01/05/2018

Apa syaratnya HP Android bisa memainkan Game Virtual Reality?

Syarat HP android bisa bermain game VR - Saat ini sudah banyak Game dan video yang mendukung teknologi Virrtual Reality (VR), dimana penggunanya bisa berinteraksi dengan permainan seolah berada di arena tersebut dan sensasinya akan beda dengan game pada umumnya.

Apa syaratnya HP Android bisa memainkan Game Virtual Reality?

Mungkin para pembaca sering meihat adegan di film fiksi maupun film Action yang salah satu adegannya menggunakan perangkat helm atau kacamata khusus untuk menjelajah di suatu ruangan atau bahkan jalanan padahal orang tersebut berada ruangan tertentu lengkap dnegan seperangkat komputer.

Teknologi smartphone yang semakin canggih seperti sekarang kita juga bisa menikmati berbagai adegan di game seolah kita masuk didalamnya dan terlihat nyata. itulah virtual reality yang dimaksud, yaitu pengguna dapat berinteraksi dengan objek 3 dimensi yang seolah kita masuk ke dalam permainan tersebut.

Baca Juga tips android berikut :

Syarat smartphone bisa memainkan game VR


Adapun saat ini sudah banyak smartphone android yang mensupport game dan film dengan teknologi virtual reality didalamnya. Bahkan ponsel android harga murah sudah banyak mendukung fitur VR ini.

Sensor Gyroscope

Salah satu syarat agar HP kita bisa memainkan game virtual reality adalah harus mempunyai fitur sensor Gyroscope didalamnya.

Sensor ini berfungsi untuk mempertahankan dan mengukur orientasi objek yang berprinsip pada momentum sudut, sehingga ponsel dapat mengenali gerakan maupun putarn dari objek 3 dimensi sehingga nantinya sistem akan mengikuti gerakan tersebut.

Adapun tipe-tipe smartphone android yang sudah mensupport sensor gyroscope sudah banyak sekali, misalnya HP Xiaomi Redmi Note 5, Xiaomi Mi A1, Mi A2, Huawei P20 pro, samsung J7 Pro, galaxy S8, galaxy S6 edge dan lain sebagainya.

Apabila ingin memainkan game atau menonton video VR maka pengguna smartphone harus terlebih dahulu mengaktifkan perangkat VR khusus dan juga di ponsel juga harus sudah ada fitur Gyroscope-nya.

Jadi meskipun sudah menginstal game VR dan sudah punya perangkat VR namun di ponsel tidak ada sensor Gyroscope-nya maka percuma saja, kita tidak akan bisa memainkan game virtual tersebut.

Perangkat VR

perangkat game Virtual reality

Adapun yang dimaksud dengan perangkat Virtual reality yaitu alat khusus yang digunakan di kepala, persisnya di bagian depan mata yang bentuknya bisa bermacam-macam untuk saat ini.

Ada perangkat VR yang berbentuk Helm khusus, dan ada juga perangkat VR berupa kacamata besar layaknya kotak dan didalamnya ada slot khusus yang digunakan untuk dudukan ponsel.

Ada perangkat VR yang paling murah dan banyak digunakan yaitu google card board, dan ada juga Samsung VR yang harganya mahal namun kualitasnya sangat bagus.

Spesifikasi Smartphone

Adapun syarat ketiga untuk bisa memainkan game maupun video virtual reality yaitu spesifikasi hardware ponsel.

Umumnya game dengan fitur VR didalamnya membutuhkan spesifikasi prosesor, RAM dan juga pengolah grafis yang tinggi. RAM minimum yang disarankan adalah berkapasitas 2 GB agar kinerja prosesor tidak terlalu berat menjalankan game VR.

Agar lebih lancar tanpa adanya Lag ketika main game Virtual reality, disarankan sudah menggunakan RAM 3 GB keatas dengan spesifikasi prosesor Octa-core dan GPU yang mampu merender grafis beresolusi tinggi.

Nah, itulah 3 syarat agar smartphone android bisa memainkan game dan video berteknologi virtual reality dengan lancar, semoga bermanfaat.


Emoticon Emoticon