06/02/2023

Membuka Chat Telegram di Laptop Tanpa Install Aplikasi

Membuka Chat Telegram di Laptop Tanpa Install Aplikasi

Selain WhatsApp, Aplikasi Kirim pesan dan panggilan online terpopuler yaitu Telegram. Dimana aplikasi Buatan orang Rusia yaitu Pavel Durov ini dari beberapa fiturnya berbeda dengan WhatApp dan aturannya juga tidak terlalu ketat bagi penggunanya.
membuka isi pesan telegram di laptop

Selain Ringan dijalankan, Telegram memiliki kelebihan di sisi pemakaian ruang penyimpanan daripada WhatsApp, yaitu tidak menyimpan file gambar atau video di penyimpanan internal sehingga pengguna tidak perlu khawatir memori ponsel penuh gara-gara kiriman foto atau video dari chat pribadi atau group.

Tidak hanya itu, Video yang diunggah atau dibagikan di Telegram tidak dibatasi durasinya, lain dengan WhatsApp yang membatasi durasi panjang video saat dikirim melalui chat.

Pertanyaannya, Apakah Aplikasi Telegram bisa dijalankan dengan versi Web seperti halnya whatsApp Web ?, Jawabannya tentu bisa. Bahkan Software Telegram juga bisa diinstall langsung di Komputer atau Laptop.

Keuntungan menjalankan aplikasi Telegram di laptop yaitu pengguna tidak perlu membuka smartphone ketika ingin berkirim atau membalas pesan, karena secara otomatis telegram yang ada di HP akan sinkron dengan yang ada di laptop atau PC.

Jadi semisal ponsel ketinggalan dirumah dan hanya membawa laptop saja, lalu ingin membuka pesan telegram dari teman, maka cukup menjalankan Aplikasi telegram versi Web tanpa menginstallnya di PC/Laptop.

Cara menjalankan Telegram di PC/Laptop


Untuk dapat membuka aplikasi telegram di Laptop maka pertama kali tentu harus melakukan verifikasi dari ponsel yang ingin disinkronkan ke PC. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Jalankan Telegram di smartphone
  • Klik menu yang ada di pojok sebelah kiri atas
  • Lalu berurutan pilih Pengaturan > Perangkat > Hubungkan ke Dekstop
  • Selanjutnya kamera akan menyala untuk diguunakan memindai kode QR
  • Buka browser di laptop/PC
  • Ketik di bagian alamat yaitu web.telegram.org dan tekan enter
  • Pindai kode QR dengan kamera ponsel yang sudah menyala
  • Setelah berhasil masuk, maka pengguna bisa langsung menggunakan Telegram di Laptop untuk kirim dan balas pesan tanpa menggunakan ponsel.

Untuk menutup aplikasi Telegram yang berjalan di komputer, bisa langsung keluar dari browser. Bila ingin masuk lagi, bisa langsung membuka browser dan mengakses alamat web.telegram.org kembali tanpa harus login atau scan kode QR.

Namun bila ingin keluar secara permanen dan tidak ada orang lain yang usil membukanya saat meminjam laptop kita, salah satu caranya bisa keluar dari telegram Web melalui ponsel, caranya masuk ke Menu > Pengaturan > Perangkat, kemudian tap pada Browser yang aktif pada layar, lalu tekan opsi Hentikan Sesi, Maka saat itu juga otomatis telegram web di laptop akan keluar dan harus login lagi bila ingin digunakan.

Menu Perangkat di aplikasi telegram bisa digunakan untuk mengetahui siapa yang memata-matai atau membuka akun telegram kita dari perangkat lain, di menu tersebut akan tampil nama Browser, Perangkat dan waktu Online terakhir bila ada yang mengaksesnya.

Itulah cara mudah membuka pesan dan kirim chat Telegram dari PC atau Laptop, semoga bermanfaat dan silahkan dipraktekkan.

Show comments
Hide comments


Emoticon Emoticon