Turun daya 1300 ke 900 perlu SKTM

Pada per bulan juni 2015 kemarin penurunan daya dari 1300Va ke 900Va harus menyertakan SKTM (surat keterangan tidak mampu ) dari kantor desa / kelurahan pemohon. Mengapa demikian dan mengapa akhir-akhir ini banyak pemohon penurunan daya di Kantor PLN ? berikut ulasannya.


Perlu diketahui bahwa listrik dengan daya 1300Va dan diatasnya merupakan konsumsi listrik yang tidak di subsidi oleh pemerintah yang berimbas pada beban finansial yang berat di sebagian kalangan masyarakat yang sudah memakai daya tersebut. Dengan adanya dampak non subsidi di 1300Va tersebut banyak sekali migrasi dan permohonan penurunan daya ke kantor PLN karena selisih perhitungan pembelian / pembayaran per kwh-nya bisa sampai separo lebih dari yang berdaya 450-900Va.
Dari pengalaman penulis sendiri yang baru saja menurunkan daya dari 1300 ke 900VA, penulis merasa prosesnya memang mudah sekali. Kita tinggal menyiapkan berkas berkas yang diperlukan sebelum menuju ke kantor PLN terdekat untuk melakukan pemohonan penurunan daya. apa saja yang diperlukan agar permohonan penurunan daya dari 1300 ke 900VA terkabul ? anda harus menyiapkan berkas sebagai berikut :







1. Fotokopi KTP , bisa fotokopi KTP pemilik meter atau yang dilimpahi.

2. 1 materai ( bila yanh datang langsung pemilik meter listrik ), atau 2 meterai untuk pemohon yang melimpahkan peemohonan via orang lain.

3. Bukti pembayaran / pembelian token listrik terakhir kali, atau boleh juga membawa fotokopinya.

4. Kartu keluarga ( bagi pemohon yang melimpahkan / menitipkan ke orang lain selain pemilik nomor meter )

5. Surat Keterangan Tidak Mampu ( SKTM ) dari desa / kelurahan pemohon

Mengapa harus memakai SKTM padahal dulunya tidak ?, karena sebagai bukti bahwa listrik bersubsidi nanti bisa tepat sasaran dan SKTM sendiri mudah sekali pembuatannya, tinggal bilang ke pegawai kelurahan kalau ingin melakukan penurunan daya listrik pasti langsung dibuatkan dan gratis.

Nah, setelah berkas lengkap silahkan menuju ke kantor PLN terdekat, prosesnya singkat serta GRATIS. proses pernggantian / penurunan daya dilakukan dalam kurun 3x24 jam di hari kerja. Pada waktu petugas datang dan melakukan penurunan daya itupun juga GRATIS. mudah banget kan ?

Bagaimana menurut pengalaman anda sewaktu penurunan daya ?, Silahkan share kkmentar anda pada kolkm komentar di bawah ulasan ini. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »

46 comments

  1. Katanya kalo rumahnya di perumahan itu ga bisa turun daya. Yg bs hanya yg rumahnya di perkampungan. Ini pengalaman saya waktu saya mau turun daya di pln sepatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, begitu ya mas kemal, saya belum tahu kalau di tingkat perumahan ada perbedaan pengajuan dalam hal turun daya. makasih infonya mas

      Delete
    2. Kalo pengalaman saya.. Kebetulan saya di perumahan... Bisa turun daya dari 1300 ke 900 (saat ini 900). Cukup tlp 021 123 ikuti petunjuk.. Tidak perlu sktm. Tp butuh waktu seminggu.. Ditlp kembali sama petugas pln setempat disuruh dtg cukup bawa ktp n kk saja.. Langsung diproses.. Besoknya datanglah petugas kenrumah. Cuss selesai tanpa biaya apapun..

      Delete
  2. Trus gmn kalo perumahan rss gitu apa ttp ga bs? Trus kalo ngontrak gmn apa bs ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira tetep bisa kok mbak nina..silahkan langsung ke pln terdekat untuk konfirmasi

      Delete
  3. yang bikin pusingnya, saya kan ngontrak, dayanya udah gak kuat karena cuma pakai 450VA, mau tambah daya tapi hanya diperbolehkan sampai 900VA oleh pemilik, harus pakai SKTM. Wong, alamat KTP sama alamat rumah kontrakan sekarang udah beda, gimana bisa keluar SKTM nya??? Pusing 7 keliling ini mah mas.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. alamat KTP harus sama dengan nama pemilik rekening mbak, jadi pinjem aja sama yang punya rumah kontrakan pasti punya KTP untuk dipakai ngurus SKTM

      Delete
  4. Agak lucu juga, sebenarnya nggak perlu SKTM, kalau orang yang punya alat elektronik berdaya besar mana mungkin pasang daya 900VA (bakal nggak kerja perangkat elektroniknya), yang seperti ini otomatis mampu, kalau orang mau turun daya resikonya ya alat alat elektronik dirumahnya minimun dan ini juga kan HEMAT ENERGI. dengan adanya SKTM ini mempersulit dan tidak selarat sengan selogan PLN yang mengajak hemat energi, kalau ada perusahaan listrik selain PLN saya mungkin sudah pindah, PLN selalu bermasalah

    ReplyDelete
  5. Mas bisa kasi contoh surat sktm yg valid buat turun daya itu yg gmn ya? Seperti apa surat dan bunyi pernyataan nya?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau screnshotnya saya tidak punya mbk nina, udah saya serahkan ke PLN sewaktu saya turun daya. Untuk bunyinya intinya menyatakan kalau pelanggan dengan nama tersebut tidak mampu untuk biaya listrik yg non subsidi ...insya Allah intinya seperti itu...

