06/09/2018

Apa Yang Dimaksud Dengan Reseller Dropship dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Banyak masyarakat awam yang menyangkut pautkan istilah reseller dan drophsip. Padahal kedua istilah itu memiliki arti berbeda, meskipun saling berkaitan satu masa lain. Lantas, di mana letak beda reseller dan dropship? Anda akan menemukan jawabannya pada tulisan berikut ini.

Reseller vs Dropship

Dropship merupakan salah satu metode jual beli pada dunia maya alias online, yang mana penjual tidak perlu memiliki stok barang bahkan tidak ikut melakukan proses pengiriman kepada konsumen. Ketika supplier yang cocok sudah temukan, maka ia akan bertindak sebagai pemasok barang.

Nah, penjual akan memajang berbagai foto dagangan di dunia maya. Bisa melalui Facebook, Instagram, pan fage, website, dan sebagainya sebagai tempat berjualan. Ketika pembeli memesan, Anda cukup meneruskan pesanan kepada supplier.

Mulai dari barang pesanan, nama pembeli, alamat, serta nomor kontak. Setelah Anda menuntaskan pembayaran kepada supplier, maka supplier akan mengirim pesanan langsung kepada konsumen yang Anda dapatkan tadi.

Simak tips Bisnis Berikut ini:

Atas nama siapa barang tersebut dikirim kepada konsumen? Tenang! Barang yang dikirim kepada konsumen sudah pasti menggunakan nama Anda. Sebab sebelumnya Anda sudah melakukan komunikasi kepada supplier seputar Anda yang menjadi tim dropshipnya.

Dari mana keuntungan diperoleh? Misal, supplier membeli harga jual gamis Rp 90.000, lantas Anda menjual sebesar Rp 120.000. Selisih dari itu merupakan keuntungan yang Anda peroleh. Konsumen mentransfer sebesar Rp 120.000 kepada Anda, lalu Anda mengirimkan sebesar harga yang diberikan oleh supplier. Rp 30.000 inilah yang menjadi keuntungan Anda.

Cara mendaftar dropship sangatlah mudah. Anda cukup mencari tahu supplier yang membuka kerja sama dropship. Produknya bisa apa saja. Mulai dari pakaian, aksesoris, mainan anak, dan sebagainya. Bila dilihat dari data dipasaran, contoh dropship yang banyak dilakukan di dunia maya adalah sistem dropship produk pakaian.
Baca Juga::


Melakukan dropship tidak butuh modal besar. Cukup dengan aktif di media sosial, Anda sudah bisa mendapat penghasilan. Selain itu, bekerja samalah dengan supplier terpercaya. Jangan sampai Anda kehilangan konsumen sebab barang yang diterima tidak sama dengan deskripsi yang diberikan sebelumnya. Jika sampai ini terjadi, usaha Anda bisa mendapat rating buruk dari users.

Keuntungan melakukan sistem dropship adalah Anda tidak perlu melakukan stok barang, mengemas, bahkan mengirimkannya langsung kepada pembeli. Sebab semua hal itu dilakukan oleh supplier. Artinya, dropship adalah di mana Anda menjadi seorang agen.

Lantas, bagaimana dengan reseller? Apa itu reseller? Bagaimana cara kerja reseller?

Seorang reseller adalah wajib membeli barang dalam jumlah kondisi minimal sesuai ketentuan supplier. Biasanya semakin banyak Anda membeli barang dari supplier, semakin murah harga yang Anda dapatkan. Artinya peluang mendapat untung lumayan juga semakin besar.

Menjadi seorang reseller, berarti Anda harus melakukan stok barang. Ketika konsumen membeli, mereka langsung melakukan pembayaran kepada Anda. Selanjutnya Anda mengemas dan mengirim pesanan kepada mereka.



Pilih Reseller/Dropship? Semua Tergantung Pilihan Anda!

Dunia maya hadir dengan plus minusnya. Jika Anda ingin memperoleh pemasukan, Anda bisa menjadi seorang reseller atau melakukan sistem dropship. Apalagi saat ini kebanyakan masyarakat Indonesia sudah melek internet. Membeli apa saja sudah secara online. Artinya, peluang bisnis online sangat besar.

Jika Anda memilih sistem dropship, temukan supplier terpercaya yang enak diajak kerja sama terlebih dahulu. Kemudian lakukan promosi online yang baik dan berkelas untuk mendapatkan pembeli.

Sedangkan bila Anda memilih untuk menjadi reseller, Anda wajib mengeluarkan kocek yang tidak sedikit. Biasanya mereka yang sudah senior melakukan bisnis dropship, tidak akan ragu untuk menjadi seorang reseller. Namun jika Anda masih seorang pemula, sistem dropship adalah pilihan terbaik.

Bisnis ini tidak memakan waktu banyak. Sangat pleksibel untuk dijadikan sebagai bisnis sampingan. Sambil melakukan aktivitas lain, Anda bisa melakukan update dan promosi dagangan di media sosial. Jadi, waktu Anda tidak terbuang sia-sia. Bekerja sambil bermain bisa Anda peroleh sekaligus. Zaman sekarang adalah masa di mana Anda dituntut untuk aktif dalam berkreativitas. Mampukah Anda?

Demikian pembahasan tentang pengertian reseller dropship. Semoga bermanfaat dan selamat berbisnis Online, Sukses Selalu.


Emoticon Emoticon