25/01/2018

Memori Internal J2 Prime cepat Penuh, Sebab dan cara Mengatasinya!

Mengatasi Memori HP Samsung J2 Prime memori Penuh - Mempunyai smartphone dengan brand terkenal seperti Samsung memang jadi kebanggaan tersendiri. Namun untuk kelas tertentu yang mempunyai memori Internal 8 GB seperti Galaxy J2 Prime menjadi kendala tersendiri bagi penggunanya karena cepat sekali memori Internal terkuras habis padahal hanya diisi beberapa aplikasi, itupun juga untu menyimpan beberapa file jepretan kamera yang tidak seberapa jumlahnya.

mengatasi Memori Internal J2 Prime cepat Penuh

Habisnya memori Internal Galaxy J2 Prime bukan karena ponsel error atau sistem yang bermasalah, namun memang arena murni ROM yang hanya berukuran 8 GB menjadi penyebabnya.

Asumsinya kalau ada internal memori atau biasa disebut ROM berkapasitas 8 GB tentunya ruang tersebut tidak kesemuanya kosong dan bisa diisi oleh data pengguna. Ada ruang yang harus dipersiapkan dari kapasitas 8 GB tersebut untuk keperluan sistem yakni sekitar 4 GB-an.

Jadi jangan Heran bilamana anda pengguna HP Samsung Galaxy J2 Prime atau ponsel tipe lain yang tertera List memori Internal 8GB namun ketika dilihat kapasitas penyimpanannya sudah terpakai lebih dari 3 GB itu berarti digunakan Oleh sistem dan tidak dapat dikosongkan menjadi murni 8 GB.

Beberapa persoalan memori Internal yang hampir habis di HP Android bisa menyebabkan misalnya sistem melambat, aplikasi terkadang error etika dijalankan, tidak bisa update pembaruan aplikasi maupun memasang aplikasi baru dan lain sebagainya.

Seperti diketahui bahwasanya Samsung Galaxy J2 dibekali dengan chipset MediaTek MT6737T Quad-core dengan speed 1,4 GB. Untuk kinerja lebih powerfull dibekali juga dengan RAM sebesar 1,5 GB dan fitur Pemelihara Perangkat dengan sekali Klik bisa melakukan refresh dan bersih-bersih file tidak terpakai.

Dengan berbekal Memori internal 8 GB Galaxy J2 Prime sebenarnya kurang memadai untuk menyimpan berbagai file aplikasi serta pengguna android saat ini yang notabene suka melakukan foto selfie.

Cara mengatasi memori J2 Prime cepat Penuh

Ada beberapa tips yang biasa admin lakukan ketika memori internal J2 Prime sudah menipis atau tinggal beberapa ratus MB saja, Tentu ini pengalaman admin sendiri yang juga menggunakan Smartphone Samsung Galaxy J2 Prime..hehe. Oke langsung saja simak tips mengoptimalkan Memori internal galaxy J2 Prime di bawah ini:

1. Ganti Penyimpanan Kamera

Kamera di Ponsel android memang menjadi kendala sering membengkaknya kapasitas memori internal tanpa disadari. Seringkali segala momen selalu diabadikan tanpa menyadari kalau sebenarnya secara default ruang penyimpanan yang dipakai menggunakan ruang Internal.

Nah, untuk mengatasi ruang internal J2 Prime yang terlalu penuh bisa melakukan pengaturan ruang penyimpanan default ke Memori eksternal di MicroSD. Tentu anda harus menyiapkan dahulu memori microSD terpasang di ponsel.

Baca Juga


Caranya :

a. Buka aplikasi kamera di Galaxy J2 Prime

memindah memori kamera ke microSD

b. Kemudian masuk ke opsi pengaturan, ada tanda roda gigi di bagian atas

c. Setelah itu masuk ke opsi 'Lokasi penyimpanan' dan pilih 'Kartu SD'

Nantinya ketika anda melakukan jepretan foto seccara otomatis file hasilnya akan berada di ruang memori eksternal.