      Delete
  6. Didaerah saya(bojonegoro) SKTM sudah tdk brlaku lagi, skg harus memakai KKS, KPS, KIS, KIP, surat terbuka dr TNP2K

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya belum tahu mas kalau sekarang aturannya harus memiliki surat2 itu untuk menurunkan daya listrik...atau mungkin itu hanya ada di daeerah setempat mas ansyari saja ?

      Delete
  7. Saya Juga owrnah kekantor pln cab rapu ditolak harus bawa SKTM , padala 4 bulan laly gak pke gituan... Saya dikomplek perumahan yg bersubsidi pemerintah area Gresik

    ReplyDelete
  8. Kalo untuk di daerah samarinda , kalimantan timur koq gak bisa nurunkan daya iya . Apa nurunkan daya itu per wilayah wilayah aja

    ReplyDelete
  9. Pak, alamat ktp saya di rumah a tapi yang mau saya turunkan itu rumah b, rumah itu atas nama saya sih, tapi bikin sktm nya di kelurahan a atau b pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya tetap pkai ktp atas nama pemasang pak sktm nya

      Delete
  10. Listrik 900watt merupakan listrik bersubsidi, jika untuk mendapatkannya harus menggunakan SKTM, tak bisa dibayangkan seandainya terjadi juga pada BBM bersubsidi?

    Listrik 1300 lebih mahal dari 900

    ReplyDelete
  11. Betul gan, sekarang aturan turun daya listrik tambah ribet, harus pakai kartu keterangan miskin (kartu BLT atau sejenisnya, sesuai pengalaman kalau ingin lancar ngurus turun daya, ya biasa harus ada iming-iming di jamin 3x24 jam turun daya tanpa syarat.

    ReplyDelete
  12. Katanya kalau mau turunin daya mesti bayar dulu ya mas sekitar 850rb an ? Trus biaya utk penukaran nya kerumah juga... Ane mah takutnya ntar bisa dityrunkan eh malah mintak uang utk biaya nyaa

    ReplyDelete
  13. Pertran sdh brbh lg mas sya kmrn mau nurunin daya dri 1300 ke 900 sdh bkn SKTM tpi dtolak sdh tdk brfgsi lgi syaratnya hrs pny KKS(Krtu indonsia sht,KIS (krtu indnsia sht), KIP (krtu indo pintar) ,KPS

    ReplyDelete
  14. Saya barusan aja dari PLN Karawang untuk mengajukan turun daya dari 1300 ke 900 persyaratannya sbb :
    1. FC KTP
    2.No. Meter /ID Pelanggan
    3. Kartu keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Perlindungan Sosial (KPS)/Kartu Indonesia Sehat (KIS)/Kartu Indonesia Pintar (KIP)
    Salah satu harus ada dan sesuai dengan nama di KTP orang yang mengajukan
    Surat Keterangan dari TNP2K (tidak tau apa singkatannya) bahwa rumah tersebut termasuk kategori miskin atau rentan miskin
    4.Materai 6000 1lbr
    5.Jika bukan milih sendiri lampirkan surat kuasa
    6.Stroom awal Rp. 20.000

    Saya belum mengajukan karena syarat no.3 belum terpenuhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih buat mbak mutia atas masukannya, Mungkin ada persyaratan lain bagi pelanggan di daerah lain ?, saya tunggu juga share-nya disini...

      Delete
  15. Kemarin pasang listrik 1300watt beres. Gatau mahal. Enak pake 900watt kaya metetan lma runah sebelah.. Mau coba nurunin ah nanti

    ReplyDelete
  16. Tnp2k yakni dulu namanya pnpm yang sekarang berubah nama aja.
    Tim nasional apa gitu, kemiskinan.

    ReplyDelete
  17. mau buat baru buat kontrakan tp kontrakan sama ktp saya beda desa minta surat SKTM Nya tolong info nya.....

    ReplyDelete
  18. Hari ini saya pergi ke pln untuk turunkan daya dari 1300 ke 900. Saya sudah mengurus surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan. Ternyata SKTM tidak bisa dipakai yang dipakai adalah kartu Jokowi yaitu kartu warga miskin (GAKIN). padahal saya sudah jelaskan bahwa saya sudah 6 bln tidak bekerja tetap saja mereka berpatokan pada peraturan yang berlaku.

