Voice Typing Google Docs support Bahasa Indonesia


Mengetik tanpa bantuan keyboard alias dengan suara sudah menjadi sesuatu yang lumrah akhir-akhir ini. Di beberapa sistem operasi dan juga berbagai aplikasi mengetik dengan perintah suara sudah hampir sempurna. Google dengan berbagai layanan aplikasinya sangat getol sekali melakukan berbagai terobosan inovasi. Salah satunya adalah mengetik dengan perintah suara di Google Docs.

Google docs merupakan layanan aplikasi over internet dengan basis cloud ( teknologi awan ) yang sudah menyematkan salah satu fitur canggih yaitu mengetik tanpa menyentuh papan keyboard. Dengan mengucapkan kata perkata maka dilayar anda akan otomatis menuliskan kata persis seperti apa yang anda ucapkan. Di Indonesia sendiri google docs sudah dapat menggunakan fitur voice ini. 
 

Dengan dukungan 40 bahasa yang disupport google docs, Indonesia juga ada di salah satunya. Jadi anda yang ingin mengetik tanpa repot-repot menyentuh tombol fisik keyboard maka gunakan fitur voice typing ini di google docs. untuk memulainya, pengguna cukup dengan menyentuh sekali klik tombol icon microphone di browser chrome, kemudian anda mulailah berbicara dengan kecepatan dan volume yang normal. Semakin hening atau sunyi keadaan maka semakin sensitif dan semakin tepat apa yang dituliskan oleh sistem ketika anda bicara.

Ada sisi kelemahan dari fitur voice tying ini yang lumrah dirasakan para pengguna, yaitu gagalnya menerjemahkan suara ke tulisan dengan benar ketika suasana gaduh atau ramai. Namun tentu saja ini adalah permulaan dari aplikasi canggih yang nantinya terus ditingkatkan oleh google sebagai developernya. Mau mencobanya sekarang ?, silahkan dicoba...
Previous
Next Post »

2 comments

  1. Teknologi sekarang semakin canggih, menulis sesuatu tanpa harus menyentuh keyboard... solusi bagus buat orang yang ngetik lambat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas semakin canggih dan bikin malas juga sebenarnya kalu mengetik tanpa gerakan tangan di keyboard..hehe

      Delete

Partner Site