08/03/2016

Kota di Jawa timur Tempat Melihat Gerhana Matahari tanggal 9

Kota di Jawa timur Tempat Melihat Gerhana Matahari tanggal 9

Indonesia merupakan tempat terbaik melihat fenomena Gerhana Matahari atau solar Eclipse tanggal 9 Maret 2016. Dimana beberapa tempat strategis untuk melihat secara total gerhana matahari ada di 11 provinsi mulai Jambi, Bengkulu, sumatera selatan, Babel, Kalimantan barat, Kaltim, Sulawesi Tengah dan maluku Utara. Namun bagi beberapa tempat dan provinsi lain tentu masih bisa mengamati Fenomena gerhana walau tidak total 100 persen. Seperti halnya Provinsi Jawa timur, masyarakat Jatim masih bisa melihat fenomena solar ECLIPSE dengan kisaran 80-an persen.

kota di jawa timur tempat dilintasi gerhana matahari

Tempat melihat kejadian Gerhana matahari di beberapa kota Jawa Timur telah dirilis oleh pihak informasi BMKG Juanda. Bagi anda yang ingin nonton bareng fenomena langka yang terjadi 100-350 tahun sekali ini bisa menyimak jadwalnya di bawah ini.

Kota-kota di jawa Timur Tempat Melihat Gerhana Matahari :

1. Anjungan Kenpark Pantai Ria Kenjeran Surabaya
2. LAPAN Watukosek, Pasuruan
3. JASTRO di alun-alun UNEJ Jember
4. BAC Labeng Bangkalan
5. RTH Hutan Sidorejo, Pakal Surabaya
6. MOJO ASTRO tepatnya di alun-alun Mojokerto
7. Candi Brahu Trowulan, Mojokerto
8. Pondok Pesantren Darussalam Sampang
9. Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen, Malang.
10. Masjid Agung Surabaya (MAS)
11. Puncu Kediri
12. Trenggalek
13. Grati Pasuruan
14. Sumenep
15. Sidoarjo

Menurut Informasi dari pihak BMKG Janda, Gerhana matahari di jawa timur tergolong dalam rentang waktu yang cukup lama yaitu sekitar 2 jam lebih. Gerhana akan mulai pada pagi hari pukul 06:19:51 dan puncaknya pada pukul 07:21:31 dan akan berakhir pada pukul 08:31:42. Jadi total durasi antara awal dan akhir gerhana matahari di jawa timur adalah 2 jam 11 menit.

Bagi anda yang beragama Islam di Indonesia, khususnya Jawa timur tentunya Tanggal 9 maret 2016 disunnahkan untuk melakukan sholat kusuf ( sholat gerhana matahari ). Dimana Umat Islam dihimbau untuk tidak mempercayai berbagai mitos yang menjurus ke perbuatan syirik. Gerhana merupakan tanda kekuasan Allah yang ditampakkan kepada manusia agar Manusia selalu ingat akan kebesaran Sang Maha Pencipta.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon