30/09/2017

Mengatasi SIM Card HP Android Error tidak Terbaca

DetikInfo.com - Bagaimana cara mengatasi Error SIM Card HP Android yang tidak Terdeteksi?, Kali ini admin akan mengulas tentang permasalahan klasik yang selalu muncul di perangkat Smartphone dan salah satunya adalah tidak terbacanya kartu selular (Sim Card). Untuk itu admin akan membahas secara Umum permasalahan kartu SIM Selular di Android, entah itu sim Card Error di Samsung, Sim Card Tidak terbaca di ASUS, Error di HP OPPO, Xiaomi, Lenovo atau beberapa tipe ponsel lain bisa menyimak tips yang akan admin bagikan di artikel kali ini.

simcard selular HP error

Permasalahan SIM Card tidak terbaca bisa terjadi bukan hanya kesalahan sistem android saja, melainkan ada beberapa sebab terjadinya Kartu selular yang tidak terdeteksi ketika ditancapkan di Ponsel android apapun itu merek dan tipenya.

Sebenarnya bukan hanya persoalan android saja, Ponsel dengan iOS seperti Produk Apple atau bahkan ponsel jadul sekalipun bisa mengalami hal yang sama yaitu tidak terbacanya SIM Card ketika ponsel dinyalakan walaupun sudah dipastikan cara pemasangannya tidak terbalik dan menurutnya benar.

Apa Saja penyebab SIM Card Error ?

Baca Juga


- SIM Card tidak terpasang dengan Benar, walaupun sudah berulangkali pengguna ponsel berkutat dengan yang namanya kartu selular terkadang karena hal sepele ceroboh tidak memastikan apakah dudukan kartu SIM benar atau tidak.

Bisa saja kartu melenceng sedikit saja sudah tidak bisa terdeteksi, jadi pastikan dengan benar letak SIM Card, lakukan dengan presisi karena 6 Konektor sebagai dudukan kartu SIM harus menempel dengan sempurna pada lempengan kuningan serta tidak boleh melenceng sedikitpun.

- SIM Card Sering Dikeluar masukkan, ini terkadang yang luput dari perhatian pengguna Ponsel, dimana seringkali kartu selular tidak diperhatikan keamanannya dan seringkali dikeluarkan dengan sembrono dan cenderung sedikit kasar ketika mengeluarkan dari slotnya.



Ketika anda mengeluarkan kartu selular dari slotnya maka yang terjadi adalah adanya gesekan antara kepingan kuningan dan kaki-kaki slot SIM Card. Bila dilakukan terus menerus dan terlalu sering bisa mengalami kerusakan pada jalurnya.

Bisa juga ketika anda mengeluarkan SIM Card dengan tergesa-gesa sehingga secara tidak sadar menekuk kartu ketika menggesernya keluar. Ingat! di dalam kartu Selular yang terlihat tipis dan kecil tersebut terdapat chip elektronik yang rawan terhadap lengkungan dan tekanan, jadi berhati-hatilah ketika mengeluarkan kartu SIM dari slotnya jangan sampai tertekuk atau sengaja memencet-mencetnya di bagian kunektor kuningan.

- SIM Card Overheat (Kepanasan), Seiring kinerja smartphone yang tiada henti oleh penggunanya bisa menyebabkan chip di dalam Kartu selular rusak. Memang jarang terjadi kartu selular rusak karena terlalu panas karena pabrikan smartphone tentunya sudah sedemikian rupa melakukan penempatan slot Kartu yang jauh dari komponen yang rentan panas. Namun demikian dalam kondisi tertentu pengguna Ponsellah yang menjadi penyebab terjadinya overheat SIM Card dengan melakukan aktifitas berat di sistem ponsel seperti bermain game tidak kenal waktu, nonton video Online terus menerus dna lain sebagainya yang berakibat panasnya beberapa komponen seperti Prosesor, RAM , GPU dan beberapa perangkat lainnya dan akhirnya suhu dalam ruangan ponsel yang tertutup rapat bisa meningkat secara drastis dan berimbas ke Kartu selular.

Mengatasi Kartu SIM Selular Tidak terbaca

Setelah mengetahui beberapa penyebab SIM Card tidak terdeteksi, tidak tebaca, bahkan selalu error ketika digunakan silahkan simak tipsnya di bawah ini :

1. Bersihkan Slot SIM Card

Baca Juga


Hal pertama yang harus dipastikan untuk mengetahui penyebab SIM Card tidak terbaca di HP adalah melihat kondisi dudukan kartu. Lihat apakah kaki-kaki konektor masih utuh atau ada yang menekuk terlalu kedalam, bila iya silahkan sejajarkan konektornya dengan cara 'dicukil dengan jarum sampai sejajar dengan kaki lainnya. Jangan lupa membersihkan ke-enam kaki slot Kartu SIM agar tidak menghalangi sifat konduktor ketika menyentuh lempengan kuningan SIM Card.

2. Reboot / Restart Smartphone


Ketika permasalahan tidak terdeteksinya kartu selular hanya sekali atau tidak terlalu sering silahkan matikan ponsel dan nyalakan ulang.

Bila ponsel terasa panas, silahkan matikan untuk sementara dan tunggu sampai HP terasa dingin, setelah itu coba nyalakan ulang.

Sembari mengunggu ponsel suhunya menurun, silahkan cek posisi kartu, keluarkan dan masukkan lagi, setelah itu coba nyalakan ponsel.

Bila tips ini tidak mempan, lakukan langkah berikutnya di bawah ini.

3. Coba Pasang Kartu SIM Lainnya

Cara paling mudah ketika anda sering mengalami smartphone yang tidak mendeteksi adanya SIM Card yang sudah terpasang di slotnya dan sudah benar cara memasangnya maka lakukan test dengan kartu lain di Slot SIM Card yang sama.

Bila ternyata cara tersebut Bisa mendeteksi kartu maka 'tersangka' ada pada kartu anda. Namun bila memang sudah pinjam kartunya teman dan mencobnya ternyata tidak juga terdeteksi maka sistem ataupun hardware bisa menjadi biang permasalahannya.

4. Lakukan Factory / Recovery Reset

Factory / Recovery Reset android

Bila cara diatas sudah dilakukan dan tidak bisa mengatasi masalah, coba lakukan recovery reset terhadap smartphone. Terjadinya kartu SIM selular tidak terdeteksi bisa juga karena Sistem yang trouble sehingga diperlukan recovery file system agar bisa kembali berjalan normal.

5. Bawa Ke Service center

Cara terakhir bilamana dengan metode recovery bahkan flashing firmware sudah dilakukan namun tidak juga terdeteksi pembacaan SIM Card silahkan bawa ke tukang service atau service center terdekat. Kemungkinan besar ada kerusakan Perangkat Keras (Hardware) yang perlu perbaikan.

Dengan mengikuti alur cara mengatasi kartu SIM Selular Smartphone tidak terdeteksi diatas semoga bisa menjadi solusi para pembaca DetikInfo, Terima Kasih.


Emoticon Emoticon