    ReplyDelete
  19. berharap aja presiden berikutnya bkn jokowi lg,biar g ribet pakai segala macam kartu,tp bkn indonesia kl segala macam urusannya g pakai ribet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bnar sekali sodara rudi p...semakin ribet indonesia ini stiap ngurus sgala sesuatu...coba klo ada kluarga pejabat ngurus ini itu nggak ada ribetnya langsung rebes alias beres smua...

      Delete
  20. Perumahan non subsidi bisa gak ya menurunkan daya ntr di tolak lagi hihi

    ReplyDelete
  21. Wah mekanismenya sepertinya agak bertubrukan dgn program penghematan energi, karena wujud nyata menghemat energi listrik pastinya menggunakan daya se-efisien mungkin sesuai kebutuhan inti dan tentunya bertujuan menghemat pengeluaran biaya pula.

    ReplyDelete
  22. yang jelas PLN mau cari untung yg lebih banyak...entar juga dibuat lampu / bohlam yg tidak bisa dimatikan ,seperti lampu motor bikin boros saja.

    ReplyDelete
  23. saya sudah coba prsyaratan dr pln kartu kis kps untuk ajukan turun daya dr 1300 k 900 tp ga bs malah sprti d persulit...mohon pihak pln bantu saya g mna cara yg baik spy daya listrik spy turun k 900

    ReplyDelete
  24. barusan saya dr pln cabang meruya ilir dekat dgn intercon dgn tujuan ingin menurunkan daya listrik mnjadi 900. ketemu dgn ptugas frontliner dg ibu siapa itu namanya lupa. Kata beliau, untuk menurunkan daya listrik dari 1300 ke 900 sudah tidak bisa. Dimanapun tempatnya. Bahkan utk daya 900 akan dinaikan semuanya mnjadi 900. Saya bilang ke dia " saya baca article di internet tahun 2015 koq maaih bisa ya bu " . Beliau malah jawab, itu article lama, kalau untuk sekarang sudah gak bisa.
    Namun, setelah keluar dr pln cabang tsb, sya langsung telpon ke call center pln 021 123. Bicara dgn operatornya dan dijelaskan ternyata untuk penurunan daya listrik dari 1300 menjadi 900 MASIH BISA. dengan syarat, identitas kita sudah terdaftar di TNP2K. Jika blm terdaftar, maka harus mndaftar dulu di TNP2K agar daya listrik bisa diturunkan.
    Terima kasih buat petugas PLN cabang meruya ilir atas penjelasan yg tidak memuaskannya.

    ReplyDelete
  25. saya jg pasang 1300,mau turun daya susah gak punya SKTM,udah lngsng ke PLN ktanys gak bs soaknys ktp nya tdk terdftr d gol penerima subsidi listrik

    ReplyDelete
  26. Dulu pas mau naik daya gak pake syarat neko neko dari 450 jd 1300..lha kok mau nurunin jd 900 kok syarate ribet banget..harus pake kks/kip..sktm udah gak berlaku kata PLN daerah saya..maunya PLN pie to..?apa harus meterannya yg 1300 dirusak dulu terus pasang baru lagi 900..kyknya cuma itujalan kkeluarnya buat yg mau nurunin daya..

    ReplyDelete
  27. Ini mh KIS ada persyaratan lengkap bahwa saya tidak mampu .masih aja minta duit Rp.500.000 bisa dokoreksi NDAN.butuh petunjuknya Terima Kasih

    ReplyDelete
  28. kalo selisih harganya dikit kaya bbm premium pertalite pertamax sih ga masalah. saya juga bbm pake pertamax terus. ini mah edan. 900va cuma 700/kwh sedangkan 1300va 1600/kwh. lebih dari dua kali lipatnya. mampus,.. njirrr, pusing pala atas bawah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mas suami saya jg pusing biasanya cuman 200 lebih skrng mw 600 rb

      Delete
  29. Pesannya aja pln bersih tapi kalau ada bawahan yang main curang tapi tak ada sangsinya. Di tempat saya bisa turun ke daya 900 tapi hrs bayar Rp.800.000

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya klu data ikut ktp itu kurang valid seharusnya surve langsung tanya pengahsilannya berpa itu yang bener bukan di lihat rumahnya kan bisa saja kredit

      Delete
  30. Sekarang mah klo mau trun daya harus terdaftar di TNP2K (Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan)
    Tidak bisa lgi minta surat kterngn tidak mampu dri desa
    Saya ampe pusing skrg mw turun daya susah bngy

    ReplyDelete
  31. Tujuan perumahan bersubsidi untuk org yg belum punya rumah artinya golongan org yg blm mampu, masa listriknya yg 1300 non subsidi, seharusnya itu sudah otomatis kalau rumahnya bersubsidi listriknya juga bersubsidi yg 900.

    ReplyDelete
  32. ass. pak kalo dikosan itu g bs turun ya daya listriknya ?? dari 1300 ke 900, karena jujur pak, kami yg ngekos jd benar2 terbebani dengan listrik yg sangat mahal.. Dan kalo bisa diturunkan, apa aja syaratnya pak ?

    ReplyDelete

Partner Site