14/12/2017

Cara Hidupkan HP Baterai Tanam kehabisan Tegangan

Detikinfo.com - Cara menghidupkan HP Baterai Non Removable yang kehabisan Tegangan dan arus. Hal yang bisa membuat pusing pengguna smartphone salah satunya bila ponsel tidak bisa di charge padahal kondisi baterai ditengarai masih bagus dan juga alat charger juga tidak bermasalah. Banyak kejadian Ponsel yang kehabisan daya tanpa disadari dan mati dengan sendirinya kemudian dilakukan pengisian daya ternyata tidak bisa masuk, ditambah lagi posisi baterai yang tidak bisa dilepas (Non removable) pada sebagian tipe smartphone canggih saat ini. Bagaimana cara mengatasinya supaya Baterai Tanam bisa diisi daya kembali? Simak ulasan dari admin DetikInfo di bawah ini.

Cara Hidupkan HP Baterai Tanam kehabisan Tegangan

Kebanyakan smartphone dengan desain bodi yang tipis saat ini rata-rata sudh menggunakan tipe beterai yang ditancapkan khusus tanpa bisa dnegan mudah dicopot oleh penggunanya. Bahkan cassing penutup belakang smartphone juga bnyak yang dibuat semi permanen agar tidak mudah dilepas kecuali dengan trik khusus. Penggunaan Baterai Tanam atau sering disebut sebagai baterai NRB (Non Removable) tersebut sebenarnya ada untung dan ruginya dan saat ini kalau boleh saya bilang Ponsel dengan baterai tanam lebih bagus performa serta tahan panas daripada baterai tipe Removable.

Sisi kekurangan HP dengan baterai tanam salah satunya yaitu tidak leluasanya pengguna smartphone untuk melepas maupun ingin mengganti baterai dengan yang baru. Bahkan pada saat darurat seperti ketika Ponsel tercebur air yang seharusnya baterai harus segera dilepas agar tidak timbul konsleting menjadi penghalang bagi pemilik ponsel untuk melakukan pelepasan baterai, dan banyak lagi kekurangan penggunaan baterai type Non removable yang tidak bisa admin sebutkan satu persatu.

Baterai Kehabisan Daya sulit di charge

Kembali ke topik utama diatas, banyak pengguna HP android pada umumnya mengeluhkan ketika ponsel miliknya lupa di charge sampai baterai benar-benar habis lalu ponsel mati dengan sendirinya, kemudian saat dilakukan pengisian daya baterai tidak bisa menunjukkan tanda-tanda terisi, bahkan bolak-balik mencabut dan menancapkan alat colokan charger ke ponsel juga tidak ada tanda-tanda mau terisi.

Baca Juga


Kejadian baterai yang kehabisan tegangan memang banyak yang tidak bisa diisi ulang dengan cara normal kecuali harus 'dipancing' dahulu dengan arus yang lebih besar dari biasanya. Begitu pula saat Tegangan di baterai sudah berkurang drastis juga menjadi pemicu tidak mudahnya mengisi daya dengan charger bawaan ponsel sekalipun.

Sebenarnya tidak semua jenis baterai smartphone mengalami hal tersebut, bahkan sebagian besar pemilik smartphone juga tidak bermasalah dengan pengisian daya baterai ketika kondisi daya baterai sudah habis sekalipun.

Pada kondisi baterai yang sebenarnya sudah tidak optimal lagi kinerjanya atau sudah lama masa pakainya maka kemungkinan besar kejadian baterai tidak bisa diisi ulang sangat mungkin terjadi.

Cara mengatasi Baterai Tanam tidak bisa di Charge



Lalu bagaimana caranya supaya HP dengan baterai tanam (non removable) bisa dilakukan pengisian daya kembali dengan normal ketika tegangan baterai benar-benar habis ?

1. Cara paling mudah karena baterai berjenis Non removable dan tidak mudah dicopot tanpa membongkar penutup belakang HP yaitu dengan menggunakan charger (alat pengisi daya) dengan Nilai Ampere yang lebih tinggi dari bawaan ponsel.

Contoh, bila alat charger HP anda tertera 0.5A atau 500 mAh maka yang harus anda cari adalah alat charger dengan ampere dua kali lipat atau lebih seperti ukuran 1A atau 2A. Untuk itu anda bisa mencoba meminjam teman yang mempunyai alat charger HP dengan ukuran Ampere yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan alat pengisi daya yang arusnya lebih tinggi akan mempermudah 'memancing' dan mendrong tegangan serta arus masuk lebih kuat sehingga bisa bilamana tadinya tegangan baterai turun drastis kurang dari 3.7volt akan lebih cepat terisi.

Ketika baterai sudah terisi dengan ditandai indikator di layar sudah menyala maka bisa diteruskan dengan menggunakan alat charger bawaan ponsel.

2. Bilamana dengan cara diatas tidak juga mempan maka mau tidak mau harus melepas baterai tanam tersebut dari dudukannya. Dari pengalaman admin sendiri, bila anda bisa mencopot konektor baterai yang menancap di papan utama ponsel dalam waktu sekitar 10 detik saja maka setelah ditancapkan ulang bisa diisi ulang dengan normal.

Bila tidak bisa dilakukan pengisian, silahkan lakukan secara manual dengan menggunakan Desktop (alat charger portable) untuk mengisinya beberapa menit kemudian tancapkan lagi konektornya dan isi daya dengan charger bawaan ponsel.

Itulah tips mudah cara mengisi baterai smartphone dengan tipe Tanam yang tidak bisa diisi ulang karena kehabisan tegangan, semoga bermanfaat.

3 komentar

Colokan kabel charge ke ampere lbh besar..bisa dvd atau tv..tunggu dan hp jreng sdh terisi kembali dengan cpt

Nah, patut dicoba itu gan.. bener yang penting ada colokan USB yang mempunyai daya atau ampere besar bis alebih cepat pengisiannya

Produknya apa gan charger portabel untuk batre non removable


Emoticon Emoticon