18/12/2016

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter dan Cara yang Benar Mengatasinya

starter mobil

Dewasa ini pengguna mobil di Indonesia semakin meningkat. Bagi beberapa orang mobil sudah menjadi kebutuhan, dan bisa di bilang sudah setara dengan kebutuhan primer, layaknya sandang, papan, dan pendidikan. Sebab, mobil telah menjadi bagian penting yang tak bisa di pisahkan dari kehidupannya.

Melihat pentingnya peran mobil dalam menunjang kehidupan sehari – hari tersebut, tentu akan sangat mengganggu jika tiba – tiba mobil tidak bisa distarter atau tidak bisa di operasikan. Berbagai hal penting yang seharusnya anda lakukan bisa berantakan karena hal buruk ini. Lantas, bagaimana solusinya atau cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter tersebut? Dan apa yang menjadi penyebabnya?

Penyebab mobil tidak bisa distarter dan cara mengatasinya


A. Penyebab mobil tidak bisa distarter


1. Alternator

Alternator adalah alat yang berfungsi sebagai charger aki dan pengatur sistem kelistrikan pada mobil. Jika alternator mengalami gangguan atau lemah, akibatnya aki akan bekerja lebih keras untuk menyuplai listrik ke seluruh komponen mobil. Hal ini lah yang menyebabkan starter tiba – tiba tidak bisa berfungsi.

2. Tali kipas / V-belt

Penyebab lain yang membuat starter tidak berfungsi adalah V-belt yang sudah aus. Jika tali penghubung ini telah aus, perputaran dinamo menjadi terhambat dan listrik dari alternator tidak tersuplai maksimal.

3. Regulator

Regulator adalah alat yang berfungsi untuk mengontrol dan membatasi suplai aliran listrik pada mesin. Jika regulator mengalami kerusakan, akibatnya tegangan yang masuk ke dalam aki bisa melampaui batas normal (15 V) dan terjadilah overcharging.

Jika sudah overcharging, aki akan mendidih dan menguap dengan cepat sehingga menyebabkan aki tersebut kering. Hal ini lah yang membuat mobil tiba – tiba tidak bisa distarter.

4. Sekring rusak atau putus

Sekring yang rusak atau putus juga bisa menjadi faktor utama tidak berfungsinya starter mobil.




5. Mobil sudah lama tidak digunakan

Mobil yang sudah lama tidak digunakan biasanya akan mengalami masalah pada starternya. Hal ini dikarenakan mobil sudah lama tidak melakukan charging sehingga suplai aliran listrik tidak maksimal.

B. Cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter


1. Mengganti soket

Jika soket mobil anda sudah kotor dan tidak berfungsi maksimal, anda bisa mengganti soket tersebut dengan yang baru agar aliran listrik lebih lancar dan maksimal.

2. Ganti aki

Aki adalah sumber listrik utama pada mobil. Oleh karena itu, ketika starter tidak berfungsi, umumnya masalah ada pada aki ini. Untuk itu, segera lah ganti aki mobil anda dengan yang baru agar supali listrik kembali normal dan starter kembali berfungsi.

3. Ganti rumah kunci starter

Jika rumah kunci starter anda sudah terlihat aus, itu tandanya anda harus mengganti rumah starter dengan yang baru agar dapat bekerja maksimal.

4. Pindah ke aki kering

Jika anda masih menggunakan aki basah, sebaiknya segera pindah ke aki kering karena aki jenis ini lebih mudah dirawat dan resiko mengalami gangguan lebih kecil dari pada aki basah.

5. Servis dynamo amper

Jika gambar aki pada dashboard telah menyala, segeralah servis dynamo amper mobil anda agar starter dan komponen elektro lain tetap dapat berfungsi normal.

6. Matikan lampu mobil ketika tidak digunakan

Jika mobil anda sedang tidak digunakan, sebaiknya matikan lampunya untuk menghemat aki. Selain itu jika lampu terus menerus dihidupkan (saat tidak digunakan), aki bisa overheat yang mengakibatkan mobil tidak bisa distarter.

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara mengatasi mobil yang tidak bisa distarter, semoga tips yang kami bagikan di atas bisa bermanfaat.


Emoticon Emoticon