11/09/2017

Android One itu apa dan bagaimana kelebihannya ?

Pembaca DetikInfo mungkin pernah mendengar atau membaca tentang Android One, namun apa sih Android One itu dan bagaimana pula kelebihan yang dimilikinya?. mengapa pula produk ini menjadi populer dari segi harga yang murah namun spesifikasinya bisa dibilang tinggi?, untuk menjawab semua pertanyaan itu silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Android One itu apa dan bagaimana kelebihannya ?

Tidak semua orang saat ini mengenal yang namanya android One, pengguna android tahunya ya nama android saja dan bila beli smartphone bilangnya juga 'android'tanpa perlu repot untuk membedakan apa itu android one dengan smartphone bersistem logo robot ijo lainnya.

Sekilas apa itu Android One, yaitu sebuah proyek yang dimiliki oleh pihak google untuk menciptakan sebuah ponsel pintar dengan harga terjangkau bagi masyarakat dan berspesifikasi bagus.

Google tidak sendirian dalam menciptakan produknya, Dia menggandeng beberapa vendor smartphone kenamaan dan juga vendor lokal seperti Evercoss, Nexian dan juga Mito.

Apa itu Android One ?

Produk google One memiliki spesifikasi hardware kelas entry level dan seperti diketahui bahwa google juga menggandeng Xiaomi untuk menciptakan ponsel menengah keatas dengan spek hardware yang tinggi pula.

Untuk saat ini saja, Android One dari Xiaomi Mi A1 merupakan proyek smartphone dengan spesifikasi hardware yang paling tinggi untuk saat ini dan pihak google juga menjanjikan untuk selalu memberikan update sistem operasi ke dalam versi terbaru di produk tersebut.

Kembali lagi mengenai Android One, Perlu diketahui bahwa android yang paling murni yang ada di smartphone ada pada android One, yang mana tanpa ada sentuhan User Interface dari pihak lain.

Baca Juga





User interface di setiap tombol dan menu yang dimiliki Android One asli mencirikan android sepenuhnya. Jadi bila anda mempunyai android dengan tipe tertentu dari vendor tertentu yang bukan produk android One biasanya launchernya sudah simodifikasi sedemikian rupa oleh pembuat smartphone untuk mencirikan produknya.

Produk google sendiri sebenarnya bukan hanya Android One, ada juga yang namanya Nexus, pernah kan dengar tipe ponsel Nexus?, dimana saat ini namanya menjadi Pixel dan harganya memang lebih mahal dari versi Android One karena masuk dalam kategori smartphone flagship dan fiturnya yang super canggih.

Kelebihan Android One

Beberapa stok ROM atau firmware yang ditanam di setiap produk android seperti admin sebutkan diatas akan 'dipoles' dengan sentuhan vendor yang menciptakannya, Sebut saja Samsung TouchWiz, ColorOS OPPO, MIUI Xiaomi dan juga ZenUI milik ASUS yang mana semuanya mempunyai tampilan berbeda dengan sentuhan nuansa tema berbeda namun tetap dalam satu platform yaitu Android.

Kalau android One anda akan menemukan 'rasa' android yang sebenarnya, semua menu dan tampilan yang sederhana mencirikan android sebenarnya dan tentu saja efeknya ringan untuk dijalankan dan tidak memberatkan sistem. Begitu juga tidak adanya Bloatware alias aplikasi bawaan pabrik yang disertakan di sistem akan semakin disukai penggunanya.

Seseorang akan suka dengan AndroidOne biasanya karena sederhana dan tidak terlalu banyak fitur bawaan vendor smartphone yang membebani kinerja hardware, jadi intinya bila anda ingin ponsel dengan fitur android murni maka pilihan pada produk android One sangatlah tepat.


Emoticon Emoticon