Investasi Jangka Panjang Terbaik Yang Wajib Anda Coba

Investasi merupakan penanaman modal yang dilakukan dalam jangka panjang, demi mendapatkan laba di masa depan. Berdasarkan pengertian tersebut investasi dikategorikan menjadi dua jenis yaitu jangka panjang dan jangka pendek.

Namun, pada artikel kali ini kami akan fokus membahas lebih dalam mengenai investasi jangka panjang yang terbaik untuk dijalankan. Investasi jangka panjang sendiri adalah jenis investasi yang bertujuan menanam kekayaan perusahaan pada perusahaan lain demi memperoleh pendapatan tetap serta mengendalikan dan menguasai perusahaan tersebut.
Beberapa Contoh Investasi Jangka Panjang Terbaik

1. Investasi Tanah

Investasi jangka panjang dalam bentuk tanah merupakan salah pilihan terbaik yang dapat Anda gunakan. Hampir sama dengan investasi emas, investasi tanah juga terbukti anti inflasi. Tak heran jika investasi tanah sudah banyak digunakan oleh orang-orang Indonesia pada zaman dahulu. 

investasi jangka panjang


Tak hanya itu, akan lebih menguntungkan lagi jika tanah yang Anda miliki berada di lokasi strategis. Karena kenaikan harganya bisa melonjak sangat tinggi dan berlipat ganda.

Investasi tanah juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Anda hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin untuk menghindari penggunaan lahan tanah tanpa izin oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.
2. Investasi Emas

Alternatif berikutnya yang dapat Anda pilih untuk investasi jangka panjang adalah menggunakan emas. Emas merupakan aset nyata dan barang mulia, layaknya uang. Baik emas murni maupun campuran, nilai jualnya tidak akan turun seiring bertambahnya umur emas tersebut.




Berdasarkan hal tersebut, lebih baik Anda menggunakan emas batang sebagai salah pilihan investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan. Selain itu, investasi emas juga memiliki kelebihan dalam hal pengendalian. Anda tidak perlu bergantung pada Bank, pasar, maupun pemerintah.

Jadi, dengan memilih investasi emas, sama halnya Anda menggantikan uang dalam bentuk emas. Tidak hanya dalam nominal yang tetap, uang yang sudah Anda investasikan dalam bentuk emas tersebut akan mengalami kenaikan harga seiring berjalannya waktu. 

Namun, kekurangan dari investasi emas juga bergantung pada diri Anda sendiri. Terkadang investasi emas menjadi sangat sulit dijalani jika Anda tidak dapat mengendalikannya. Selain itu, jika tidak disimpan dengan baik, emas juga sangat rawan dicuri.

3. Investasi Obligasi

Pilihan investasi jangka panjang terbaik selanjutnya yaitu obligasi. Obligasi merupakan pemberian layanan surat hutang jangka panjang pada pemerintah atau perusahaan dengan nominal dan jatuh tempo tertentu.

Berbeda dengan saham, Anda hanya meminjamkan uang pada pemerintah atau perusahaan dan mereka wajib mengembalikan nominal peminjaman tersebut plus bunga, sesuai jangka waktu yang telah disepakati.

Untuk memulai investasi obligasi, Anda memang harus menyiapkan dana yang cukup besar. Nilai obligasi yang ditawarkan biasanya sekitar 5 Milyar rupiah. Sedangkan masa berlaku dari obligasi tersebut tergantung dari lembaga yang menerbitkan, yaitu sekitar 5 hingga 10 tahun.

4. Investasi Saham 

Investasi saham adalah suatu penanaman modal dengan cara penimpaan dan pembelian saham oleh investor perorangan atau perusahaan terhadap pasar modal, dengan tujuan untuk memperoleh kenaikan nilai saham dan deviden jika terdapat penjualan saham dan dapat berujung pada profit yang didapatkan. 

Saham juga dapat dikatakan sebagai bagian dari kepemilikian suatu badan usaha. Misalnya Anda memiliki atau membeli sebagian saham dari perusahaan, artinya Anda juga ikut serta memiliki perusahaan tersebut serta memiliki klaim dalam hal kekayaan maupun penghasilan perusahaan.

Sebagai penanam saham, Anda juga memiliki peranan dalam memberhentikan serta memilih Direksi, menentukan kebijakan perusahaan, dan menerima keuntungan yang diberikan pada pemegang saham atau disebut deviden.

5. Investasi Reksadana 

Reksadana adalah wadah pengelolaan modal bagi sekelompok investor yang akan berinvestasi pada instrumen-instrumen investasi pasar dengan cara melakukan pembelian unit penyertaan reksadana.

Beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum menggunakan investasi reksadana adalah selektif dalam memilih jenis-jenis yang tersedia. Adapun investasi reksadana yang paling banyak dikenal adalah saham, dana pendapatan tetap, pasar uang, campuran, dan dana terproteksi.

Setelah mengetahui jenis investasi reksadana yang paling sesuai, lanjutkan dengan menentukan jangka waktunya. Untuk jangka waktu di bawah 1 tahun, sebaiknya gunakan reksadana pasar uang. Jangka 1-3 tahun adalah reksadana pendapatan tetap. Dan jangka 3-5 tahun adalah reksadana campuran.

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa reksadana dan juga menager investasi tersebut telah mempunyai izin. Jika meragukan, maka Anda berhak melakukan penolakan.

Demikian informasi mengenai investasi jangka panjang terbaik yang dapat kami bagikan. Semoga menjadi sumber referensi terbaru yang bermanfaat bagi Anda.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site