23/05/2017

Cara Memperbaiki Kartu Memori MicroSD Tidak terbaca

Cara Memperbaiki Memori Card MicroSD Tidak terdeteksi, Walau saat ini banyak smartphone yang sudah dibekali dengan kapasitas memori yang besar tidak serta merta membuat penggunanya lepas dari bentuk memori eksternal seperti Card Memory MicroSD. Di banyak kasus juga, banyak pengguna ponsel yang mengeluhkan tidak terbacanya memori ketika ditancapkan ke smartphone walau bolak-balik mencoba melepas pasang perangkat penyimpanan mini tersebut.

memperbaiki memoricard tidak terdeteksi di ponsel

Sebenarnya banyak permasalahan error di memori Ponsel tidak sekaligus menyimpulkan kalau MicroSD tersebut rusak, ada banyak faktor yang menyebabkan tidak terbacanya data di dalam alat penyimpanan seperti gagalnya sistem, lempengan di kaki-kaki memori kotor, partisi memori yang corrupt dan lain sebagainya.

Tidak seperti perangkat flashdisk yang juga menggunakan chipset sebagai alat penyimpanan, di memori sekelas MicroSD sangat rawan terjadi kerusakan. Selain bentuknya yang pipih dan rawan tertekuk juga ada chipset penyimpanan yang berukuran kecil rawan lonjakan tegangan. Oleh sebab itu mengapa flashdisk lebih awet dari memori Card karena flashdisk sendiri mempunyai cangkang yang keras dan komponen untuk mengatasi lonjakan arus lebih baik dari tipe kartu memori.

Cara mengatasi Memori Card tidak terdeteksi

Ada beberapa cara mendeteksi sekaligus mengatasi masalah tidak terbaca atau tidak terdeteksi di perangkat smartphone. Di bawah ini ada tips khusus yang umum dilakukan untuk mengetahui apakah memori card benar-benar rusak atau memang ada error yang bisa diperbaiki, yuk disimak.

1. Membersihkan Memori Card



a. Lepas Kartu memori dari ponsel

b. Kemudian pada lempengan kaki-kaki memori silahkan gosok dengan penghapus pensil, kalau tidak punya bisa juga dengan menggosoknya memakai kertas koran

c. bersihkan kaki-kaki memori sampai yakin benar bersih dan kembali mengkilap tidak hitam

d. Coba pasang ulang di perangkat smartphone apakah sudah terdeteksi atau belum

2. Melakukan cek error dari PC/Komputer

Setelah melakukan cara diatas tidak berhasil, silahkan lakukan pengecekan kondisi sistem di dalam memori dengan menggunakan perangkat komputer seperti di bawah ini.

a. Siapkan card reader sebagai alat converter sekaligus pembaca memori card di PC

b. tancapkan ke PC dan tunggu sampai sistem komputer mendeteksi adanya perangkat baru

c. Kemudian bila sudah terdeteksi silahkan lakukan klik kanan pada drive memori, lalu pilih 'Properties' dan masuk ke tab 'tool'

CARA MEREPAIR DAN MENGECEK KARTU MEMORI DI KOMPUTER

d. Di tab 'tool' takan tombol 'check', akan terbuka opsi untuk melakukan 'scan and repair drive' silahkan di klik dan tunggu sampai scan dan perbaikan dilakukan oleh sistem PC.

e. Bila ada error maka sistem windows di PC akan melakukan perbaikan dan memori card akan bisa digunakan kembali

Namun dikala menancapkan memori ke PC tidak terdeteksi sebagai perangkat baru maka dipastikan bahwa kartu microSD sudah rusak dan perlu diganti.

Setelah melakukan cek kartu memori dari komputer lebih baik lakukan format ulang agar susunan sector di memori card tertata rapi kembali dan bisa dikenali oleh sistem dengan normal.

Tips memformat kartu memori di Komputer

Melakukan format memori ponsel di komputer bisa anda lakukan dengan mudah dan bisa memilih tipe file sistem partisi apa yang ingin dipilih dan cocok untuk smartphone, silahkan simak caranya di bawah ini.




a. Masukkan kartu memori di PC via card reader dan tunggu sampai terdeteksi dan bila ada data di dalamnya silahkan pindah atau copy dahulu ke drive lainnya.

cara melakukan format kartu memori microSD di PC

b. kemudian klik kanan pada drive memori dan pilih opsi 'format'

c. Kemudian di opsi pilihan file system pilih 'FAT' atau bisa menggunakan 'FAT32', jangan memilih opsi lainnya seperti NTFS ATAU exFAT karena bisa tidak terdeteksi oleh ponsel.

d. centang saja pada pilihan 'quick format' dan tekan tombol 'start', tunggu sampai proses format selesai.

Bagaimana, mudah sekali kan cara mengatasi kartu memori MicroSD ponsel tidak terdeteksi dan tidak terbaca di ponsel ?, semoga bermanfaat untuk pembaca detikinfo semua.


Emoticon Emoticon