30/01/2017

Mengetahui Efek Samping Kunyit Putih dibalik khasiatnya



Tidak dipungkiri lagi bahwa kuyit Putih termasuk tanaman Herbal dengan begitu banyak manfaatnya sudah sangat terkenal untuk pengobatan berbagai penyakit. Begitu pula dengan efek sampingnya, tentu mengkonsumsi Kunyit putih juga harus memperhatikan kontra indikasinya. Disini Admin DetikInfo akan memberikan info tentang Khasiat serta efek samping dari Kunyit Putih.

kunyit putih

Kaemferia Rotundus yang merupakan nama latin dari Kunyit Putih Bisa menjadi alternatif pengobatan Herbal dengan berbagai manfaatnya yang luar biasa. Dilihat dari sisi Kuliner, Tanaman Rempah-rempah satu ini biasa dimanfaatkan sebagai Penyedap masakan maupun untuk pewarna makanan.

Dari sudut pandang Farmakologi Cina, Tanaman yang juga disebut sebagai temu rapet ini dinyatakan sebagai anti Inflamasi (anti peradangan), Anti Neoplastik, menghentikan peradangan, menambah nafsu makan serta menghambat tumbuhnya sel kanker. Penelitian Ilmu kedokteran juga tidak menampik bahwa Kunyit putih mengandung zat dan senyawa hebat yang terkenal bisa membunuh dan menjinakkan sel-sel kanker berbahaya.

Disamping terkenal sebagai pembunuh sel kanker, Kunyit putih juga dapat mencegah berbagai penyakit seperti Kanker payudara, Penyakit Maagh, Menurunkan Gula darah, Menyembuhkan Luka bakar dan lain sebagainya.

Namun bagaimanapun juga pengobatan dengan metode apapun juga harus memperhatikan segi kontra indikasinya. Meskipun sebagaian besar obat herbal secara garis besar dinyatakan tanpa efek samping, namun pada prakteknya juga harus mematuhi takaran dan saran penyajian. Hal tersebut dikarenakan setiap tubuh manusia tidaklah sama reaksi satu dengan yang lainnya dalam menerima asupan bahan herbal.




Efek Samping Kunyit Putih


Nah, apa saja Efek samping Kunyit Putih terhadap pengkonsumsinya ?, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Perlu diwaspadai bagi yang menderita kekurangan gula darah, karena zat yang terkandung di dalam tanaman toga ini bisa mengakibatkan kekurangan gula darah atau yang biasa disebut dengan Hypoglycemia.

Terkadang penderita penyakit tertentu akan serta merta mengkonsumsi kunyit ini tanpa tahu apakah ada masalah dalam kadar gula darahnya atau tidak. Tentu di satu sisi ingin mengobati penyakit dan disisi lain tidak tahu bahwa ada pantangan untuk mengkonsumsinya.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi kunyit putih secara terus menerus menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah serta dapat memicu penyakit anemia.

3. Dari hasil penelitian, Kunyit putih bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan. Namun efeknya bagi yang mempunyai kulit sensitif akan menyebabkan Iritasi kulit.

4. Ketika anda menggunakan pengobatan kimia atau medis, tentu saja harus dengan rekomendasi dari dokter apakah boleh diminum bersamaan dengan kunyit ataukah tidak, karena kunyit juga dapat menurunkan keefektifan reaksi pengobatan kimia pada penggunanya.

5. Disarankan bagi ibu hamil tidak mengkonsumsi ramuan kunyit berlebihan apalagi yang masih mentah, hal tersebut dikarenakan ada zat dalam kunyit putih yang bisa membahayakan janin sehingga bisa menyebabkan gangguan usus besar dan keguguran.

Semoga ulasan kesehatan diatas bermanfaat buat pembaca DetikInfo semua. Jangan lupa share artikel ini bila ada manfaatnya, terima kasih.


Emoticon Emoticon