Berapa VOLT Belut Listrik hasilkan stroom ?

Sudah pernahkah melihat bentuk dari Belut Listrik ? Hewan air dengan nama latin Electrophorus Electricus ini merupakan hewan yang memiliki senjata sangat mematikan dengan sengatan gelombang kejutnya. Lalu berapakah besar voltase yang dikeluarkan ketika belut ini mengeluarkan gelombang kejut listrik dari tubuhnya ? simak ulasan Berapa Volt Belut Listrik hasilkan Stroom ? di bawah ini.

Dalam sebuah aporan jurnal science, Penelitian terhadap belut listrik ini menunjukkan bahwa hewan jenis predator ini menggunakan energi listrik untuk memaksa dan menemukan mangsa untuk keluar dari tempat persembunyian mereka. Gelombang listrik akan mengalir dalam air dan bergetar sehingga memaksa mangsa untuk keluar. Ketika keluar dari persembunyiannya itulah sengatan aliran listrik mengaliri tubuh mangsa sehingga menyebabkan otot-otot korban lumpuh seketika tanpa bisa melarikan diri.

belut listrik

Bila Listrik perumahan sekarang ini kira-kira menghasilkan 220 volt namun bagi belut listrik energi yang dihasilkan 3 kali lebih besar dari itu. Sekali mengeluarkan gelombang kejut, Belut listrik mampu mengeluarkan tegangan sebesar 660 volt. Bukan hanya manusia yang bisa langsung tewas dengan kejutan listrik tersebut, Kuda dewasa juga ddengan mudah dilumpuhkan dengan sengatan mematikan itu.

Bila anda membayangkan alat kejut genggam yang digunakan oleh pihak-pihak keamanan itulah fungsi kerjanya sama persis seperti yang anda lihat. Ahli biologi universitas Vanderbilt, Kenneth catania berkata "tampaknya Belut listrik telah menemukan senjata kejut jauh hari sebelum manusia berhasil menciptakan dan membuatnya seperti sekarang ini".

Belut listrik sendiri adalah jenis ikan mirip bentuk ular berkepala pipih yang hidup di wilayah sungai amazon dan Orinoco, Amerika Selatan. Panjang belut ini bisa mencapai 2,5 meter atau lebih. Di dalam tubuhnya belut ini memiliki semacam organ pembangkit listrik atau electrocyte yahg berfungsi layaknya baterai biologis. Fungsi utama dari senjata ini sebenarnya secara naluriah hewan adalah sebagai senjata pertahanan namun juga di sisi lain juga digunakan sebagai senjata berburu paling ampuh. 

Ketika berburu mangsa, belut mengeluarkan tegangan kejut sepersekian milidetik dengan jeda waktu tertentu. Untuk kejutan pertama gelombang akan mendeteksi keberadaan dan pergerakan mangsa, dan setelah mangsa terdeteksi maka dilepaskanlah tegangan kejut selanjutnya dengan durasi lama dan tegangan extra tinggi pula sehingga mangsa lumpuh.

Satu lagi, tegangan yang dihasilkan oleh belut listrik ini ternyata dimanfaatkan oleh belut untuk alat navigasi. Dengan tegangan rendah yang dihasilkan secara berkala belut ini menentukan arah, gerakan air dan pergerakan musuh dengan detail. Sungguh Makhluk ciptaan Tuhan yang menakjubkan.
Previous
Next Post »

1 comment

  1. wah baru tahu memang dulu pernah dengar dengar tentang belut punya energi listrik, saya pikir hanya mitos mas, ternyata fakta ya mas ?

    ReplyDelete

Partner Site