan di antarmuka halaman pencarian di smartphone android adalah mode tulisan tangan alias handwriting. Nah kali ini admin DetikInfo akan mengulas tentang bab yang satu ini, yaitu cara mensetting penelusuran dengan mode tulisan tangan di smartphone android.

Cara menelusuri Google dengan Tulisan Tangan di Browser Android

Pada settingan default-nya setiap kali anda mengakses mesin pencari google melalui aplikasi browser, entah itu memakai peramban chrome, opera, firefox maupun browser asli bawaan android umumnya fitur handwriting atau tulisan tangan tidak akan aktif dan mengharuskan penggunanya untuk melakukan input penelusuran dengan mode ketik.

Karena setiak kali kita disuguhi dengan metode mengetik via keyboard di layar smartphone tentunya menjadi terbiasa dan sudah tidak asing lagi, yang awam terhadap mesin pencaripun dengan mudah melakukannya. Namun untuk fitur menulis dengan metode drawing yaitu dengan menulis huruf ataupun simbol di layar dengan ujung jari pastinya akan sangat menyulitkan pengguna karena belum terbiasa.

Bila anda sudah terbiasa melakukan metode handwriting di layar smartphone dengan adanya fitur gesture tentu sudah tidak kikuk dengan cara penggunaannya. Intinya seakin anda terbiasa dengan suatu metode input tulisan maka hal tersebut menjadi ciri khas kebiasaan anda setiap kali memanfaatkan kecanggihan yang ada di smartphone.

Kembali ke topik diatas, Bila anda ingin sekali mencoba menelusuri mesin pencari tanpa proses mengetik di layar bisa mencoba menggunakan metode Handwriting (tulisan tangan), selain mencoba fitur canggih dari sebuah smartphone dalam melakukan input tulisan pengganti keyboard tentunya anda akan merasa percaya diri beda dengan teman lainnya..hehe

Silahkan simak tips untuk bisa mengaktifkan metode tulisan tangan di mesin pencari google dnegan antarmuka peramban (browser) chrome, opera, safari, firefox dan lain sebagainya. Disini admin mencontohkan menggunakan browser chrome, dimana browser yang satu ini sangat kompatible dengan berbagai perangkat dan dari sisi keamanan sudah admin acungi jempol lima..hehe, yuk disimak.




1. Silahkan buka browser dan masuk ke situs mesin pencari google.com

2. Setelah halaman sudah terbuka silahkan lihat di halaman bawah cari opsi 'setelan penelusuran' atau 'search settings'

setelan penelusuran dengan metode tulisan tangan

3. kemudian pada opsi 'tulisan tangan' / 'handwrite' silahkan pilih 'enable'/'aktifkan' lalu klik tombol save agar pengaturan tersimpan

4. Setelah hal tersebut dilakukan silahkan refresh atau muat ulang halaman mesin pencari, nantinya akan ada ikon 'g' di layar bagian bawah

handwriting di seaarch engine

5. Cara penggunaannya mudah sekali, anda bisa menulis dengan jari di area layar mana saja, contohnya anda menulis dengan jari huruf 'C' maka secara otomatis huruf tersebut akan masuk ke kotak input yang bisa anda gunakan untuk mengetik melalui keyboard. Untuk mengulis spasi bisa menekan tombol space yang ada di layar dan untuk menghapusnya juga bisa menekan tombol backspace yang ada, cukup mudah.

Untuk fitur tulisan tangan di google search tersebut tidak memerlukan spesifikasi khusus seperti gesture, semua perangkat android bisa menggunakannya asal sudah versi 2.3 keatas. Admin yakin saat ini sudah jarang pengguna smartphone android yang masih menggunakan versi android 2.3..hehe

Bila anda ingin menonaktifkan fitur handwriting bisa melakukan langkah sebaliknya dengan terlebih dahulu masuk ke opsi pengaturan penelusuran seperti yang admin jelaskan diatas, Semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon