25/10/2017

Cara Melihat Resolusi dan Ukuran File Foto di HP Android

DetikInfo.com - Cara mudah melihat Ukuran File Foto dan Resolusinya di HP Android. Saat ini smartphone android sudah bisa dibilang sangat powerfull untuk melakukan pengambilan gambar serta video. Resolusi kamera yang tinggi tentunya akan sebanding lurus dengan harganya yang lebih mahal selain beberapa kriteria lain seperti kecepatan prosesor, Besar RAM, Kapasitas Baterai dan lain sebagainya.

Cara Melihat Resolusi dan Ukuran File Foto di HP Android

Bicara mengenai Ukuran File dari sebuah image atau Foto, semakin besar ukuran file maka semakin tinggi pula resolusinya. Tahukah anda apa itu resolusi foto/image?, Mungkin sebagian sobat Dunia Android belum tahu pengertian Resolusi dan apa hubungannya dengan ukuran file foto atau gambar, Disini admin akan membahasnya secara singkat, padat dan admin yakin mudah untuk dimengerti...hehe

Pengertian Resolusi Foto

Resolusi gambar atau image secara mudah dipahami yaitu kepadatan warna yang membangun sebuah image, dimana sebuah gambar terdiri dari beberapa pixel warna yang tertata sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah image yang bisa dilihat dan diterjemahkan oleh mata.

Baca Juga


Lebih sederhana lagi, admin contohkan ada sebuah gambar foto dan bila diperbesar sepersekian kalinya maka yang tampak adalah kotak-kotak kecil berwarna, itulah yang dinamakan pixel. Semakin banyak pixel yang membangun sebuah gambar maka semakin bagus pula kualitas dan warna image yang dihasilkan. Sama seperti halnya pada smartphone, bila anda membeli HP dengan kualitas kamera yang mempunyai Jumlah Pixel yang besar tentunya semakin bagus pula hasil jepretannya.

Demikian juga Dimensi antara Lebar dan panjang Image juga berpengaruh besar untuk resolusi yang didapat. Umpama anda mempunyai foto dengan dimensi 800x1200 dengan foto satunya yang berdimensi 500x800 dengan resolusi sama semisal 8 MP maka bisa dipastikan kualitas foto lebih bagus yang berdimensi 500x800 dnegan 8MP daripada yang berdimensi besar. Jadi intinya, Resolusi itu dibangun pada dimensi lebar dan panjang sebuah file image dan didalamnya tertata Pixel-pixel yang membangun sebuah warna.

Cara melihat ukuran File dan Resolusi Foto di HP Android



Setelah mengetahui apa itu resolusi, sekarang kita fokus pada topik utama yaitu cara mengetahui ukuran Resolusi dan berapa besar file foto di Galeri android.

Di semua type ponsel android, apapun itu merek dan versinya admin yakin ada opsi untuk melihat rincian sebuah file image ataupun video yang terlihat di galeri HP Android. Dna untuk tutorial kali ini admin menggunakan contoh dari HP Samsung Galaxy untuk screenshotnya, untuk tipe lain bisa menyesuaikan tata letaknya (hampir mirip kok..hehe)

1. Buka galeri dan cari file foto mana yang ingin anda lihat rincian resolusi serta besarnya file

2. Setelah ketemu, buka file foto dan lihatlah di pojok layar ada ikon tanda titik 3 untuk melihat menu dari file foto tersebut. Pilih opsi 'Rincian'

cara lihat resolusi image dan ukuran file foto di android

3. Di halaman yang terbuka akan terlihat rincian dari file foto, yaitu berupa Tanggal pengambilan gambar, Resolusi, ukuran file, Letak penyimpanan apakah di memori internal atau eksternal, lokasi tag foto (lokasi pengambilan foto) dan lain sebagainya. (Lihat contoh gambar)

Nah, mudah sekali bukan cara melihat resolusi dan ukuran file foto di galeri Android?, semoga tips admin diatas bermanfaat untuk pembaca DetikInfo semuanya. Jangan sungkan untuk bertanya bila ada kesulitan tentang problem android via kolom komentar di bawah artikel ini, terima kasih.


Emoticon Emoticon