07/03/2018

Mengatasi HP Android Kena virus atau lemot tanpa flash ulang

Cara mengatasi HP lemot sistem maupun kena virus - Kehandalan ponsel ndroid memang sudah tidak diragukan lagi sistemnya, apalagi untuk versi terbaru yang makin meningkat dari sisi keamanan dan juga kinerja sistem didalamnya. Namun sehebat-hebatnya sistem pastinya ada sisi kelemahan dan kinerjanya suatu saat akan menurun seiring waktu dan cara pemakaian oleh setiap individu, seperti HP lemot, sistem kemasukan virus, tidak responsif lagi dan lain sebagainya.

Cara mengatasi HP lemot sistem maupun kena virus

Bicara mengenai HP android lemot dan sistem yang terinfeksi virus memang ada hubungan antara keduanya, walaupun tidak semua ponsel android yang lemot ditengarai terinfeksi virus atau malware.

Penyebab HP Lemot bukan karena virus

Adapun beberapa penyebab ponsel android terasa kinerjanya tidak secepat seperti awal mula beli dan cenderung terasa berat untuk membuka aplikasi harus diselidiki dahulu apa penyebabnya. Jadi tidak serta merta menyalahkan virus, apalagi lemot sedikit saja sudah menginstall antivirus yang malah akan membuat beban memori dan RAM semakin meningkat dan bikin HP tambah melambat kinerjanya.

Adapun beberapa sebab timbulnya ponsel android terasa lemot diantaranya sebagai berikut:

Banyak Aplikasi

Terlalu banyaknya aplikasi yang terpasang di HP android sering menjadi penyebab utama lemotnya kinerja sistem secara keseluruhan.

Banyaknya tawaran aplikasi ketika melakukan search di google play store membuat pengguna HP android seakan tidak puas kalau tidak mencoba satu persatu kalau suka tetap terpasang dan kalau tidak maka akan mencari alternatif aplikasi lainnya.

Dengan semakin bertambahnya waktu, satu persatu aplikasi akan memenuhi ruang memori penyimpanan dan akhirnya akan memperlambat kinerja sistem.

Yang perlu diingat, banyak aplikasi saat ini yang berjalan di background walau user sudah menutupnya yang akhirnya membuat asupan RAM semakin berat dan menambah beban kinerja sistem.


RAM Minim

Dampak terlalu banyak aplikasi yang terinstall juga berhubungan dengan jumlah kapasitas RAM yang dimiliki ponsel android.

Ketika banyak aplikasi yang tidak tertutup secara sempurna dan akhirnya menumpuk di background juga akan membebani RAM. Begitu juga banyaknya aplikasi Sosial media yang harus selalu terhubung ke koneksi data internet juga memerlukan adanya bantuan RAM untuk menjaga sinkron data tetap stabil.

Pada akhirnya ketika anda mempunyai ponsel android dengan kapasitas RAM pas-pasan tentunya akan terasa sekali sistem begitu lemot dan tidak responsif lagi.


Memori eksternal error

Selain RAM yang minim, lemotnya sistem juga bisa karena ruang penyimpanan eksternal seperti kartu MicroSD bermasalah.

Banyak kejadian kartu MicroSD yang mulai menurun kinerjannya atau hampir rusak menyebabkan sistem android gagal dalam pembacaan file didalamnya, sehingga berimbas pada kinerja aplikasi dan sistem secara keseluruhan.

Virus atau Malware

Ini juga salah satu penyebab lemotnya kinerja HP android secara keseluruhan, dimana sekali saja virus atau malware masuk ke sistem akan menyebabkan bertumpuknya masalah seperti sistem melambat, Koneksi data tidak lancar, Kuota data yang semakin boros padahal kita tidak sedang membuka aplikasi apapun dan lain sebagainya.

Kerusakan Sistem

Ketika yakin ponsel tidak terserang malware, terlebih jarang berselancar online dan tidak gemar melakukan download aplikasi dari market selain play store, begitu juga yakin kapasitas memori RAM dan memori penyimpanan masih banyak, serta aplikasi yang terinstall juga tidak banyak-banyak amat, maka besar kemungkinan ada sistem yang sedang bermasalah.

Hardware error

Kalau penyebab yang satu ini jelas akan menyebabkan ponsel tidak bekerja dengan semestinya, apalagi kalau yang sudah terkena error pada chipset prosesor, RAM atau pada IC yang berhubungan dengan kinerja sistem, pastinya akan terasa dampaknya seperti ponsel melambat, sistem tiba-tiba restart, sistem diam alias Hang dan lain sebagainya.

