11/01/2022

Benarkah Fakta HP Dicas Powerbank Baterainya Lebih awet ?

Benarkah Fakta HP Dicas Powerbank Baterainya Lebih awet ?

Banyak Pemilik Smartphone yang masih takut menggunakan PowerBank untuk mengisi daya, Karena banyak beredar informasi kalau mengecas menggunakan perangkat Power-Bank dapat memperpendek umur baterai dan ponsel gampang rusak. Benarkah demikian?
apakah power bank merusak baterai HP

Padahal beberapa vendor ternama seperti Samsung, Xiaomi, Asus dan lainnya juga memproduksi gadget pengisi daya portable yaitu Powerbank. Namun di era internet saat ini, informasi sisi negatif seringkali lebih trending daripada positifnya, sehingga pengguna ponsel memiliki rasa was-was ketika melakukan charging memakai Powerbank.

Dari segala polemik yang ada, ternyata beberapa fakta dari sekian banyak pengguna ponsel yang mengisi daya dengan powerbank dan mengalami kerusakan persentasenya sangat kecil daripada manfaatnya. Apalagi seiring kemajuan teknologi elektronik saat ini, sirkuit di dalam powerbank didesain lebih aman dan canggih.

Baca juga : Apakah HP ditaruh di Jok Motor bisa meledak ? dan Cara mudah merawat baterai ponsel lebih awet tidak mudah melembung.

Penyebab PowerBank Merusak Baterai Ponsel


Sebagai catatan, Rata-rata kerusakan baterai HP yang dicas menggunakan Powerbank disebabkan beberapa hal berikut ini:

  • Powerbank abal-abal (Palsu)
  • Baterai HP sudah mengalami kerusakan sebelumnya
  • Hubungan pendek di sirkuit ponsel
  • Voltase Powerbank tidak stabil

Di marketplace banyak beredar powerbank abal-abal atau rakitan home industri, Dimana spesifikasinya tidak sesuai standar dan tidak memilik ijin edar. Harap berhati-hati saat ingin membeli powerbank, baik itu di toko Offline atau online, jangan memburu murahnya namun mengorbankan ponsel kesayangan.

Adapun ciri-ciri powerbank palsu diantaranya yaitu harganya terlampau murah, Bila dilakukan pengukuran dengan voltmeter tegangannya tidak stabil dan tidak sesuai standar voltase pengisian baterai ponsel, serta cepat drop atau habis untuk charging sebentar saja.

Kebanyakan powerbank yang membuat rusak baterai ponsel atau resiko lebih fatal seperti HP meledak yaitu yang memiliki tegangan lebih tinggi dari nilai maksimum voltase charging ponsel dan tidak memiliki pemutus arus otomatis saat pengisian baterai sudah penuh.

Cas dengan PowerBank membuat HP lebih awet?


Benar, dengan syarat pemilihan powerbank yang memiliki kualitas bagus dan sesuai standarnya bisa malah bisa membuat baterai ponsel lebih awet daripada mengisi daya melalui adaptor.

Simak juga Cara membuat Cas HP dengan baterai ABC atau Alkaline

Mengapa demikian?, Karena tegangan yang dikeluarkan perangkat powerbank asli lebih stabil daripada menggunakan adaptor yang dicolokkan ke jaringan listrik PLN, Meskipun adaptor asli bawaan HP juga memiliki pengatur dan penstabil tegangan.

Saat ini powerBank sudah semakin canggih, Selain adanya penstabil tegangan, juga dilengkapi pemutus arus ketika proses charging sudah full atau bahkan ketika ada malfungsi saat pengecasan baterai.

Jadi pemakaian powerbank terus menerus untuk cas HP tidak jadi masalah dan tidak akan membuat baterai Ponsel kamu cepat rusak. Yang perlu diperhatikan adalah pilihlah merek Powerbank yang asli keluaran pabrikan ternama meskiun harganya lebih mahal daripada merek charger portable palsu dan berbahaya ketika digunakan.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon