22/12/2016

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi APK di Android

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi APK di Android

Aplikasi APK ialah program yang menjalankan berbagai fungsi pada ponsel android. Tanpa aplikasi tersebut tentunya android tidak akan berfungsi optimal. Jadi tak berlebihan jika aplikasi disebut sebagai nyawa dari suatu smartphone Android.

Untuk mendapatkan aplikasi, anda bisa mendownloadnya melalui banyak sumber. Bisa dari Google Play Store, atau berbagai sumber terpercaya yang banyak bertebaran di internet.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi APK di Android

Namun masalahnya, tak jarang android gagal saat menginstall suatu aplikasi. Nah, bagi anda yang mengalami masalah ini, berikut kami bagikan beberapa cara mengatasinya.

Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi APK di Android


1. Beri izin untuk instalasi dari sumber tak dikenal

Masalah seperti ini umumnya terjadi pada smartphone android baru yang segala settingnya masih bawaan pabrik. Android memang mencegah instalasi dari sumber tidak terpercaya dengan mengeblok instalasi aplikasi dari luar Play Store untuk menghindari masuknya virus dan malware.

Untuk itu, agar instal aplikasi dari luar berjalan lancar, beri izin untuk instalasi dari sumber tak dikenal dengan cara maasuk ke settings, security, dan centang bagian unknown sources.

2. Bersihkan cahce android

Cache yang terlalu menumpuk bisa menyebabkan banyak masalah pada android termasuk gagalnya instal aplikasi. Oleh sebab itu, rajin – rajinlah membersihkan cache android. Jika tidak mau repot – repot membersihkannya secara manual, anda bisa mengandalkan aplikasi pembersih seperti Clean Master atau Ccleaner.

3. Cari Aplikasi Apk yang kompatibel dengan OS anda

Ada beberapa aplikasi yang dikembangkan developer untuk Operating System tertentu. Contohnya aplikasi A hanya diperuntukkan bagi Operating System Kitkat ke atas, itu artinya aplikasi tersebut tidak bisa dipaksakan untuk Operating System Jellybean ke bawah. Jadi cermati dahulu deskripsi aplikasi sebelum mendownloadnya. Pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan Operating System yang anda gunakan.

4. Pasang Aplikasi Apk Installer




Jika metode di atas belum juga work, anda bisa meminta bantuan pada Apk Installer untuk menginstall aplikasi eksternal. Aplikasi ini berfungsi untuk menginstall aplikasi ekseternal dengan metodenya sendiri (tidak menggunakan installer bawaan). Anda bisa mendapatkan Apk Installer secara gratis dari Google Play Store. 

5. Bersihkan cache Google Play Store

Masalah gagal menginstall aplikasi tidak hanya terjadi pada aplikasi eksternal saja. Pada beberapa kasus, ada juga aplikasi yang gagal terinstall bahkan dari Google Play Store. Jika anda mengalami hal ini, coba untuk membersihkan cache Play Store android anda. Lalu coba log in lagi dan download aplikasi.

6. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan

Aplikasi yang terlalu banyak pada android dapat memenuhi memori dan RAM. Hal ini lah yang bisa menyebabkan anda gagal menginstall aplikasi baik dari luar maupun dalam. Oleh karena itu, hapus saja beberapa aplikasi yang tidak diperlukan. Seperti aplikasi bawaan, atau aplikasi iklan.

7. Reset Factory

Jika semua cara di atas tak kunjung berhasil, maka cara terakhir yang bisa anda lakukan ada reset factory atau mengembalikan semua ke setelan pabrik. Dengan begini, semua setting smartphone android anda akan kembali seperti baru dibeli.

Namun ingat, dengan melakukan reset factory, itu artinya semua data anda akan lenyap, oleh sebab itu disarankan untuk melakukan back sebelum reset factory. Anda bisa melakukan back up manual atau bisa juga menggunakan bantuan Google Back Up.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi smartphone android yang tidak bisa menginstall aplikasi. Semoga bermanfaat.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon