29/03/2018

Cara Download Video di FB lite tanpa aplikasi

Cara Unduh video di Facebook Lite - Bagi Sebagian Pengguna aplikasi FB yang merupakan sosial media terbesar dan terbanyak penggunannya mungkin pernah suatu saat berkeinginan untuk mengunduh video yang tampil di beranda kita, Mungkin video tersebut menarik untuk disimpan di ponsel dan bisa diputar lagi di lain waktu tanpa membuka aplikasi Facebook lagi.

Cara Download Video di FB lite tanpa aplikasi

Salah satu aplikasi facebook yang sangat ringan digunakan dan hemat akan kuota data internet adalah veri Lite, yang mana Facebook Lite dari segi ukuran sangat kecil tidak sampai 5 MB, beda dengan versi FB ukuran standart yang bis amencapai puluhan MB.

Yang menarik dari versi facebook lite yaitu performa dan kinerjannya bisa digunakan di hampir semua perangkat android walau berspesifikasi rendah, seperti RAM yang berukuran kecil maupun ruang penyimpanan yang sudah penuh sesak dengan berbagai aplikasi.

Disini admin akan khusus membagikan tips bagi pengguna FB Lite, dan tidak menutup kemungkinan bagi pengguna FB standart juga bisa mengaplikasikan tips ini. Dimana admin akan membahas tentang cara mengunduh file video dari Facebook tanpa menggunakan aplikasi tambahan.


Seperti diketahui bahwasanya aplikasi untuk melakukan download file video dari youtube, instagram, facebook dan lain sebagainya bisa dilakukan dengan tool khusus downloader yang bisa diperoleh dari google play store.

Namun penggunaan aplikasi pengunduh yang tidak setiap hari kita gunakan secara aktif tentunya menjadi sia-sia dan menambah beban memori HP yang sudah penuh sesak dengan berbagai file didalamnya.

Cara mengunduh Video di FB Lite tanpa aplikasi

Untuk itulah admin akan memberikan tips mudah men-download video dari facebook Lite untuk kita simpan di memori HP agar suatu saat nanti bisa diputar sesuai keinginan. Mari simak tipsnya di bawah ini:

1. Pertama kali tentunya kita harus membuka Facebook Lite dan mencari video yang muncul di beranda kita

2. Silahkan pilih dan lihat dahulu video tersebut sampai selesai (harus sampai selesai lho..)

3. Setelah menonton video sampai tuntas, langkah selanjutnya keluar dari aplikasi FB Lite


4. Silahkan buka aplikasi manager file atau aplikasi file saya, tergantung dari penamaan di setiap merek HP, intinya file manager untuk melihat isi file di dalam ponsel.

5. Setelah file menager terbuka, silahkan masuk ke drive 'File saya' atau Perangkat saya

mengunduh video di FB LITE

6. Disana temukan folder bernama 'Android' silahkan masuk kedalam folder tersebut

7. Kemudian masuk ke Folder 'Data'

8. selanjutnya masuk lagi ke folder 'com.facebook.lite'

9. Di dalam isi folder facebook tersebut cari dan masuk ke folder 'cache'

10. Kemudian masuk lagi ke folder 'Video'

download video di fb lite

11. Nah, disana akan terlihat deretan file yang namanya banyak huruf '0'-nya, Silahkan ubah nama (rename) salah satu file tersebut dengan memberi ekstensi '.mp4' (tanpa tanda kutip) di belakang nama tersebut

12. Apabila seteah merubah nama dnegan ekstensi mp4 muncul thumbnail gambarnya berarti fie tersebut bisa untuk diputar, dan bila tidak ada thumbnail muncul silahkan ubah nama file yang lainnya.

Dengan melakukan tips diatas nantinya kita sudah bisa mendapatkan file video dari facebook dengan mudah.

Mengapa file perlu dirubah namanya dan tidak bisa langsung diputar sebelum diubah?

File tersebut sebenarnya adalah file Cache yang ketika kita memutar video di aplikasi faceook akan tersimpan secara otomatis di ruang penyimpanan.

Jadi file tersebut hanya bisa dikenali oleh aplikasi FB saja, namun ketika kita mengubahnya ke format mp4 maka file tersebut bisa untuk diputar tanpa menggunakan aplikasi Facebook.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara mengunduh video di FB lite tanpa menggunakan aplikasi tambahan?, semoga bermanfaat dan terima kasih.


Emoticon Emoticon