Cara mengatasi Android Lemot tanpa Flashing

Ketika merasa ponsel anda terasa tidak bekerja sebagaimana mestinya, cenderung lemot kaya keong, sering blank, aplikasi sering lama merespon atau merasa ada virus didalamnya dan enggan menginstall antivirus yang malah memperlambat kinerja sistem maka perlu dilakukan langkah yang tepat mulai dari yang mudah sampai yang lebih berat pengerjaannya yakni flashing.

Mengapa tidak di flashing saja agar semua permasalahan tuntas?, memang benar, dengan melakukan flash maka ponsel akan kembali seperti baru beli dan menyelesaikan masalah asalkan bukan faktor hardwarenya.

Namun yang admin tekankan disini bukan masalah flashingnya, namun perihal memanfaatkan menu dan fitur recovery yang disedikan oleh android itu sendiri.

Opsi reset android atau melakukan recovery merupakan langkah mudah dan bisa dilakukan oleh siapapun pengguna android tanpa menggunakan tool atau mengunduh file yang tidak semua pengguna android bisa melakukannya.

Begitu pula untuk pengguna awam tentunya melakukan flash akan sangat berbahaya bagi sistem android kalau tidak berpengalaman, bisa-bisa ponsel malah mati total.

Nah untuk mengatasi android ponsel lemot, entah karena sistem yang bermasalah, banyaknya aplikasi sampah atau adanya virus di sistem, silahkan simak tipsnya di bawah ini:

1. Cek kapasitas memori internal dan juga eksternal memori. Bila memaori internal masih cukup leluasa kapasitasnya, cob dahulu lepas memori eksternal atau microSD dari slot ponsel. Kemudian coba nyalakan kembali ponsel dan rasakan efeknya, apakah kinerja semakin bagus atau tetap sama.

Bilamana ternyata ponsel semakin bagus kinerja sistemnya maka sudah pasti kartu memori MicroSD anda yang sudah bermasalah dan coba format ulang dengan sebelumnya memindah dahulu data penting ke media lain.

2. Hapus sebagian aplikasi yang tidak berguna atau jarang anda gunakan karena itu juga sumber masalah bagi jalannya sistem android.

3. Lakukan pembersihan file sampah, Junk file, temporary file dan juga file cache supaya sistem tidak terbebani kinerjanya.



Untuk membersihkan file-file sampah saat ini di sebagian ponsel keluaran terbaru sudah disediakan tool khusus pembersih dan pengoptimal sistem agar sekali klik bisa langsung menghapus dan mengoptimalkan sistem seketika itu juga.

Bilamana di smartphone anda tidak tersedia pembersih dan aplikasi otimasi sistem bisa terlebih dahulu menginstall aplikasi seperti Ccleaner, RAM cleaner dan sebagainya. Cobalah melakukan pembersihan sistem dengan tool aplikasi tersebut dan sesudah selesai bisa mencopot pemasangan aplikasi cleaner supaya tidak ikut membebani android dengan aplikasi yang berjubel.

4. Bila ketiga langkah diatas sudah dilakukan maka cara terakhir yakni melakukan reset terhadap settingan sistem agar kembali ke pengaturan bawaan ponsel.

Cara melakukan reset factory untuk semua tipe ponsel android sama saja dan hanya tata letak menunya saja yang berbeda antara satu tipe dengan tipe lainnya, entah itu reset di HP Samsung, reset di HP OPPO, reset Xiaomi, reset Asus, Lenovo dan lain sebagainya.

Contoh cara reset sistem HP Samsung dan OPPO

reset hp samsung galaxy

Admin akan mencontohkan cara melakukan reset factory di HP samsung galaxy J2 Prime, caranya masuk ke meu pengaturan > manajeman umum > Reset >Reset data pabrik

rreset hp oppo

Contoh lagi untuk mereset HP OPPO, yakni dengan masuk ke menu setelan > setelan tambahan > pilih 'cadangan & setel ulang' > pilih 'Buat cadangan & Reset' > lalu pilih 'kembalikan ke pengaturan pabrik' > pilih 'Hapus semua isi dan pengaturan' > setelah itu pilih setel ulang telepon, nantinya proses reset HP OPPO akan dimulai.

Itulah tips tentang mengatasi HP android yang lemot karena virus maupun masalah sistem yang bisa admin bagikan untuk pembaca semua, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon