25/03/2017

Apa Beda Vlog dengan Youtuber ?

Apa Beda Vlog dengan Youtuber - Saat ini sepertinya banyak yang tidak asing dengan kata Vlog, Video Blog, Vlogger, Video Logger atau apalah orang menyebutnya, yang pasti kata jamak tersebut yang sudah dikenal saat ini tidak jauh dari yang namanya Youtuber, Mulai dari artis, tokoh masyarakat, Anak-anak, ibu rumah tangga sampai orang Tua-pun tidak luput dari demam Vlog di media social. Apa beda youtuber dengan Vlog ?, apa Vlog juga bisa mendapatkan penghasilan berupa Uang seperti layaknya Youtuber ?, Berbagai pertanyaan bagi yang masih awam tentang apa itu Vlog akan admin jabarkan secara sederhana di ulasan berikut, yuk simak biar tidak penasaran.

apa itu vlog ?

Video Blogger atau Vlog sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru di ranah multimedia online Youtube maupun media social, dimana kata Vlog sendiri admin beranggapan hanya berupa trending topic dari sebuah trend kata-kata, padahal dari sisi kinerja dan hasil tentu sama yaitu berupa Video hasil karya pribadi yang diunggah di media populer seperti Youtube.
Youtube sebagai media upload dan menonton video secara Online memang menyediakan berbagai konten yang bisa dikatakan Original dari setiap channel pengunggahnya walau dalam kenyataannya banyak sekali hasil re-editing terhadap hasil karya orang lain untuk kemudian diunggah kembali dengan berbagai alasan seperti tidak punya ide kreatif, untuk memperoleh hasil instan (menjiplak), untuk mempercepat perolehan penghasilan dari monetise video yang diunggah atau mungkin karena iseng saja.

Mungkin anda para pembaca ada yang belum tahu mengapa orang kok susah payah membuat video bahkan sampai mengeluarkan dana banyak yang hasilnya nanti diunggah ke youtube ?, Perlu diketahui bahwa mengunggah video hasil karya sendiri dan original di Youtube bisa menghasilkan uang lho, bahkan sudah banyak youtubers yang berpenghasilan puluhan sampai ratusan juta Rupiah perbulan hanya dengan mengupload video-video hasil karyanya ke youtube.





Beda antara Vlog dan Youtuber

Kembali ke topik diatas, sebenarnya apa yang membedakan antara Youtuber dengan Vlogger ?, padahal sudah admin garis bawahi diatas bahwa secara garis besar tidak ada yang membedakan antara keduanya, Tapi memang ada garis pemisah dilihat dari perilaku, trending dan hasil output yang dihasilkan oleh kedua 'kata' tersebut, yuk simak perbedaannya di bawah ini.

1. Media Perekam

Untuk penggemar Vlog rata-rata menggunakan media recording video hanya berbekal alat seadanya yaitu sebatas Smartphone tanpa ada perangkat pendukung lain seperti penerangan tambahan, alat perekam HD dan lain sebagainya.

Untuk orang yang sudah menekuni keahlian sebagai Youtuber tentunya akan berfikir ulang kalau hanya menggunakan perangkat smartphone semata tanpa alat pendukung tambahan untuk memperoleh hasil gambar video yang baik layaknya membuat suatu film profesional.

Tapi perlu juga digaris bawahi, tidak semua Vlogger dan juga youtuber yang berpatokan dengan media perekaman dan perangkat pendukungnya, itu hanya perkecualian saja.

2. Alat Editing

Disinilah sebenarnya inti dari perbedaan mencolok antara Vlogger dengan Youtuber, yaitu pada media editing dan software manipulasi video yang digunakan. Dimana sudah maklum kalau youtuber memang sudah sangat familiar dengan yang namanya video editing sebelum hasil rekaman diunggah ke Youtube, Beberapa alat editing yang sudah sangat familiar digunakan youtuber antara lain Adobe Premiere, Sony Vegas Pro, Ulead Studio, Pinacle dan lain sebagainya.

Bagi Vlogger kebanyakan hanya mengandalakan hasil murni dari rekaman yang dibuat di perangkat smartphone miliknya tanpa disentuh dengan software editing, meski dari beberpaa penggemar Vlog juga tidak sedikit yang memanfaatkan aplikasi editing untuk sekeddar memanipulasi video supaya 'layak' untuk dilihat penonton di media social atau Youtube.

3. Media Upload

Vlogger sering menggunakan media online sosial media seperti Facebook, Instagram, Google Plus dan lain sebagainya untuk mengunggah video kreasinya selain di youtube.

Namun lain halnya dnegan para Youtuber, lha namanya saja sudah Youtuber, media tempat mengunggah video kreasinya yang paling utama adalah di Youtube karena memang untuk tujuan monetise yang ujung-ujungnya memperoleh penghasilan.

4. Nama Channel atau pengguna

Bila anda sering melihat video di youtube pasti sering melihat nama unik dari si empunya video, nama itulah yang disebut sebagai Channel atau saluran, disana pula para youtuber secara unik membuat nama channel semenarik mungkin untuk menciptakan image penonton bahwa si pembuat video memang benar-benar berpengalaman dan memang layak untuk ditonton.

Bagi Vlogger sendiri kebanyakan menggunakan nama asli atau Nickname yang masih mengandung nama seseorang seperti nama artis atau nama pribadi.

5. Tujuan Awal





Ini dia yang menjaddikan Vlog dengan youtuber berbeda, bisa dilihat dari tujuan awal melakukan pekerjaan tersebut, dimana Youtuber kebanyakan mempunyai obsesi utama memperoleh penghasilan dari hasil memonetise video hasil karyanya, dimana anda bisa melihat sewaktu menonton salah satu channel di youtube ada sebuah iklan diantara video yang sedang ditayangkan, dari iklan itulah para youtuber bisa memperoleh pendapatan berupa uang.

Bagi Vlogger umumnya tujuan pertamannya adalah diluar perolehan pendapatan, bisa berupa ingin eksis di media social, ingin populer seperti layaknya artis, ingin semakin dikenal karena keahliannya, ingin menunjukkan skill tertentu agar bermanfaat untuk orang lain dan berbagai tujuan pribadi lainnya.

Dari semua penjabaran singkat diatas sekali lagi bukanlah patokan untuk dijadikan pertimbangan apakah ingin menjadi Vlogger atau Youtuber. Mungkin ada pera pembaca yang sudah terlalu sering dipanggil sebagai Vlogger tapi secara garis besar sering melakukan uploadd di Youtube dengan melakukan monetise video untuk mendapat penghasilan dari iklan yang ditayangkan, atau bahkan ada youtuber yang tidak berfikiran sama sekali untuk mendapatkan uang dari video yang diunggah ke youtube karena hanya sekedar hobi merekam tentu juga tidak mau dikatakan sebagai Vlogger karena sudah lama berkecimpung di youtube sebelum ada kata-kata Vlogger yang lagi trending saat ini. Nah, pertanyaannya apakah anda ingin jadi Youtuber atau Vlogger ?

4 komentar

jadi dari hasil videonya, bisa dikatakan youtuber itu "lebih serius" ngegarap videonya ketimbaang vlogger.. :D

nah itu dia mas indra, biasanya youtuber lebih serius ketimbang vlogger dalam editing dan hasil akhirnya...hehe

kalo gitu coba jadi blog aja ah biar eksis. hehehe
saya kira sama - sama aja mas

saya juga jadi blogger saja daripada vlogger...saya gk bisa rekaman sih bang...hehhe


Emoticon Emoticon