23/11/2016

Efek Mencampur Bahan Bakar kendaraan dengan Oktan yang berbeda

efek mencampur bahan bakar

Banyak sekali para pengguna Mobil maupun sepeda motor yang selalu bergonta ganti jenis Bahan bakar. Hari ini menggunakan pertalite, besoknya pertamax dan beberapa saat lagi berganti lagi dengan pertalite atau dengan tipe yang lainnya. Berarti dalam prakteknya, melakukan pengisian bahan bakar dengan tingkat RON lainnya akan mempengaruhi seluruh nilai Oktan yang ada setelah dilakukan pengisian.

Seperti diketahui, di pusat pengisian bahan bakar (SPBU) milik pertamina menyuguhkan bahan bakar dengan RON 88, 90, 92, 98 maupun 100. Banyaknya pilihan yang ada tentunya suatu saat ada niat untuk mengganti jenis bahan bakar dengan nilai oktan yang lebih tinggi maupun oktan rendah.

Melakukan pengisian bahan bakar yang berbeda oktan sebenarnya sah-sah saja, Namun terkadang pengguna mobil atau kendaraan sepeda motor seringkali tidak mengetahui bahwa mencampur bahan bakar dengan RON yang berbeda bisa menyebabkan nilai RON berubah total dari yang sebelum dan sesudahnya.

Bisa dicontohkan, umpama anda menuju ke SPBU dengan keadaan di tanki ada 5 liter pertalite, lalu anda ingin memasukkan 10 liter Pertamax maka perhitungannya adalah (5x90)+(10x92):15=91,3 yang berarti nilai Oktan (RON) bahan bakar yang anda beli bukan lagi berkualitas Pertamax, walaupun lebih tinggi dari Nilai oktan Pertalite (90).




Nah, Bila anda ingin mengganti bahan bakar di kendaraan, sebaiknya kosongkan dahulu atau sisihkan sedikit untuk melaju ke SPBU dan lakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan yang anda inginkan.
Namun ada baiknya bila ingin mengubah campuran bahan bakar di tangki dengan oktan yang lebih tinggi dari sebelumnya, bisa melakukan pencampuran dengan perbandingan nilai RON rendah lebih sedikit dari RON tinggi, sehingga yang anda dapat adalah nilai RON tinggi walau masih dibawah yang anda beli.

Satu lagi, bagi beberapa tipe kendaraan atau Mobil yang hanya mengkonsumsi nilai oktan yang tinggi seperti Pertamax dan bermasalah terhadap ruang pembakaran ketika diganti dengan oktan rendah maka mencampur Bahan bakar dengan RON yang berbeda tidak diperkenankan.


Emoticon Emoticon