2. Pindah file ke MicroSD

Cara selanjutnya supaya ruang penyimpanan Internal J2 Prime cepat longgar yaitu dengan memindah beberapa file data yang ada di galeri seperti Foto dan Video.

Anda juga bisa memindah beberapa file lain seperti file Download yang letaknya di folder Download, File gambar dan video dari aplikasi whatsApp dan sebagainya mengarah ke memori MicroSD.

Cara paling mudah melakukan pemindahan file bisa dengan menggunakan aplikasi yang sudah ada di Samsung J2 Prime yaitu melalui aplikasi 'File Saya'



3. Memindah Letak Instalasi Aplikasi

Pindah juga beberapa aplikasi yang sudah terinstall ke ruang penyimpanan eksternal. Ada beberapa aplikasi tertentu yang anda unduh nantinya tidak dapat dipindah letak file instalasinya.

Cara memindah aplikasi ke memori MicroSD samaung Galaxy J2 Prime sebagai berikut :

a. Buka menu pengaturan, kemudian masuk ke opsi 'Aplikasi'

Memindah file aplikasi ke MicroSD j2 Prime

b. Coba pilih salah satu aplikasi yang anda miliki, Setelah terbuka klik Opsi 'penyimpanan'

c. Bila ada opsi tombol 'Ubah' berarti aplikasi tersebut bisa dipindah letak file instalasinya. Silahkan klik tombol 'ubah' 

transfer aplikasi J2 Prime ke MicroSD

d. Kemudian ada popup ubah lokasi penyimpanan, pilih opsi 'Kartu SD'

e. Akan terbuka halaman ekspor dari aplikasi yang akan dipindah, klik saja tombol 'Pindah' dan tunggu sampai proses pemindahan data dan file instalasi selesai.

Dengan memindah beberapa file aplikasi dari memori internal ke memori eksternal di Galaxy J2 prime maka anda sudah berhasil menambah ruang memori internal.

4. Gunakan tool Pembersih Memori

Untuk penggunaan sehari-hari, ada tool mili kGalaxy J2 Prime yang bisa melakukan optimasi serta membuang file tidak terpakai, cache, temporary file dan file-file sampah agar tidak memenuhi ruang internal. Tool tersebut bernama 'Pemeliharaan Perangkat'

Silahkan gunakan tool 'pemeliharaan perangkat' milik J2 Prime yang menurut Admin sangat powerfull dan mudah digunakan dnegan sekali klik.

Bila anda belum pernah menjalankannya, coba cari opsinya di pengaturan > Pemeliharaan perangkat. Selalu rutin memeriksa dan menghapus file memori tidak terpakai dan membuat Ponsel selalu dalam kondisi prima.

5. Manfaatkan Fitur OTG

Untuk anda yang suka menyimpan file besar di HP Samsung Galaxy J2 Prime bisa memanfaatkan fitur OTG. Dimana file besar letakkan dan jalanan saja dari perangkat seperti Flashdisk.

Hanya berbekal kabel OTG yang harganya tidak sampai 10 Ribuan dan sebuah flashdisk maka anda pengguna Galaxy J2 prime bisa menyimpan dan membuka file apa saja melalui fitur OTG yang ada.

Itulah beberapa tips tentang cara optimasi dan mengatasi memori internal samsung galaxy J2 Prime yang menipis, semoga bermanfaat untuk pembaca Detikinfo.com

4 komentar

Kenapa ya waktu foto tiba tiba ketika mau melilhat hasil foto file tidak bisa dibuka memorysd jg gt mhon bantuannya

Saya mau mencoba cara yang dinomor 3 tapi dipengaturan saya tidak ada kata ubah?...

Kenapa di samsung j2 prime ga bisa menyimpan foto dan video ke memori eksternal . Terus pas di pengaturan kamera letak penyimpanan ga bisa diubah ke memori eksternal . Tolong di jawab ya min ...

Ada kok mbak pengaturan untuk mengubah ruang penyimpanan ke memori eksternal di kamera samsung J2 Prime, Coba cek dahulu apakah microSD di HP sudah terdeteksi atau belum, bila sudah pastinya bisa untuk menyimpan file foto/video di microSD tersebut


Emoticon Emoticon