Apa Kelebihan dan kekurangan baterai Non Removable Smartphone ?

Detikinfo- apa Kelebihan dan kekurangan baterai Non Removable di Smartphone ?. Baterai dalam smartphone menjadi perangkat yang tidak bisa disepelakan keberadaaannya. saat ini banyak sekali beredar tipe ponsel pintar yang menggunakan baterai Non Removable dimana pengguna smartphone tidak bisa secara leluasa membongkar pasang baterai secepat melepas baterai removable yang banyak diadopsi pasar gadget pada umumnya.

Sebelum membahas tentang mengapa ada baterai non removable yang konon lebih bagus kinerjanya dan bagaimana pula bentuk baterai mempengaruhi desain dari smartphone itu sendiri, Pembaca akan saya ajak untuk mengenal apa itu baterai non removable.

Apa Kelebihan dan kekurangan baterai Non Removable Smartphone ?

Baterai yang tidak difungsikan untuk dilepas dan dipasang dengan leluasa oleh pengguna smartphone inilah yang dinamakan Non Removable. Dimana baterai ini dipasang secara semi permanen dengan konektor dan bentuk yang lain dari baterai removable yang banyak beredar di pasaran.

Baterai Non removable umumnya dipasang pada perangkat ponsel pintar dengan dilekatkan atau dengan bantuan pengikat berupa skrup yang tertanam di body ponsel. begitu juga dengan konektor yang biasa terlihat menempel berupa plat tembaga pada removable batery, di tipe baterai NRB conector berupa kabel fleksible yang tertancap di mainboard smartphone.

Lalu apa beda kedua baterai tersebut ?

Karena baterai NRB adalah generasi terbaru yang sekarang lagi booming di pasaran smartphone maka bentuknya memang lebih tipis daripada beterai Removable.

Dengan bentuk baterai yang tipis maka NRB bisa memangkas bentuk ponsel yang tebal agar bisa diproduksi menjadi lebih tipis (slim body). Berbeda dengan bentuk ponsel yang memakai removable, umumnya lebih tebal dan terlihat bongsor.



Baterai NRB juga lebih ringan dibanding dengan tipe removable karena selain untuk mereduksi dimensi ketebalan juga cassing cell tidak perlu dibuat sekokoh mungkin layaknya baterai yang bisa dibongkar pasang secara manual oleh penggunanya. Karena jarang tersentuh oleh user gadget maka NRB bisa dibuat hanya dengan dibalut plastik khusus yang tipis dan bila ditekuk akan mudah patah.

Dari jenisnya, kedua baterai ini juga banyak mengadopsi jenis baterai Lithium ion dan juga Lithium Polymer. Jadi bila ada yang bertanya bagaimana keawetan dan kinerja kedua baterai ini maka bisa dijawab keduanya sama-sama optimal dengan spesifikasi dan merek yang sama bila dibandingkan.

Lalu bagaimana ciri-ciri umum yang bisa dilihat apabila perangkat smartphone menggunakan jenis baterai NRB atau removable secara kasat mata ?, jawabannya mudah, lihat saja bentuknya, Bila ponsel tampil slim atau tipis maka bisa dipastikan ponsel tersebut memakai baterai NRB. Begitu juga dari segi berat gadget, Ponsel dengan baterai NRB cenderung lebih Ringan karena desain NRB dibuat seringan mungkin daripada baterai Removable.

Begitu juga smartphone yang mempunyai ciri-ciri selain tipis dan ringan juga sulitnya cassing belakang untuk dibongkar (dilepas) karena opsi untuk melepas baterai ditiadakan oleh pabrikannya. Slot simcard dan Memori eksternal yang berada di luar juga bisa bisa dijadikan patokan bahwasanya pengguna tidak perlu membuka cassing belakang untukbisa melihat atau melepas baterai yang ada di ponsel tersebut.

Lalu apa saja kekurangan dan kelebihan baterai Non Removable ?

Kelebihannya adalah ponsel lebih ringan dan lebih ramping. Pengguna juga tidak perlu repot untuk melepas dan memasang baterai karena memang fungsi ini sudah dioptimalkan sedemikian rupa oleh produsennya.

Untuk kekurangan baterai Non removable sendiri adalah tidak leluasanya user melepas baterai ketika terjadi hang (malfunction) dan juga bila ponsel tercebur ke dalam air. Ketika gadget kemasukan air tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas baterai agar tidak terjadi konsleting di kaki-kaki komponennya. Hal inilah yang tidak bisa dilakukan bagi pengguna gadget dengan baterai Non removable, ketika terkena air maka harus dengan sedikit usaha yang memakan waktu untuk membongkar dan melepas baterai.

Nah, jadi tahu kan apa itu baterai NRB beserta kelebihan dan keuntungannyaa ?, semoga ulasan detikinfo kali ini bermanfaat buat pembaca semua.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Partner Site